Teroris Pesanan?

gaulislam edisi 706/tahun ke-14 (21 Ramadhan 1442 H/ 3 Mei 2021) Kamu jangan kaget dulu dengan judul ini, ya. Nggak apa-apa sih, sesekali kita bahas yang berat-berat. Oya, karena pekan ini udah masuk sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, tadinya mau bahas seputar i’tikaf. Tapi dipikir-pikir kok ada tema yang penting juga. Sempat kepikiran mau ...

Jangan Nodai Islam

gaulislam edisi 705/tahun ke-14 (14 Ramadhan 1442 H/ 26 April 2021) Duh, kezel banget, dah. Belum lama viral “sujud freestyle”. Aneh-aneh aja emang. Kenapa sih, nggak bikin tren yang baik-baik, gitu? Nggak pede bikin tren yang menjadikan agama kita jadi berwibawa? Ini malah ngawur bin ngerusak citra Islam. Gimana ceritanya bisa bikin tren merusak Islam ...

Shalat Cegah Maksiat

gaulislam edisi 704/tahun ke-14 (7 Ramadhan 1442 H/ 19 April 2021) Bro en Sis rahimakumullah, insya Allah pembahasan ini sebenarnya udah ngelotok alias tahu banget. Ya, saking seringnya disampaikan di berbagai forum pengajian. Namun, kenapa dibahas pula di buletin ini, ya? Sekadar mengingatkan aja. Sebab, secara fakta juga kita sebenarnya nggak bisa menutup mata bahwa ...

Ramadhan Kesekian

gaulislam edisi 703/tahun ke-14 (29 Sya’ban 1442 H/ 12 April 2021) Alhamdulillah, edisi yang terbit pekan ini adalah pas di akhir bulan Sya’ban 1442 H. Esok, udah 1 Ramadhan 1442 H. Semoga kita bisa menikmati keberkahan Ramadhan, dan memanfaatkannya dengan mengerjakan berbagai amal shalih selama sebulan penuh. Ini kesempatan yang nggak boleh dilewatkan, Bro en ...

Islam, Media Sosial, dan Kaum Muslimin

gaulislam edisi 702/tahun ke-14 (22 Sya’ban 1442 H/ 5 April 2021) Duh, judulnya panjang bener. Iya, soalnya bakal banyak menuliskan dari berbagai aspek. Eh, nggak juga, sih. Sesuai judul aja, ya. Ada tiga bahasan: Islam, medsos, dan kaum muslimin. Walau tentu nggak semua bisa terbahas dengan detil, tetapi setidaknya sebagai sarana introspeksi saja. Sejauh mana ...

Harapan Itu Masih Ada

gaulislam edisi 701/tahun ke-14 (15 Sya’ban 1442 H/ 29 Maret 2021) Eh, kok jadi inget lirik nasyidnya Shoutul Harokah ya pas bikin judul untuk buletin kesayangan kita ini. Ada yang tahu? Atau malah nggak ada yang tahu nasyid itu? Ya, itu bagian dari satu lirik nasyid Bangkitlah Negeriku. Semoga ada yang inget. Namun, kalo nggak ...

Pernikahan Itu Solusi, Mengapa Pilih Pacaran?

gaulislam edisi 700/tahun ke-14 (8 Sya’ban 1442 H/ 22 Maret 2021) Sobat gaulislam, udah sering kami bahas soal ini. Jadi semacam membuka arsip saja. Temanya sama, tetapi kata-kata berbeda, fakta sedikit berbeda. Namun, yang sudah pasti sama adalah solusinya, yakni berdasarkan tuntunan syariat Islam. Tentu, ada beberapa yang spesifik, tetapi secara umum tetap sama sesuai ...

Hasadmu Membakar Amalmu

gaulislam edisi 699/tahun ke-14 (1 Sya’ban 1442 H/ 15 Maret 2021) Kalo diperhatiiin sih, iri bin dengki alias hasad selalu ada ya, di sepanjang zaman. Di kehidupan sehari-hari kita pun bisa jadi (atau emang begitu) sering dijumpai. Bisa kita rasakan juga kalo ada orang yang hasad. Termasuk, jangan-jangan nih, kita juga malah pernah hasad. Naudzubillahi min ...

Kasar dan Jorok? Nggak Banget!

gaulislam edisi 698/tahun ke-14 (24 Rajab 1442 H/ 8 Maret 2021) Banyak sih yang udah ngingetin, cuma kamu nggak mau dengerin nasihat mereka. Bejibun banget yang udah ngasih tausiyah, tetapi kamu tak mau juga berubah. Nggak keitung berapa orang yang udah berdakwah, tetapi kamu tak juga mau berbenah. Ya, sudahlah. Mau sampai kapan kamu begitu ...

Orang Waras Tolak Miras

gaulislam edisi 697/tahun ke-14 (17 Rajab 1442 H/ 1 Maret 2021) Iya nih, rame soal pro-kontra legalisasi investasi miras di negeri kita. Kok bisa, itu kan haram? Iya, bagi kita kaum muslimin, jelas banget itu bukan perkara ma’ruf, tetapi urusan munkar. Udah mah dosa, bahaya pula. Eh, apa pemerintah nggak nyadar soal ini, ya? Mestinya ...
%d bloggers like this: