Gatal di Selangkangan 15

Tanya:

Assalaamu’alaikum,

Dok, sudah 5 bulan ini saya menderita akibat gatal yang sangat di daerah selangkangan. Karena sangat gatal, sampai-sampai jadi lecet dan berbekas. Kira-kira apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya?

Ika

[+6281318364xxx]

Jawab:

‘alaikumussalam,

Saya turut prihatin dengan apa yang menimpa adik Ika. Rasa gatal yang sangat memang amat mengganggu kenyamanan kita. Ada banyak kemungkinan penyebab rasa gatal tadi. Pertama, bisa jadi ada alergi dengan bahan pakaian dalam yang dipakai (jenis bahannya, rendanya). Coba ganti jenisnya, dan perhatikan apakah gatalnya hilang.

Gatal juga bisa muncul karena ada jamur yang tumbuh di daerah selangkangan. Adanya jamur menimbulkan rasa gatal yang sangat. Kemungkinan lain adalah adanya penyakit kencing manis. Coba periksa ke laboratorium. Kadang-kadang, gatal merupakan gejala daari penyakit tersembunyi atau stres psikologis (kira-kira ada yang lagi dipikirin nggak nih Dik Ika?)

Untuk mengatasi rasa gatal, tahan sebisa mungkin untuk tidak menggaruk. Jika tidak ada lecet pada tempat yang gatal, usap dengan bedak pereda rasa gatal atau minyak kayu putih. Jika kulit mengering, coba gunakan krim pelembab.

Demikian Ika, semoga gatalnya segera hilang. Kalau masih bandel juga, coba periksa ke dokter spesialis kulit.[]

[Pernah dimuat di Majalah SOBAT Muda, edisi 22/September 2006]

15 thoughts on “Gatal di Selangkangan

  1. fauzi Jun 26,2009 21:38

    nahh masih masalah gatal di selangkangan….biasa kalau berkeringat sampai” basah di celana dalam..dan mengeluarkan bau…
    itu menurut islam termasuk najis bukan sieeyyhhh…??

    thank’s yahh……..

  2. Edi Jul 28,2009 13:40

    Asslm..
    Sy kelas 3 SMA,udah 2 mingguan ini,di selangkangan sya ada semacam gatal2..bentuknya bulat lumayan besar..warnanya merah gitu..karna gatal banget,sya garuk..lama2 agak lecet..skrg di gatalnya itu sering basah dan baunya ga sedap..kira2 ini kenapa ya?apa jamur? Tlg dibantu ya..
    Sya kompres di daerah gatalnya pake kapas dikasih minyak tawon tiap malam.. Makasih ya…
    Asslm…

  3. dony Oct 4,2009 23:37

    asslm

    saya dony,21 thn.saya pnya penyakit gatal di selangkangan/sekitar daerah kemaluan saya.sudah hampir 6 bln,tpi blm smbuh2.bahkan sekarang rasanya perih karena ada benjolan,kalau digaruk,kluar cairannya.

  4. rere Jan 27,2010 16:05

    gatal di selangkangan memang mengganggu sekali apalagi bila sampai lecet pasti sakit untuk jalan , jadi saran saya , ganti celana dalam 2kali sehari, jangan terlalu banyak minum manis, kompres atau siram dg air hangat , taburi dg bedak gatal ( herocyn atau sejenisnya ). dijamin pasti sembuh , okey.. selamat mencoba

  5. cinta luna Mar 5,2010 23:37

    dari pengalaman pribadi nih..suerrr..
    dulu saya juga pernah gatel kyk gt..berobat kesana sini,habis biaya banyak ,,,ga taunya sembuhnya cuman pake obat sepele….SALEP Kulit 88,coba aja klo ga percaya..

  6. Andri Apr 10,2010 11:21

    Ass Dok,
    Saya mau tanya apakah yang harus saya lakukan lagi dan obat apa yg harus saya pakai, karena hampir seluruhnya sudah saya coba! ceritanya begini, saya berumur 32 tahun sudah menikah, jadi saya menderita gatal-gatal/alergi yang cukup aneh semenjak lebih kurang 7 th lalu (sebelum menikah) sampai sekarang, dimana gatalnya timbul tidak mengenal cuaca baik waktu dingin maupun panas, dan saya sudah coba menghindari semua makanan yang biasanya menimbulkan alergi/gatal2, dan saya juga sudah beberapa kali lakukan tes darah di lab, namun hasil lab tidak ada yang mengkwatirkan, dan efek dari saya menghindari makanan tersebut juga tidak ada, karena gatal itu tetap datang, dan hampir seluruh dokter spesialis kulit didaerah sayaini, saya datangi tapi obatnya hanya bisa meredakan rasa gatal, malah efek saya mengkonsumsi obat2 itu membuat wajah saya jadi bertambah gemuk yang kurang wajar, sehingga akhirnya saya menyerah tidak lagi melakukan pengobatan, karena dari yang saya amati penyakit saya tersebut baik diobati maupun tidak diobati akan datang dan pergi begitu saja, dan gatal itu hanya timbul di telapak dan jari jari tangan saja yang mana awalnya biasa saja kemudian timbul rasa gatal yang semakin lama semakin parah yang akhir terpaksa kita garuk, yang menjebabkan kulitnya menjadi tebal dan kasar dan mulai ada bengkak bengkak kecil seperti ada cairan didalamnya, yg gatalnya minta ampun, kemudian gatal yersebut nanti akan mengeras dan bengkak itu akan pecah karena digaruk dan memang sedikit mengandung cairan putih seperti air putih dan steelah itu kulitnya jadi kering dan mulai retak retak, yang menyebabkan jari tangan akan mulai retak dan pecah2 membelah daging dijari2 tangan yang mulai perih dan masih gatal, setelah itu nanti akan kering kembali dan akhirnya sehat seperti semula, dan sehat sekitar seminguan kemudian akan kambuh lagi dengan prosesnya sama seperti pada awal tadi yakni mulai ada rasa gatal sdikit2 yang kemudian melebar, dan seterusnya seperti yang saya ceritakan diatas tadi, dan anehya itu terjadi hanya pd telapak tangan dan jari2 tangan saja, tidak pernah melewati pergelangan tangan, dan ini telah berlangsung selama 7 th ini. alhamdulilah gatal ini tidak menular ke istri dan anak2 saya walaupun saya memegang atau bersentuhan dengan mereka baik waktu sedang gatal maupun sedang kering dan sehat. dan semenjak 2 thn ini saya tidak lagi melakukan pengobatan medis, hanya saya tahan dan lewati begitu saja, namun penyakit ini sangat lah menganngu dan menyiksa saya, oleh karena itu saya sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak yang bisa memberikan bantuan dan informasi untuk mengatasi masalah saya ini. atas info dan bantuannya saya ucapkan terima ksh, semoga Allah SWT akan membalasnya.oh iya juga perlu saya tambahkan bahwa hampir semua obat2 anti alergi yg banyak direkomendasikan teman2 melalui blog2 mereka yg ada, sudah saya coba dan itu juga atas resep dokter spesialis kulit. dan sekarang tidak ada lg yg saya konsumsi karena belum ada obat2 tersebut yg membawa kesembuhan cuma sedikit meredakan rasa gatal dan mempercepat proses kesembuhan sementara, sedangkan sekarang saya tidak lg mengkonsumsi obat tapi penyakit tersebut juga bisa sembuh sendiri, cuma kemudian datang lagi, sembuh lagi dan datang lagi, demikialah terjadi selama 7 th ini, dan hanya di telapak dan jari tangan, dan biasanya lama proses waktu dari mulai gatal sedikit sampai kembali sembuh sekitar 3 s/d 4 minggu, dimana sekitar 1minggu waktu mulai gatal dan bengkak2 kasar dan sedikit berisi cairan, 1 minggu lagi waktu bengkaknya pecah dan kulit serta daging jari2 merekah dan sedikit berdarah kemudian sekitar 1minggu mulai proses mengering dan mengelupas, yang akhirnya kulit kembali normal dan bersih, sekitar 1minggu sehat maka kemudian akan mulai lagi terasa gatal, demikian seterusnya prosesnya terjadi selama 7 tahun ini, dan kalau saya mengkonsumsi obat medis baik kapsul ditambah salapnya, maka proses tadi berlangsung lebih cepat namun tidak kunjung mau sembuh, kalau tidak makan obat proses waktunya sedikit lebih lama, ada perbedaan sekitar 10 harian, dan menurut sebahagian dokter penyebabnya karena pikiran/stress, dan didaerah lain ditubuh saya yakni dibahagian yg ada lipatan2 seperti lipatan paha, sekitar selangkangan juga terasa gatal namun bentuk gatalnya agak berbeda dengan yg ditangan tadi, dan terasa gatalnya kalau lagi berkeringat, dan saya mengangap itu gatal/alergi biasa saja, tapi kalau yang ditangan tadi saya merasa memang aneh, jd tolong bantuannya, karena saya benar benar sudah sangat tersiksa,wassalam terima ksh

  7. coba May 18,2010 09:49

    > kalo gatel coba minum amoxilin teratur,,
    > trus pake salep kulit 88
    > ganti CD min 2x sehari

  8. siti Dec 17,2010 11:10

    selain menkonsumsi obat yang tepat,menggunakan sabun yg sesuai PH,panas matahari dan juga bila perlu api (panasnya saja,dekatkan pada daerah sekitar gatal”),insyaalah,gatalnya mereda bahkan menghilang.silahkan dicoba.

  9. ramadhan Dec 28,2010 21:36

    assallamualaikum
    ni beberapa kiat dari sebuah tulisan yg saya baca yg mungkin bisa membantu kalo gatelnya karena jamur,
    kalo karena jamur biasanya ninggalin bercak merah:
    1. pake krim anti jamur(ex:fungisol)
    2.minum obat (ex:cetirizine)
    3.jgn digaruk,karena luka cuman mempermudah perkembangbiakan jamur
    4.ushakan saat penyembuhan ga mke CD yg segitiga mungkin bisa diganti dengan boxer to semacamnya
    5.pake sabun antiseptic
    6.sabar dan bertawakal
    7.ga malu buat berobat ( paling penting )hehe

  10. sumbernya Jan 2,2011 15:53

    setahu saya jaga selangkangan tetap kering dan jangan lembab trus pake bedak setiap habis mandi rasanya udah aman bagi saya

  11. mr.skinny Jan 5,2011 07:35

    itu cairan apa sih yg keluar? Emang jmur punya cairan? Panu apa bukan tuh? Mempan gk sih sm salep anti jamur biasa? Lama gk prosesnya? Apa itu termasuk jenis kutu air?

  12. dani Mar 20,2011 01:12

    dok saya dani klas 3 sma
    Knapa yah dok di bagian biji saya gatal2 dan sering ganti kulit gitu
    Mohon bantuan.y

  13. Dena Apr 6,2011 19:55

    Dok, saya mau nanya nih.
    saya anak kls 3 sma.
    saya bingung, saya sering merasa bahwa diri saya berada dalam keadaan yang seperti mau pingsan tapi tidak jadi.
    terkadang saat saya dalam keadaan berdiri, saya seperti oyong dok.
    saya bingung dok.
    kira2 saya sakit apa??
    dan bagaimana cara menyembuhkannya dok??

  14. aris Apr 10,2011 07:23

    Untuk Andri hanya pengen share saja mungkin bisa membantu.
    Antara tahun 2008 – 2009 yang lalu saya juga mengalami rasa gatal hanya di telapak tangan & kaki, bentuknya seperti bulatan-bulatan warnanya merah, rasa gatalnya terasa spt didalam kulit & tdk menular. Kalo dibiarkan lama – lama bulatan merah itu seperti berisi air lantas kering & kulit jadi terkelupas. Saya periksakan ke dokter spesialis kulit juga tdk mengalami perubahan.Telapak tangan juga sering merasa berkeringat walaupun di tempat ber AC. Ternyata itu merupakan tanda-tanda adanya masalah pada hormon tiroid saya. Ini baru saya ketahui setelah saya juga menemukan benjolan di leher saya (seperti gondokan) dan saya konsultasikan pada dokter spesialis penyakit dalam endokrin & metabolisme yang menyarankan saya untuk melakukan tes darah untuk kadar FT3, FT4 dan TSh ( ini test yang berkaitan dengan hormon tiroid yang bisa bapak tanyakan pada petugas Lab).
    Coba bapak berkonsultasi ke dokter penyakit dalam endokrin & metabolisme. Semoga bermanfaat.

  15. icha Aug 10,2011 21:43

    assalamuailaikum,…..
    Dok sya icha,sya mau tanya ni dok. sudah hampir 1 bulan ini maaf(selangkangan) sya gatal2. awalnya gatal biasa,kemudian klo digaruk akhirnya jadi warna put

    ih kayak kulit kering gitu. trus klo saya kasih pelembab sehabis mandi,kliatan item2…
    Kira2 ini penyakait apa ya dok??? saya bingung,kerja jadi ga nyama,aktifitas apa pun saya jdi mrsa kurang nyaman dok…
    Mohon solusinya,ya dok…

    terima kasih

    Sebaiknya konsultasi ke dokter aja gih, biar cepet ditangani, tentunya kalo cewek ke dokter cewek & cowok ke dokter cowok juga, ok deh semoga cepet sembuh

    Redaksi GI

Comments are closed.

%d bloggers like this: