Maksiat Mengundang Laknat

gaulislam edisi 759/tahun ke-15 (8 Syawal 1443 H/ 9 Mei 2022) Umat Islam udah banyak yang jauh dari ajarannya sendiri. Ngaku muslim tapi tak islami kehidupannya. Menjauhkan diri dari al-Quran, nggak mau baca al-Quran (apalagi memahami dan mengamalkannya). Kok bisa? Sebabnya, karena udah diinstal virus sekular. Memisahkan antara agama dengan kehidupan. Agama cuma dibatasi seputar ...

Boneka Arwah Merusak Akidah

gaulislam edisi 741/tahun ke-15 (29 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 3 Januari 2022) Lagi rame nih, boneka arwah alias Spirit Doll. Sebenarnya nggak ada yang baru soal ini, tetapi karena ‘di-endorse’ banyak selebriti, jadinya viral (menurut istilah sekarang). Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Nora Alexandra, dan Celine Evangelista adalah beberapa selebriti yang tercatat ‘mengadopsi’ boneka arwah yang ...

Malu Pada Agamamu

gaulislam edisi 738/tahun ke-15 (8 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 13 Desember 2021) Bro en Sis rahimakumullah, sebagai muslim tentu aja mestinya bangga dengan agama kita, Islam. Gimana pun juga, kalo udah memilih Islam sebagai agama kita, maka harus menunjukkan jati diri sebagai umat Islam, sebagai kaum muslimin. Kalo sampe ngaku muslim tapi perilaku jauh dari ...

Tantangan Dakwah Remaja

gaulislam edisi 728/tahun ke-14 (27 Shafar 1443 H/ 4 Oktober 2021) Buletin gaulislam memang menyasar segmen remaja. Itu sebabnya, dakwahnya memang seputar permasalahan remaja, atau permasalahan umum dalam agama dan fenomena kehidupan masyarakat yang mesti juga diketahui dan dipahami oleh remaja. Ada tantangan tersendiri dakwah di dan bagi kalangan remaja. Itu sebabnya, memang diperlukan niat ...

Konten Sampah Demi Rupiah?

gaulislam edisi 719/tahun ke-14 (23 Dzulhijjah 1442 H/ 2 Agustus 2021) Masih inget ada yang mau nyumbang duit sebanyak 2 triliun rupiah? Kalo kamu update berita sih, kayaknya pada tahu deh. Pernah pegang duit sebanyak itu? Saya ragu kalo kamu pernah pegang duit sebanyak itu. Bukan ngeledekin, sih. Soalnya yang itu aja belum cair-cair kok. ...

Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Gaul Bebas, Idola, dan Remaja Labil

gaulislam edisi 712/tahun ke-14 (4 Dzulqa’dah 1442 H/ 14 Juni 2021) Eh, ini kok panjang bener judulnya, ya? Hehehe… bukan cuma panjang, tetapi juga jadi banyak tema. Ada tiga tema pembahasan yang mudah-mudahan nggak bikin kamu puyeng. Ini sepertinya terpisah, tetapi ada juga nyambungnya. Soal gaul bebas, ini udah nyata banget di kalangan remaja. Buktinya ...

Jangan Umbar Aibmu

gaulislam edisi 711/tahun ke-14 (26 Syawal 1442 H/ 7 Juni 2021) Di media sosial, banyak orang mengumbar aibnya sendiri. Kok bisa, ya? Padahal, normalnya sih kita akan menutup aib kita sendiri. Nggak perlu ada orang lain tahu tentang keburukan or kejelekan kita. Namun, zaman sudah berubah. Orang mudah terseret atau minimal terpancing untuk menceritakan banyak ...

Terbaik, Bukan Terbalik

gaulislam edisi 710/tahun ke-14 (19 Syawal 1442 H/ 31 Mei 2021) Kalo ada kata “terbalik” kok jadi inget sinetron komedi yang udah tayang sejak empat tahun lalu itu: Dunia Terbalik. Eh, tapi ini nggak bakalan ngomongin sinetron itu, kok. Nggak. Subtansinya mungkin mirip, sih. Jadi, tulisan ini sekadar ingin menceritakan bahwa banyak hal di dunia ...

Al-Quds Milik Kami

gaulislam edisi 708/tahun ke-14 (5 Syawal 1442 H/ 17 Mei 2021) Semoga udah pada tahu ya, kalo ditanya al-Quds ada di mana? Ya, betul. Al-Quds yang berarti tanah-wilayah yang suci, dan sering disebut Baitul Maqdis atau Baitul Muqaddas atau Palestina. Sudah lebih dari 50 tahun dijajah oleh Zionis Israel. Akhir tahun 1990-an atau awal tahun ...
%d bloggers like this: