Ngejar Viral Konten Ngasal

gaulislam edisi 765/tahun ke-15 (21 Dzulqa’dah 1443 H/ 20 Juni 2022) Rasa penasaran manusia itu adalah ketika disuguhi sesuatu (kata-kata, video, ilustrasi) yang aneh atau unik, bombastis, misterius, lebay. Intinya memancing rasa ingin tahu. Jika secara fakta memang demikian, orang masih menganggap wajar. Namun, ketika kemasan tak sesuai isi, ini yang bikin jengkel. Kategorinya udah ...

Nyali Nyari Mati

gaulislam edisi 764/tahun ke-15 (14 Dzulqa’dah 1443 H/ 13 Juni 2022) “Intinya mereka saingan bikin konten, jadi misalnya temannya bikin dia lebih ini jadi ada namanya Tiktok itu tagnya “Malaikat Maut”. Jadi kayak seolah-olah dia mau ditabrak kemudian lompat,” ujar Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Argo Wiyono, setahun lalu (11/7/2021) saat mengomentari kasus tewasnya remaja ...

Dibelenggu “Setan Gepeng”

gaulislam edisi 742/tahun ke-15 (7 Jumadal Akhir 1443 H/ 10 Januari 2022) Istilah ini saya pernah baca (atau dengar?) di media sosial. Entah siapa yang memulai pertama kalinya penyebutan istilah ini yang merujuk kepada penggunaan handphone yang lebih banyak mudharat-nya. Ya, bentuk ponsel atau smartphone ini memang gepeng. Sehingga ketika pemiliknya tidak menjadikan benda ini ...

Jangan Umbar Aibmu

gaulislam edisi 711/tahun ke-14 (26 Syawal 1442 H/ 7 Juni 2021) Di media sosial, banyak orang mengumbar aibnya sendiri. Kok bisa, ya? Padahal, normalnya sih kita akan menutup aib kita sendiri. Nggak perlu ada orang lain tahu tentang keburukan or kejelekan kita. Namun, zaman sudah berubah. Orang mudah terseret atau minimal terpancing untuk menceritakan banyak ...

Islam, Media Sosial, dan Kaum Muslimin

gaulislam edisi 702/tahun ke-14 (22 Sya’ban 1442 H/ 5 April 2021) Duh, judulnya panjang bener. Iya, soalnya bakal banyak menuliskan dari berbagai aspek. Eh, nggak juga, sih. Sesuai judul aja, ya. Ada tiga bahasan: Islam, medsos, dan kaum muslimin. Walau tentu nggak semua bisa terbahas dengan detil, tetapi setidaknya sebagai sarana introspeksi saja. Sejauh mana ...

Gema Caci Maki di Medsos

gaulislam edisi 561/tahun ke-11 (10 Dzulqa’dah 1439 H/ 23 Juli 2018)   Assalamualaikum Bro en Sis sekalian. Alhamdulillah aku dapet kesempatan nulis lagi nih di bulletin kesayangan kamu semua, gaulislam. Kali ini aku bawain satu tema yang sebenernya dari dulu udah mewabah, tapi . . . BUUM! Bom waktunya baru meledak (baca: baru jadi masalah ...

Berhala Jaman Now

gaulislam edisi 558/tahun ke-11 (18 Syawal 1439 H/ 2 Juli 2018)   Ngeri bingitz hidup di jaman now. Gimana nggak, kejahatannya bener-bener level jahat pol, kebejatan juga bener-bener bejat dahsyat. Intinya ngeri deh. Eh, ini lagi komen apaan sih, maen nulis jahat dan bejat aja? Oppss.. ampe lupa. Gini Bro en Sis, kita ambil contoh ...

Biaya Pas-pasan Jiwa Sosialita

gaulislam edisi 543/tahun ke-11 (1 Rajab 1439 H/ 19 Maret 2018)   Assalaamu’alaikum Bro en Sis. Kita ketemu lagi, nih! Pembahasan gaulislam kali ini adalah… (jreng…jreng..): BPJS. What? Iya, BPJS di sini diartikan sebagai Biaya Pas-pasan Jiwa Sosialita. Bukan BPJS dalam arti yang udah umum, lho. Oke. But, what was that? Gini ceritanya. Ya, buaaanyak ...

Dakwah Asyik, Tetap Syar’i

gaulislam edisi 534/tahun ke-11 (27 Rabiul Akhir 1439 H/ 15 Januari 2018)   Bro and Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Kalo kamu cermati, dunia remaja itu, apalagi di zaman now, adalah dunia yang menuntut segalanya serba asyik, serba menyenangkan. Begitu ada hal yang dirasa asyik, secara umum para remaja langsung mendekat, tak ubahnya kerumunan semut ...

Gosip, Teror, dan Spiral Kebisuan

gaulislam edisi 516/tahun ke-10 (20 Dzulhijjah 1438 H/ 11 September 2017)   Waduh, ini judul mantep banget. Kamu bisa ngeden dan garuk-garuk tembok kalo nggak terbiasa disuguhi deretan kata yang susah dipahami atau dirasa berat diucapkan. Tenang Bro en Sis, kalo ngebahasnya sih insya Allah tetap dengan gaya khas gaulislam: ringan tapi berisi. Nggak percaya? ...
%d bloggers like this: