Ketentuan Memberikan Komentar di GI-Online

Setelah beberapa saat kami memantau perkembangan GI dan interaksinya dengan para pembaca setia GI-Online, maka kami merasa sudah saatnya diberlakukan sebuah aturan main bagi para komentator, terutama dalam menanggapi artikel-artikel yang ada pada GI-Online ataupun merespon komentar pembaca lainnya.

Pada dasarnya kami mengundang semua orang untuk memberikan komentar pada GI-Online, karena kami ingin mendengar respon dari para pembaca GI mengenai artikel yang kami tampilkan. Di lain sisi kami tidak ingin membatasi atau menyensor ekspresi kebebasan berpendapat para pembaca GI, namun demikian mohon tidak melupakan ‘filosofi’ bahwa semua hak (kebebasan) selalu diiringi dengan kewajiban. Untuk memastikan agar semua dapat menikmati dan mengambil manfaat dari komentar dan artikel yang ada di GI-Online, maka kami membuat standar/aturan main dalam memberikan komentar sebagai berikut:

  1. Semua komentar akan dimoderasi dan di-review sebelum ditampilkan, GI TIDAK akan melakukan editing terhadap komentar yang Anda kirim, tapi kami akan menghapus semua komentar yang tidak sesuai dengan kriteria yang kami tentukan.
  2. Semua komentar yang bermateri advertising (iklan) dan spam akan langsung kami hapus.
  3. Komentar yang berisi cross posting dari artikel lain (copy paste dari artikel lain) akan kami hapus, untuk me-refer ke artikel lain, cukup diberikan link (URL) ke artikel yang direferensikan tersebut, tidak perlu copy paste seluruh artikel sebagai komentar.
  4. Komentar harus sesuai dengan topik yang dikomentari, semua komentar yang tidak sesuai dengan topik (out of topic) akan langsung dihapus.
  5. Pada saat memberikan komentar gunakan kata/kalimat yang sopan walaupun Anda sedang tidak setuju. Komentar yang menggunakan kalimat yang tidak sopan, ofensif dan provokatif akan kami hapus.
  6. Usahakan untuk selalu menggunakan emoticon, ketika menandai ekspresi tulisan Anda. Ini penting untuk menghindari kesalahpahaman dengan komentator lainnya.
  7. Usahakan untuk tidak menjadi one-liner alias hanya menanggapi sebuah komentar baik dari artikel GI-Online atau merespon komentator lain dengan sangat singkat, seperti: “bagus itu…” ; “Saya tidak setuju…” dan sejenisnya.
  8. Tidak menuliskan komentar dengan huruf kapital semua, karena kesepakatan umum dalam komunikasi tulisan mengindikasikan bahwa si penulis sedang marah.

Note:

  • Sering kami menerima pertanyaan yang dilontarkan melalui fasilitas komentar, karena tidak semua staf kami online setiap hari, maka kami tidak menjamin jawaban akan bisa segera diberikan, namun kami akan berusaha menjawab semua pertanyaan yang kami terima, semaksimal kami bisa.
  • Bila komentar Anda tidak ditampilkan di GI tidak selalu berati komentar Anda tidak sesuai dengan kriteria di atas, namun bisa jadi (sering kali) komentar Anda tidak bisa lolos dari spam filter kami.
  • Semua komentar yang masuk menjadi tanggung jawab dari komentator yang bersangkutan, GI-Online tidak bertanggung jawab terhadap pernyataan atau materi komentar yang ditampilkan di GI-Online.

Demikian pemberitahuan dari kami. Semoga menjadi perhatian dan terima kasih atas kerjasamanya. Selamat berdiskusi dan berargumen dengan benar dan baik serta mengedepankan adab berbeda pendapat yang dibenarkan dalam Islam, yakni menjunjung tinggi kehormatan pribadi dan komentar harus selalu berdasarkan dalil yang dibenarkan oleh ajaran Islam. Bukan yang lain. Allahu’alam.

Salam,
Administrator GI-Online

%d bloggers like this: