Muslimah Smart

gaulislam edisi 334/tahun ke-7 (15 Jumadil Awal 1435 H/ 17 Maret 2014)   Muslimah itu kudu smart alias cerdas. Bukan hanya nilai ulangan Fisika dan Kimia yang tinggi itu disebut smart, tapi juga cara dia bergaul menentukan sekali smart atau tidaknya seorang muslimah. Yang namanya muslimah, identitas dia terlihat terutama dari cara berpakaian. Jelas donk, ...

Jebakan Labirin Split Personality

gaulislam edisi 333/tahun ke-7 (8 Jumadil Awal 1435 H/ 10 Maret 2014)   Serius amat judulnya.. Kesannya abis ngeakses hal-hal yang berbau psikologi gitu, deh. Bener banget, mbak Sis en mas Bro.. Hehe.  Coz, kali ni saya dapat jatah ngebahas ‘split personality.’  Jiaaah..berat nih bahasannya. Tapi, deket kok ama kehidupan kita sehari-hari.  Bahkan banyak dari ...

Jangan Lupakan Sejarah

gaulislam edisi 332/tahun ke-7 (1 Jumadil Awal 1435 H/ 3 Maret 2014)   Sobat gaulislam, sampai saat ini militer Bashar al-Assad masih aja ngebantai saudara kita di Suriah. Belum lagi di Afganistan, Irak, Rohingya dan lain-lain. Malahan bulan Januari kemaren di facebook rame ama berita para ektrimis di Afrika Tengah ngebantai, ngebakar ama makanin jasad ...

Ingat! Pacaran Itu Berbahaya

gaulislam edisi 331/tahun ke-7 (24 Rabiul Tsani 1435 H/ 24 Februari 2014)   Remaja mana yang tak pernah mendengar istilah pacaran? Mulai remaja perkotaan hingga pelosok desa, pasti pernah mendengar istilah ini. Tak peduli apakah ia bersekolah di sekolah umum yang serba bebas hingga pesantren yang identik dengan dunianya yang serba ketat dan terbatas. Semua ...

Cinta Tapi Beda Akidah

gaulislam edisi 330/tahun ke-7 (17 Rabiul Tsani 1435 H/ 17 Februari 2014)   Aduh, tema beginian bisa mancing orang untuk penasaran. Bisa juga mancing amarah orang yang nggak suka diusik hawa nafsunya (maklum, pengen beda katanya—jadi malah milih yang beda agama sebagai pacarnya). Tetapi, bisa juga tema ini menjadi bahan untuk dakwah. Yup, kalo gitu ...

Say with Love…

gaulislam edisi 329/tahun ke-7 (10 Rabiul Tsani 1435 H/ 10 Februari 2014) Wah, nggak kerasa ya udah bulan Februari. Di hari-hari ini, kalo kita pergi ke mal, toko souvenir, atau supermarket besar, hampir bisa dipastiin, interior ruangannya dipenuhi beragam pernak-pernik: ada pita, bantal, guling (sekalian aja selimut, kasur, ranjang, hehehe…) berbentuk hati. Ada juga boneka ...

Cinta Tanpa Maksiat

gaulislam edisi 328/tahun ke-7 (3 Rabiul Tsani 1435 H/ 3 Februari 2014)   Udah deh, nggak usah ditutup-tutupin. Maksiat yang kamu lakukan suatu saat akan terbongkar juga. Nggak usah ngerasa bahwa kamu akan aman-aman saja atas apa yang kamu lakukan selama ini. Allah Ta’ala Mahatahu, lho. Awas, jangan coba-coba berbohong ya. Widiw, ngancem ceritanya nih. ...

Sang Pencinta Kebenaran

gaulislam edisi 327/tahun ke-7 (26 Rabiul Awwal 1435 H/ 27 Januari 2014) Sobat gaulislam, lagi-lagi remaja jadi sorotan. Bukan hanya masalah pergaulan bebas, sederet kenakalan lainnya turut mewarnai kehidupan remaja. Dalam hal penyalahgunaan narkoba, menurut penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan bahwa 50 – 60 persen pengguna narkoba Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa. Begitu juga ...

Cabe-Cabean, Terong-Terongan, Lalu?

gaulislam edisi 326/tahun ke-7 (19 Rabiul Awwal 1435 H/ 20 Januari 2014)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Makin angot aja nih istilah cabe-cabean ama terong-terongan. Nggak sekalian aja tomat-tomatan atau garam-garaman, terasi-terasian plus gula-gulaan supaya bisa jadi sambal. Hehehe.. kalo ngeliat definisinya, sebenarnya fenomena cabe-cabean atau terong-terongan udah ada sejak jaman baheula ...

Jangan Salahkan Islam

gaulislam edisi 325/tahun ke-7 (12 Rabiul Awwal 1435 H/ 13 Januari 2014) Hampir di setiap kesempatan mengisi acara remaja, saya selalu memberikan pertanyaan di awal pembahasan materi, atau di pertengahan, termasuk menjelang akhir penyampaian materi. Pertanyaan sederhana dan saya sekadar ingin mengetahui tingkat pengenalan dan pengetahuan mereka terhadap Islam. Umumnya saya menyodorkan pertanyaan yang kira-kira ...
%d bloggers like this: