Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...

Korupsi Jadi Tradisi

gaulislam edisi 687/tahun ke-14 (6 Jumadil Awwal 1442 H/ 21 Desember 2020) Sebentar, kok gaulislam bahas tema gini, sih? Eh, emang nggak boleh? Remaja perlu tahu juga lho soal beginian. Gimana pun juga korupsi itu perbuatan asuberdiri, eh, asusila. Ini ada di semua level. Dari yang ecek-ecek bin receh sampai yang jumlah duitnya bikin tenggorokan ...

New Normal Bersama Islam

gaulislam edisi 660/tahun ke-13 (23 Syawal 1441 H/ 15 Juni 2020) Kayaknya kamu udah pada tahu ya istilah “new normal”? Yup, karena sejak akhir Mei lalu sudah digembar-gemborkan oleh pemerintah bahwa pandemi covid-19 akan memasuki suatu kondisi normal, hanya saja normal yang baru, new normal. Maksudnya, hidup normal setelah sebelumnya nggak normal karena pandemi: isolasi ...

Yuk, Raih Pahala di Lailatul Qadar

gaulislam edisi 655/tahun ke-13 (18 Ramadhan 1441 H/ 11 Mei 2020) Nggak terasa ya, pekan ini udah menjelang 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Nanti malam, insya Allah malam ke-19. Rasanya baru kemarin buka shaum pertama, eh, sore nanti adalah buka shaum hari ke-18. Semoga shaum kita semua (dan juga ibadah lainnya) diterima oleh Allah Ta’ala, ...

Mumpung Ramadhan, Yuk Jadi Shalih!

gaulislam edisi 653/tahun ke-13 (4 Ramadhan 1441 H/ 27 April 2020) Sobat gaulislam, alhamdulillah hari ini—saat buletin kesayangan kamu ini terbit—sudah hari ke-4 di bulan Ramadhan. Semoga amal shalih kita di bulan mulia ini diterima oleh Allah Ta’ala sebagai pemberat timbangan kebaikan di yaumil hisab nanti. Insya Allah. Kita patut bersyukur bisa menikmati bulan Ramadhan. ...

Ramadhan dan Corona

gaulislam edisi 652/tahun ke-13 (27 Sya’ban 1441 H/ 20 April 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kita semua. Ya, saat terbit rutin di hari Senin pekan ini, kita udah memasuki tanggal 27 Sya’ban 1441 H. Artinya, Ramadhan tinggal 2 atau 3 hari lagi. Semoga kita semua bisa menikmati bulan suci Ramadhan dan mengisinya dengan ...

Yakinlah, Bahwa Allah Mencintai Kita

gaulislam edisi 651/tahun ke-13 (20 Sya’ban 1441 H/ 13 April 2020) Saat tulisan ini dibuat, wabah Covid-19 masih belum reda. Banyak upaya sudah dilakukan manusia, namun wabah masih menjangkiti banyak orang. Pada kondisi seperti ini, kita memang kudu nyadar bahwa hanya Allah Ta’ala kita memohon pertolongan dan perlindungan. Beneran. Perbanyak dzikir, berdoa, bersedekah, dan juga ...

Taubat dari Maksiat

gaulislam edisi 650/tahun ke-13 (13 Sya’ban 1441 H/ 6 April 2020) Waduh, ngomongin maksiat lagi, nih. Emang nggak ada obrolan lain? Ehm, banyak sih pilihan obrolan, bejibun tema, malah. Cuma, karena sekarang orang masih tetep (atau malah makin banyak?) yang berbuat maksiat, bahkan di tengah pandemi Covid-19, rasa-rasanya perlu juga diingetin lagi, deh. Sebab, konsekuensinya ...

Tawakal di Masa Wabah

gaulislam edisi 649/tahun ke-13 (6 Sya’ban 1441 H/ 30 Maret 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kamu, ya. Edisi kali ini, di awal Sya’ban 1441 hijriah, tetap masih ada aroma Corona. Maksudnya, pembahasannya masih ada kaitannya dengan wabah Coronavirus. Namun, insya Allah bukan hendak menakut-nakuti, tetapi akan memberikan semangat meningkatkan iman untuk menguatkan imun. ...

Awas Kena Corona!

gaulislam edisi 648/tahun ke-13 (28 Rajab 1441 H/ 23 Maret 2020) Judul buletin kesayangan kita kali ini sekadar merekam ingatan saja. Kalimat itu sering muncul di media sosial. Bikin takut dan malah ada yang panik nggak jelas. Tulisan ini melanjutkan edisi pekan kemarin yang membahas tentang Corona yang kian merajalela yang dihubungkan dengan ibadah agar ...
%d bloggers like this: