Jejak Dakwah 10 Tahun Sudah

gaulislam edisi 521/tahun ke-11 (26 Muharram 1439 H/ 16 Oktober 2017)   Sobat gaulislam, alhamdulillah jumpa lagi di pekan ini. Kamu pasti nunggu-nunggu, kan? Yup, nggak terasa edisi ini adalah edisi perdana di tahun penerbitan yang ke-11. Ini edisi yang ke-521. Itu artinya sudah sepuluh tahun buletin ini menemani kamu semua belajar Islam tanpa henti. ...

Gosip Laris Bikin Miris

gaulislam edisi 520/tahun ke-10 (19 Muharram 1439 H/ 9 Oktober 2017)     Hal apa yang pertama kali Bro en Sis pikirin kalo sengaja atau nggak sengaja denger isu atau rumor tentang kejelekan seseorang? Lalu, ternyata kejelekan dari orang itu nggak bisa kalian bayangin bisa dilakuin sama dia. Hmm, mungkin sebagian dari kamu ada yang ...

Idih, Komunis!

gaulislam edisi 519/tahun ke-10 (12 Muharram 1439 H/ 2 Oktober 2017)   Akhirnya tergoda juga nih untuk nulis soal komunisme (orangnya disebut komunis). Namun, karena buletin gaulislam ditujukan untuk segmen remaja, maka bahasanya juga kudu khas gaya remaja. So, kamu jangan mencret-mencret ya atau malah stres membaca judulnya. Kalo baca judulnya saja udah diare dan ...

Anime dan Cowok

gaulislam edisi 518/tahun ke-10 (5 Muharram 1439 H/ 25 September 2017)   Wah, ada apa dengan judul gaulislam kali ini, ya? Anime dan cowok? Dua kata yang akan dibahas kali ini sepertinya sudah cukup biasa. Kalau begitu apa yang akan kita ulas? Langsung aja, yuk! Eh, tapi sebentar. Kok ngebahas ginian sih? Kan ada tema ...

Ukhuwah Islamiyah? Kini…

gaulislam edisi 517/tahun ke-10 (27 Dzulhijjah 1438 H/ 18 September 2017)     Sobat gaulislam, pernahkah kamu mendengar kata ukhuwah islamiyah? Bagi yang belum, ukhuwah islamiyah itu artinya persaudaraan Islam. Kata dasarnya diambil dari Bahasa Arab, akh, yang artinya saudara. Allah Ta’ala berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan ...

Gosip, Teror, dan Spiral Kebisuan

gaulislam edisi 516/tahun ke-10 (20 Dzulhijjah 1438 H/ 11 September 2017)   Waduh, ini judul mantep banget. Kamu bisa ngeden dan garuk-garuk tembok kalo nggak terbiasa disuguhi deretan kata yang susah dipahami atau dirasa berat diucapkan. Tenang Bro en Sis, kalo ngebahasnya sih insya Allah tetap dengan gaya khas gaulislam: ringan tapi berisi. Nggak percaya? ...

Genosida di Rohingya

gaulislam edisi 515/tahun ke-10 (13 Dzulhijjah 1438 H/ 4 September 2017)   Kaum muslimin di Rohingya kembali berduka. Kita juga sepantasnya berduka sebagai sesama saudara seiman. Seperti yang udah diberitakan banyak media massa, bahwa menjelang Idul Adha pekan kemarin, tepatnya pada 25 Agustus 2017 berkecamuk kembali kerusuhan dan akhirnya kejadian pada 2012 silam terulang. Kaum ...

Saling Mengingatkan Demi Kebersamaan

gaulislam edisi 514/tahun ke-10 (6 Dzulhijjah 1438 H/ 28 Agustus 2017)     Sobat gaulislam, dalam sebuah komunitas atau organisasi sangat diperlukan komunikasi. Komunikasi antara anggota komunitas atau organisasi dibangun untuk saling memberikan masukan berupa saran dan kritik. Hasilnya akan dievaluasi untuk kemudian dibuat program. Jika bagus, akan dibuat program utuk mempertahankannya, bahkan bila memungkin ...

Girlband, Hari Kemerdekaan, dan Penjajahan Baru

 gaulislam edisi 512/tahun ke-10 (21 Dzulqa’dah 1438 H/ 14 Agustus 2017)   Assalamualaikum Bro and Sis yang in sya Allah muslim dan muslimah sejati. Tinggal hitung mundur nih, sampai HUT Kemerdekaan RI nanti. Biasanya udah rame dengan berbagai atribut khas, yakni merah putih. Ada juga yang menghias gapura dengan berbagai pernik menarik dan unik. Sepertinya ...

Anak dan Kenakalan Orangtua

gaulislam edisi 511/tahun ke-10 (14 Dzulqa’dah 1438 H/ 7 Agustus 2017)   Waduh! Emang ada ortu yang nakal ya? Kalo di cerita Pendekar Pemanah Rajawali sih ada, namanya Ciu Pek Tong (dikenal sebagai Bocah Tua Nakal), salah satu gurunya Kwee Ceng. Jiahaha, itu sih dalam cerita fiksi, dong (lagian kurang nyambung dengan tema ini, hehe..). ...
%d bloggers like this: