Syirik di Sekitar Kita

gaulislam edisi 674/tahun ke-13 (3 Shafar 1442 H/ 21 September 2020) Kamu pernah mendengar istilah syirik, kan? Mestinya sudah ya. Sejak kecil malah, seharusnya. Why? Sebab, pembahasan ini masuk kategori akidah dan itu sudah dipelajari lebih awal. Akidah bisa cacat lho gara-gara berbuat syirik. Jadi, emang kudu ati-ati. Kenapa sekarang dibahas di buletin ini? Dulu, ...

Tak Hanya Bilangan, Tapi Diperhitungkan

gaulislam edisi 639/tahun ke-13 (25 Jumadil Awwal 1441 H/ 20 Januari 2020) Sobat gaulislam, manusia itu memiliki potensi kehidupan yang terdiri dari naluri dan kebutuhan jasmani. Allah Ta’ala sudah menetapkan bagi semua orang potensi kehidupan tersebut. Manusia memiliki naluri atau gharizah yang terdiri dari: naluri mempertahankan diri (Gharizah al-Baqa’), naluri melestarikan jenis (Gharizah an-Nau’u), naluri ...

Narsis Nggak Bikin Eksis

gaulislamedisi 275/tahun ke-6 (16 Rabi’ul Awwal 1434 H/ 28 Januari 2013)   Waduh, nuduh nih! Eits, bukan nuduh, tapi ini sih udah ngejeblagin alias dibeberin dah. Hehehe… sori, kamu yang suka narsis sebenarnya nggak bakalan bisa eksis. Lama-lama orang tahu kok jeroan kamu kayak gimana. Bener! Nah, ngomong-ngomong soal narsis, sebenarnya dalam Islam diatur banget ...

Mengukur Ikhlas Kita

gaulislam edisi 112/tahun ke-3 (27 Dzulhijjah 1430 H/14 Desember 2009) Dari Amirul Mukminin, Umar bin Khathab ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan bergantung kepada niatnya dan tiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka ia akan mendapatkan pahala hijrah karena ...
%d bloggers like this: