Eh, Primbon Itu Warisan Jahiliyah, Lho!

edisi 050/tahun I (6 Syawal 1429 H/6 Oktober 2008) Kamu yang doyan melototin layar kaca, kayaknya pernah deh nemuin iklan kayak gini: “Kamu kan lahirnya Selasa Kliwon. Tak cocok kerja di air. Harusnya berdagang.” Terus nyaranin penonton untuk kirim SMS ke nomor tertentu. Bro, memang lucu juga ya? Menentukan nasib lewat primbon. Sangat boleh jadi ...

Makin Takwa Setelah Ramadhan

edisi 049/tahun I (29 Ramadhan 1429 H/29 September 2008) Bro, hanya dalam hitungan jam dari sekarang, saat buletin kesayangan kamu ini diterbitkan pada 29 Ramadhan, kita akan meninggalkan Ramadhan dengan segala kenangan dan keindahan yang kita rasakan. Kalo umur bulan Ramadhan ini 29 hari, berarti insya Allah besok kita merayakan Idul Fithri (bertepatan dengan 30 ...

Orang Miskin Dilarang Hidup

edisi 048/tahun I (22 Ramadhan 1429 H/22 September 2008) Bro, kayaknya masih membekas deh dalam ingatan kita semua soal meninggalnya 21 orang saat antri ngambil jatah pembagian zakat oleh seorang pengusaha di Pasuruan pada pertengahan September 2008 lalu. Kalo ngeliat faktanya, zakat salah satunya emang harus diberikan kepada warga miskin. Kita miris banget euy, ngelihat ...

Ramadhan Ceria Tanpa Maksiat

edisi 047/tahun I (15 Ramadhan 1429 H/15 September 2008) Tepat saat kamu membaca buletin gaulislam edisi kali ini, Ramadhan kamu pas udah di tengah-tengah. Betul apa bener? Ramadhan udah separuh? jalan, itu artinya separuh langkah lagi bakal menjumpai Idul Fitri (dalam bahasa pasaran di sini disebut lebaran). Gimana perasaan kamu menjelang lebaran yang itu artinya ...

Obama dan Oma Irama

edisi 046/tahun I (8 Ramadhan 1429 H/8 September 2008) Di Amrik sono, rakyatnya sedang mengharu-biru. Tengah tampil calon pemimpin yang ditunggu-tunggu banget oleh mereka; Barack Obama. Meski pemilu di Amrik belum dimulai, tapi banyak orang dan banyak media massa di Amrik yang udah kepincut ama Barack Obama. Masih muda, cerdas, jago pidato, dan – yang ...

Gembira Sambut Ramadhan

edisi 045/tahun I (1 Ramadhan 1429 H/1 September 2008) Ramadhan yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Bulan yang dirindukan oleh orang-orang yang beriman ini hadir dan pantas banget kalo menyambutnya dengan penuh gembira. Bukan dengan nyundut petasan-apalagi ngelempar bom molotov ke tiap rumah-tapi kita sambut dengan doa-doa, berharap kita bisa full mengisinya dengan amalan shalih. Kita ...

Buktikan Kalo Kamu Cinta Islam!

edisi 044/tahun I (23 Sya’ban 1429 H/25 Agustus 2008) Malu tampil islami? Waduh, malu tuh kalo kamu berbuat salah. Kalo nggak berbuat salah mah, nggak perlu malu dong ya. Tampil islami tuh buat nunjukkin kepribadian kita bahwa kita adalah muslim or muslimah. Nggak usah malu pake jilbab dan kerudung. Nggak perlu malu yang cowok pake ...

Merdeka? Ih, Mau Dong!

edisi 043/tahun I (16 Sya’ban 1429 H/18 Agustus 2008 ) Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan, katanya. Upaya untuk memperingati pun dilakukan dengan berbagai cara mulai dari lomba makan kerupuk hingga panjat pinang dan tangkap belut. Di setiap sudut kota, kampung dan desa dihias sedemikian rupa dengan warna dominan merah dan putih sebagai ...

Remaja ‘Gajah’

edisi 042/tahun I (9 Sya’ban 1429 H/11 Agustus 2008) Huss, ini bukan lagi ngomongin remaja yang kena penyakit kaki gajah. Juga bukan ngomongin remaja yang jadi pawang gajah, apalagi pemakan daging gajah (hiii…!). Tapi yang mau kita omongin di sini ialah remaja yang gajah alias gagap sejarah. Apaan tuh? Yoi, kamu udah sering denger istilah ...

Sadisme di Sekitar Kita

edisi 041/tahun I (2 Sya’ban 1429 H/4 Agustus 2008) Kamu masih inget kan dengan berita pembunuhan berantai yang dilakukan seorang pria bernama Ryan? Korban kekejaman pemuda asal Jawa Timur itu udah menghiasi headline harian nasional dan daerah. Soalnya, jumlah korban yang diduga kuat dibunuh sama Ryan ini mencapai 10 orang. Malah, ada korban yang sampe ...
%d bloggers like this: