Cinta Tanpa Cela

gaulislam edisi 537/tahun ke-11 (19 Jumadil Awal 1439 H/ 5 Februari 2018)   Cinta tanpa cela. Emang ada? Emh, kalo dipikir-pikir, di zaman now ini banyak banget orang yang bilang ke pasangannya sesuatu kayak: ‘aku cinta mati sama kamu’, ‘aku tulus cinta sama kamu’, ‘cintaku abadi ke kamu’, daaan…sejenisnya. Belum lagi buanyak banget lagu-lagu bertema ...

Taat di Sisa Usia Kita

gaulislam edisi 533/tahun ke-11 (20 Rabiul Akhir 1439 H/ 8 Januari 2018)   Assalaamu’alaikum, Bro en Sis, pembaca setia buletin gaulislam. Masih terasa, ya, suasana tahun baru di minggu-minggu awal tahun baru 2018 ini. Pastinya,  menjelang perpindahan tahun kemarin, banyak banget, deh, postingan-postingan tentang resolusi ke depan untuk tahun baru 2018 dan juga tahun-tahun ke ...

212 untuk Kebangkitan Islam

gaulislam edisi 530/tahun ke-11 (29 Rabiul Awwal 1439 H/ 18 Desember 2017)   Reuni Alumni 212 sudah jauh berlalu. Itu awal bulan ini. Namun judul ini tetap dipilih karena tujuan tertentu. Oya, jangan lupakan yang masih hangat kemarin (17/12/2017), yakni Aksi Peduli Palestina, di tempat yang sama dengan Aksi 212, Monas. Berbahagialah kita, sebab imbas ...

Jomblo Fisabilillah

gaulislam edisi 528/tahun ke-11 (15 Rabiul Awwal 1439 H/ 4 Desember 2017)   Hai Bro en Sis, ketemu lagi nih, dengan buletin kesayangan kamu. Ya, tema gaulislam kali ini udah saya tunggu-tunggu buat dibahas, nih! Yaitu “mending jomblo daripada pacaran”. Judulnya? Ya, seperti yang kamu baca hehe… Hmm…pacaran, yah. Wah, kalo ini mah, dari zaman ...

Dilema Busana Muslimah

gaulislam edisi 527/tahun ke-11 (8 Rabiul Awwal 1439 H/ 27 November 2017)   “Ada seratus Aisyah berbusana muslimah.. Ada sejuta Aisyah berbusana muslimah..” Yup! Mungkin Bro en Sis, sobat setia gaulislam, ada yang tahu cuplikan lirik lagu lawas di atas. Atau mungkin, boleh deh tanyain ke orangtua atau kakak yang lahir di eranya lagu ini, ...

Berhala Cinta

gaulislam edisi 526/tahun ke-11 (1 Rabiul Awwal 1439 H/ 20 November 2017)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Kamu pasti udah pada tahu arti cinta, kan? Apa, belum tahu? Hmm.. belum yakin sih. Eh, kok belum yakin? Anu, saya ragu. Jiaah.. sama aja belum yakin ama ragu mah, Bro en Sis. Nah, ada ...

Siapa Pantas Jadi Pahlawan?

gaulislam edisi 524/tahun ke-11 (17 Safar 1439 H/ 6 November 2017)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam, tanggal 10 November, di Indonesia, lazim diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun sebenarnya, apa dan siapa sih sebenarnya pahlawan itu? Kenapa pahlawan itu selalu dielu-elukan, senantiasa dikenang dan dibanggakan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan adalah orang ...

Jejak Dakwah 10 Tahun Sudah

gaulislam edisi 521/tahun ke-11 (26 Muharram 1439 H/ 16 Oktober 2017)   Sobat gaulislam, alhamdulillah jumpa lagi di pekan ini. Kamu pasti nunggu-nunggu, kan? Yup, nggak terasa edisi ini adalah edisi perdana di tahun penerbitan yang ke-11. Ini edisi yang ke-521. Itu artinya sudah sepuluh tahun buletin ini menemani kamu semua belajar Islam tanpa henti. ...

Ukhuwah Islamiyah? Kini…

gaulislam edisi 517/tahun ke-10 (27 Dzulhijjah 1438 H/ 18 September 2017)     Sobat gaulislam, pernahkah kamu mendengar kata ukhuwah islamiyah? Bagi yang belum, ukhuwah islamiyah itu artinya persaudaraan Islam. Kata dasarnya diambil dari Bahasa Arab, akh, yang artinya saudara. Allah Ta’ala berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan ...

Genosida di Rohingya

gaulislam edisi 515/tahun ke-10 (13 Dzulhijjah 1438 H/ 4 September 2017)   Kaum muslimin di Rohingya kembali berduka. Kita juga sepantasnya berduka sebagai sesama saudara seiman. Seperti yang udah diberitakan banyak media massa, bahwa menjelang Idul Adha pekan kemarin, tepatnya pada 25 Agustus 2017 berkecamuk kembali kerusuhan dan akhirnya kejadian pada 2012 silam terulang. Kaum ...
%d bloggers like this: