Thursday, 9 February 2023, 06:09

Suatu hari, Salman menyambangi keluarga Abu Darda. Alangkah terkejutnya dia, tatkala mendapati Ummu Darda dalam keadaan kucel.

“Mengapa engkau begitu kusut, Ummu Darda?” sapa Salman.

“Abu Darda, saudaramu itu, sekarang sudah tidak tertarik lagi pada dunia,” jawab Ummu Darda kesal.

Salam tersenyum. Ia lalu mengajak Abu Darda menginap di rumahnya.

Di rumah Salman, tuan rumah menjamu dan mengajak makan tamunya. Tapi Abu Darda menolak, “Saya sedang puasa (sunnah). Makanlah sendiri, tidak apa-apa,” katanya.

“Tidak, saya tidak akan makan kecuali engkau pun makan,” ucap Salman, yang membuat Abu Darda tak berkutik lagi. Mereka pun makan bersama.

Malamnya, usai bertahajud secukupnya, Salman melihat saudaranya tak henti-henti shalat malam. Ketika Abu Darda menyelesaikan rakaat yang kesekian puluhnya, Salman memperingatkan, “Tidurlah,” katanya sambil membimbing Abu Darda ke pembaringan. Abu Darda menurut. Tapi, setelah Salman keluar dari bilik, Abu Darda bangkit lagi untuk shalat. Salman yang mengintip kelakuan Abu Darda, kembali mengajak saudaranya itu untuk tidur. Bahkan untuk mengawasi Abu Darda, Salman turut berbaring di sisinya. Mereka pun tertidur sampai subuh tiba.

Ketika sarapan, Salman berkata kepada Abu Darda, “Sesungguhnya badanmu punya hak atasmu, dan Rabb-mu pun punya hak atasmu. Tamumu juga punya hak atasmu, demikian juga istrimu punya hak atasmu. Maka berikanlah kepada yang berhak sesuai haknya masing-masing.” [Source: Islamia]

3 thoughts on “Hak Allah dan Hak Manusia

  1. assalamualaikum wr.wb…….islam adalah agama yang sempurna yang memberikan hak-hak …..pergunakanlah hak kita sebagai manusia dngan benar…! untuk islam.gaul.com makasih banyak …..gue sekarang jadi tambah ilmu….dan semoga gue bisa mengaplikasikannya….amien.
    wassalamualaikum…wr.wb

Comments are closed.

%d bloggers like this: