Dakwah untuk Berubah

gaulislam edisi 766/tahun ke-15 (28 Dzulqa’dah 1443 H/ 27 Juni 2022) Prihatin sih dengan kondisi kita sebagai muslim akhir-akhir ini. Level pemahaman agama di antara kita berbeda-beda. Ada yang alim banget, itu ulama namanya, ada yang sedang-sedang saja seperti para ustaz dan muballigh, ada juga yang awam banget kayak kita-kita ini. Nah, ketika ada suatu ...

Ngejar Viral Konten Ngasal

gaulislam edisi 765/tahun ke-15 (21 Dzulqa’dah 1443 H/ 20 Juni 2022) Rasa penasaran manusia itu adalah ketika disuguhi sesuatu (kata-kata, video, ilustrasi) yang aneh atau unik, bombastis, misterius, lebay. Intinya memancing rasa ingin tahu. Jika secara fakta memang demikian, orang masih menganggap wajar. Namun, ketika kemasan tak sesuai isi, ini yang bikin jengkel. Kategorinya udah ...

Nyali Nyari Mati

gaulislam edisi 764/tahun ke-15 (14 Dzulqa’dah 1443 H/ 13 Juni 2022) “Intinya mereka saingan bikin konten, jadi misalnya temannya bikin dia lebih ini jadi ada namanya Tiktok itu tagnya “Malaikat Maut”. Jadi kayak seolah-olah dia mau ditabrak kemudian lompat,” ujar Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Argo Wiyono, setahun lalu (11/7/2021) saat mengomentari kasus tewasnya remaja ...

Sengsara Dicekik Utang

gaulislam edisi 763/tahun ke-15 (7 Dzulqa’dah 1443 H/ 6 Juni 2022) Berutang bukan nggak boleh. Silakan saja. Tapi cobalah berpikir ulang sebelum berutang. Apakah hal itu mendesak sehingga nggak ada jalan lain kecuali berutang? Apakah jika harus berutang, ada kepastian untuk bisa membayarnya sesuai dengan perjanjian atau nggak? Jangan sampe deh berutang tapi cuma enak ...

“Anak Siapa?”

gaulislam edisi 762/tahun ke-15 (29 Syawal 1443 H/ 30 Mei 2022) Ini judulnya emang gini. Sengaja. Maklum, katanya sih lagi sering dibahas di media sosial. Ribut-ribut soal “hubungan sebelum pernikahan” lalu menghasilkan anak. Nah, status anaknya gimana? Kamu, perlu tahu juga lho bahasan soal ini. Lanjut! Sobat gaulislam, kejelasan keturunan ini menjadi perhatian Islam. Karena, ...

Adab dan Ilmu

gaulislam edisi 761/tahun ke-15 (22 Syawal 1443 H/ 23 Mei 2022) Sering banget ini diobrolin, bahkan dibahas sampe berbusa-busa. Why? Sebab, ini penting, tetapi sering pula terlupa. Idealnya memang adab mulia, ilmu tinggi. Namun, yang sering terjadi, ilmunya mumpuni tetapi adabnya minim, bahkan lost adab. Bahaya. Belum lama rame banget netizen mengomentari video yang beredar ...

Bebas, Lalu Bablas?

gaulislam edisi 760/tahun ke-15 (15 Syawal 1443 H/ 16 Mei 2022) Banyak orang kalo udah ngerasa bebas, jadi lupa diri. Melakukan kesalahan jadi biasa. Awalnya malu dan ragu, tetapi karena tak ada yang melarang jadi keterusan, merasa dibiarkan dan itu berarti boleh menurut hawa nafsunya. Awalnya ada yang dikasih kelonggaran malah jadi nyantai, bahkan melakukan ...

Maksiat Mengundang Laknat

gaulislam edisi 759/tahun ke-15 (8 Syawal 1443 H/ 9 Mei 2022) Umat Islam udah banyak yang jauh dari ajarannya sendiri. Ngaku muslim tapi tak islami kehidupannya. Menjauhkan diri dari al-Quran, nggak mau baca al-Quran (apalagi memahami dan mengamalkannya). Kok bisa? Sebabnya, karena udah diinstal virus sekular. Memisahkan antara agama dengan kehidupan. Agama cuma dibatasi seputar ...

Alhamdulillah, Lebaran

gaulislam edisi 758/tahun ke-15 (1 Syawal 1443 H/ 2 Mei 2022) Siapa sih yang nggak senang di hari lebaran? Idulfitri adalah hari raya kita, umat Islam. Bergembira sudah pasti, mestinya. Walau, tentu ada kesedihan juga harus berpisah dengan Ramadhan. Bulan mulia, penuh barokah dan limpahan pahala. Waktu memang terus berjalan dan tak kembali lagi. Kitalah ...

Terhalang dari Kebaikan

gaulislam edisi 757/tahun ke-15 (24 Ramadhan 1443 H/ 25 April 2022) Rugi banget sih kalo kita punya kesempatan yang malah kita sia-siakan karena nggak diambil atau nggak dimanfaatkan. Padahal, kesempatan itu belum tentu datang untuk kedua kalinya. Waktu luang ada, sehat pula. Namun, tak mengambil kesempatan di depan mata. Kita biarkan berlalu begitu saja. Nanti ...
%d bloggers like this: