Mahasiswa Kok Tawuran? Malu Deeeh!

edisi 056/tahun ke-2 (19 Dzulqa’idah 1429 H/17 Nopember 2008) Jadi mahasiswa? Wuih, kayaknya impian banyak anak muda di negeri ini. Kalo ditanya mau kuliah? So pasti jawabnya pengeeeen! Siapa yang nggak mau kuliah? Siapa yang nggak mau jadi mahasiswa. Soalnya jadi mahasiswa itu cap intelek, pinter, cerdas, en keren. Apalagi liat aksi reformasi tahun ’98 ...

Pahlawan vs Pengkhianat

Pahlawan vs Pengkhianat
edisi 055/tahun ke-2 (12 Dzulqa’idah 1429 H/10 Nopember 2008) Bulan Nopember gini emang paling asik ngomongin tentang pahlawan. Soalnya tiap tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia biasanya suka memperingati momen itu sebagai hari pahlawan. Pahlawan kemerdekaan pembela bangsa dan negara pun dipuja-puja dan disanjung. Bahkan khas negara nasionalis yang suka mengadakan upacara bendera, mengheningkan cipta bagi ...

Gayamu, Identitasmu

edisi 054/tahun ke-2 (5 Dzulqa’idah 1429 H/3 Nopember 2008) Kamu termasuk yang doyan dandan? Bagus atuh, asal dandanannya yang bener. Maksudnya yang menutup aurat gitu lho. Kalo sampe anak cewek berpakaian yang justru malah memperlihatkan bagian “DAJAL” alias dada dan bujal (baca: udel) itu udah keterlaluan banget. Apalagi setiap jengkal dari auratnya sangat mudah ditelusuri ...

Islam Tak Bisa Disentuh?

edisi 053/tahun ke-2 (27 Syawal 1429 H/27 Oktober 2008) Hehe… Islam tak bisa disentuh alias untouchable? Ah, jadi inget judul film lawas, The Untouchables (1987) yang dibintangi Sean Connery, Kevin Costner dan Robert De Niro. Film tentang gangster yang merajalela di Chicago tahun 1920-an ini dikemas apik oleh sutradara Brian De Palma–yang juga sukses menggarap ...

Laskar Remaja Islam

edisi 052/tahun I (20 Syawal 1429 H/20 Oktober 2008) Akhir-akhir ini banyak orang yang lagi kesengsem ama film Laskar Pelangi. Berawal dari novel laris dengan judul yang sama karya Andrea Hirata, akhirnya diangkat ke layar bioskop oleh sutradara Riri Reza. Hasilnya, banyak orang yang senang dan terinspirasi ama film itu. Konon banyak politisi yang ikutan ...

Virginitas Remaja

edisi 051/tahun I (13 Syawal 1429 H/13 Oktober 2008) Ngomongin virginitas remaja, bukan hanya dominasi kaum cewek. Kaum cowok juga kudu turut ambil bagian dalam masalah ini. Karena makna virgin bukan hanya ?kegadisan’ saja, tapi juga mencakup ?keperjakaan’. Virginitas sangat dekat hubungannya dengan melakukan hubungan seks. Menjaga virginitas berarti menjaga hubungan pergaulan dengan lawan jenis ...

Eh, Primbon Itu Warisan Jahiliyah, Lho!

edisi 050/tahun I (6 Syawal 1429 H/6 Oktober 2008) Kamu yang doyan melototin layar kaca, kayaknya pernah deh nemuin iklan kayak gini: “Kamu kan lahirnya Selasa Kliwon. Tak cocok kerja di air. Harusnya berdagang.” Terus nyaranin penonton untuk kirim SMS ke nomor tertentu. Bro, memang lucu juga ya? Menentukan nasib lewat primbon. Sangat boleh jadi ...

Makin Takwa Setelah Ramadhan

edisi 049/tahun I (29 Ramadhan 1429 H/29 September 2008) Bro, hanya dalam hitungan jam dari sekarang, saat buletin kesayangan kamu ini diterbitkan pada 29 Ramadhan, kita akan meninggalkan Ramadhan dengan segala kenangan dan keindahan yang kita rasakan. Kalo umur bulan Ramadhan ini 29 hari, berarti insya Allah besok kita merayakan Idul Fithri (bertepatan dengan 30 ...

Orang Miskin Dilarang Hidup

edisi 048/tahun I (22 Ramadhan 1429 H/22 September 2008) Bro, kayaknya masih membekas deh dalam ingatan kita semua soal meninggalnya 21 orang saat antri ngambil jatah pembagian zakat oleh seorang pengusaha di Pasuruan pada pertengahan September 2008 lalu. Kalo ngeliat faktanya, zakat salah satunya emang harus diberikan kepada warga miskin. Kita miris banget euy, ngelihat ...

Ramadhan Ceria Tanpa Maksiat

edisi 047/tahun I (15 Ramadhan 1429 H/15 September 2008) Tepat saat kamu membaca buletin gaulislam edisi kali ini, Ramadhan kamu pas udah di tengah-tengah. Betul apa bener? Ramadhan udah separuh? jalan, itu artinya separuh langkah lagi bakal menjumpai Idul Fitri (dalam bahasa pasaran di sini disebut lebaran). Gimana perasaan kamu menjelang lebaran yang itu artinya ...
%d bloggers like this: