Ramadhan Kesekian

gaulislam edisi 703/tahun ke-14 (29 Sya’ban 1442 H/ 12 April 2021) Alhamdulillah, edisi yang terbit pekan ini adalah pas di akhir bulan Sya’ban 1442 H. Esok, udah 1 Ramadhan 1442 H. Semoga kita bisa menikmati keberkahan Ramadhan, dan memanfaatkannya dengan mengerjakan berbagai amal shalih selama sebulan penuh. Ini kesempatan yang nggak boleh dilewatkan, Bro en ...

Islam, Media Sosial, dan Kaum Muslimin

gaulislam edisi 702/tahun ke-14 (22 Sya’ban 1442 H/ 5 April 2021) Duh, judulnya panjang bener. Iya, soalnya bakal banyak menuliskan dari berbagai aspek. Eh, nggak juga, sih. Sesuai judul aja, ya. Ada tiga bahasan: Islam, medsos, dan kaum muslimin. Walau tentu nggak semua bisa terbahas dengan detil, tetapi setidaknya sebagai sarana introspeksi saja. Sejauh mana ...

Harapan Itu Masih Ada

gaulislam edisi 701/tahun ke-14 (15 Sya’ban 1442 H/ 29 Maret 2021) Eh, kok jadi inget lirik nasyidnya Shoutul Harokah ya pas bikin judul untuk buletin kesayangan kita ini. Ada yang tahu? Atau malah nggak ada yang tahu nasyid itu? Ya, itu bagian dari satu lirik nasyid Bangkitlah Negeriku. Semoga ada yang inget. Namun, kalo nggak ...

Pernikahan Itu Solusi, Mengapa Pilih Pacaran?

gaulislam edisi 700/tahun ke-14 (8 Sya’ban 1442 H/ 22 Maret 2021) Sobat gaulislam, udah sering kami bahas soal ini. Jadi semacam membuka arsip saja. Temanya sama, tetapi kata-kata berbeda, fakta sedikit berbeda. Namun, yang sudah pasti sama adalah solusinya, yakni berdasarkan tuntunan syariat Islam. Tentu, ada beberapa yang spesifik, tetapi secara umum tetap sama sesuai ...

Hasadmu Membakar Amalmu

gaulislam edisi 699/tahun ke-14 (1 Sya’ban 1442 H/ 15 Maret 2021) Kalo diperhatiiin sih, iri bin dengki alias hasad selalu ada ya, di sepanjang zaman. Di kehidupan sehari-hari kita pun bisa jadi (atau emang begitu) sering dijumpai. Bisa kita rasakan juga kalo ada orang yang hasad. Termasuk, jangan-jangan nih, kita juga malah pernah hasad. Naudzubillahi min ...

Kasar dan Jorok? Nggak Banget!

gaulislam edisi 698/tahun ke-14 (24 Rajab 1442 H/ 8 Maret 2021) Banyak sih yang udah ngingetin, cuma kamu nggak mau dengerin nasihat mereka. Bejibun banget yang udah ngasih tausiyah, tetapi kamu tak mau juga berubah. Nggak keitung berapa orang yang udah berdakwah, tetapi kamu tak juga mau berbenah. Ya, sudahlah. Mau sampai kapan kamu begitu ...

Orang Waras Tolak Miras

gaulislam edisi 697/tahun ke-14 (17 Rajab 1442 H/ 1 Maret 2021) Iya nih, rame soal pro-kontra legalisasi investasi miras di negeri kita. Kok bisa, itu kan haram? Iya, bagi kita kaum muslimin, jelas banget itu bukan perkara ma’ruf, tetapi urusan munkar. Udah mah dosa, bahaya pula. Eh, apa pemerintah nggak nyadar soal ini, ya? Mestinya ...

Bebal Bikin Sebal

gaulislam edisi 696/tahun ke-14 (10 Rajab 1442 H/ 22 Februari 2021) Gimana Bro en Sis, kalo kamu baca judul seperti ini? Apa yang ada di pikiranmu? Mau berpendapat apa? Atau langsung kepikiran, ke arah mana tulisan ini akan mengalir? Ya, jawabannya nggak usah ditulis, ya. Cukup dalam hati aja. Oya, udah pada tahu belum istilah ...

“Kritik Aku, Kau Kutangkap!”

gaulislam edisi 695/tahun ke-14 (3 Rajab 1442 H/ 15 Februari 2021) Aduh, judul edisi pekan ini kok jadi malah mengingatkan pada film jadul (tahun 1985), “Kejarlah Daku Kau Kutangkap”. Idih, ketahuan udah udzur nih yang nulis. Hehe… nggak juga sih. Tahun segitu, saya baru kelas 5 SD. Cuma, karena acara FFI alias Festival Film Indonesia ...

Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...
%d bloggers like this: