Memahami Kristen Justru Setelah Masuk Islam

Troy tidak mudah percaya berita di media Barat tentang Islam yang selalu digambarkan secara negatif. Dampaknya ia masuk Islam

Nama saya Troy Bagnall. Usia 22 tahun dan sebentar lagi 23 tahun. Mahasiswa di Arizona State University (ASU), berasal dari Poenix, Arizona. Saya mempelajari film dan media di ASU.

Saya masuk Islam Februari lalu karena berbagai alasan. Saya sudah tertarik dengan Islam cukup lama, karena Islam merupakan topik hangat dalam berita-berita dan peristiwa belakangan ini. Saya tertarik dengan sejarah kuno dan sejarah dunia, serta masalah perang dan politik.

Jika saya mendengar berita mengenai sebuah konflik yang terjadi di berbagai tempat seperti Sudan, Somalia, Palestina, Iraq, Afganistan, Pakistan, Chechnya, Libanon, dan lain-lain, saya akan segera mencari tahu informasi mengenai konflik tersebut sehingga saya bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi pada konflik-konflik itu, sebab media di sini (Amerika) cenderung tidak jelas mengabarkannya secara jujur dan tanpa prasangka apa-apa.

Ketika saya mencari informasi tentang konflik terkait, saya juga tertarik untuk mempelajari sejarah dunia Muslim. Saya menghabiskan waktu dengan belajar sendiri mengenai sejarah dan kebudayaan dunia Muslim. Saya juga mengambil kelas peradaban Islam di ASU. Saat saya belajar sejarah dan kebudayaan dunia Muslim, saya tertarik dengan agamanya, Islam.

Saya dibesarkan sebagai seorang Kristen, tapi berhenti mengamalkan ajarannya sejak usia 15 tahun. Menurut saya pribadi, ajaran Kristen sangat membingungkan dan tidak masuk akal. Masalah doktrin trinitas dan penebusan dosa sangat tidak masuk akal, apalagi mengingat di dalam Bibel juga terdapat ayat-ayat yang bertentangan dengan doktrin itu.

Ketika saya mengambil kelas sejarah Islam, saya bertemu dengan saudara Mohammad Totah yang sangat paham masalah Bibel, Al-Qur’an, dan seluruh 3 agama Ibrahimi lainnya. Kami melakukan banyak diskusi tentang perbandingan agama. Di samping itu saya juga melakukan penelitian sendiri. Saya mendapat lebih banyak pelajaran bagaimana ajaran Kristen itu bertentangan dengan kitabnya sendiri.

Saya juga banyak belajar bahwa begitu banyak ajaran dalam Bibel yang sebenarnya mendukung Islam. Hal lain yang saya temukan adalah, ajaran Barnabas mengabarkan dan menyebut nama akan kedatangan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam. Dan ajaran itu dihilangkan dari dalam Bibel.

Mengenai Qur’an yang sangat mengagumkan dan tidak ada noda sedikit pun, saya mendapati Qur’an itu sangat sederhana dan sangat mudah untuk dipahami. Islam sendiri sangat sederhana dan lugas tanpa ada doktrin yang rumit. Dalam Islam tidak ada kepercayaan buta seperti yang ada dalam Kristen.

Islam mengakui adanya Nabi terakhir, yang tidak ada dalam kepercayaan Yahudi, karena Yahudi mengingkari Nabi yang akan datang, seperti Nabi Isa alaihissalam.

Semakin saya mempelajari Islam, saya memahami ketidakpastian yang dulu saya temui dalam ajaran Kristen. Sebenarnya saya lebih mengetahui banyak tentang Bibel dan ajaran Kristen sejak saya memeluk agama Islam daripada ketika saya masih beragama Kristen.

Sejak menjadi Muslim saya juga merasa lebih dekat dengan Tuhan. Bukan bermaksud meremehkan Kristen, tapi menurut saya agama itu lebih mengajarkan ajaran Paus dan para murid Yesus lainnya dari pada ajaran Yesus (Nabi Isa) itu sendiri.

Saya juga banyak menghabiskan waktu belajar mengenai sejarah-sejarah agama semenjak mereka ada dan penyebarannya ke seluruh penjuru dunia. Saya tahu Islam, yang di Barat dipandang sebagai sebuah ajaran eksotis dari timur. Tapi sesungguhnya Islam mengajarkan apa yang dibawa oleh seluruh nabi yang diutus untuk mengajarkannya, yaitu penyembahan kepada Allah semata. Sangat menyebalkan melihat bagaimana media selalu menggambarkan Islam secara negatif.

Saya memahami jika ada konflik dan kekerasan di beberapa bagian dunia Islam, tapi konflik itu sebenarnya tidak lebih dari masalah politik.

Ya, saya akui sangat berat mempraktikkan ajaran Islam di tempat saya hidup, di Amerika, sementara media di sini terus-menerus selalu menjejali dengan stereotipe negatif atas Islam. Dan agak berat bagi saya karena banyak mahasiswa Amerika yang hidup bebas dan hura-hura. Meskipun demikian hal itu tidak terlalu menjadi masalah bagi saya, karena saya tipe seorang kutu buku.

Saya mendapat banyak pertanyaan dari non-Muslim seputar masalah politik, dan kebudayaan Timur Tengah. Dan saya harus menunjukkan kepada mereka, sangat berbeda antara apa itu Islam dengan ideologi politik dan adat kebiasaan budaya.

Timur Tengah sudah jelas merupakan pusat dunia Islam, tapi sangat menggemaskan juga bagaimana media selalu mengidentikkan Muslim dengan Timur Tengah. Karena Muslim berasal dari berbagai penjuru dunia. Saya kira ada rasisme di sana, sebab Barat sepertinya tidak melihat fakta bahwa Yahudi dan Kristen berasal dari Timur Tengah juga, sebagaimana Islam.

Secara ringkasnya, saya menerima Islam hanya karena saya bersaksi bahwa itu adalah agama yang benar dari Tuhan. Islam itu sederhana, lugas, dan tidak membingungkan.

Saya juga menyukai, bagaimana Islam memiliki ikatan universal di antara para pengikutnya. Islam telah menolong saya menjadi seorang manusia yang lebih baik.

Saya merasa lapang ketika mempraktikkan ajaran Islam. Hal itu membantu saya merasakan hidup yang lebih baik dan membantu saya mengatasi tekanan dan masalah-masalah dalam kehidupan.

Saya sungguh berharap, orang-orang di Barat lebih mendapatkan pendidikan tentang dunia Islam dan memahami Islam itu sesungguhnya, daripada mendengarkan kritik negatif dan tidak sepenuhnya benar seperti yang sering digambarkan media tentang Islam.

Saya berharap, kisah saya ini bisa memberi inspirasi bagi mereka yang tertarik dengan Islam agar mau belajar lebih banyak tentangnya. [di/iol/www.hidayatullah.com]

ilustrasi syahadat imamthahir

  1. alhamdulillah….msh bnyk jg bule2 yg msk Islam =)
    salut banget sama muslimin n muslimat di negeri barat yg trus b’juang menjalankan syariat

  2. saya kurang setuju dengan kalimat “agama itu lebih mengajarkan ajaran Paus dan para murid Yesus lainnya dari pada ajaran Yesus (Nabi Isa) itu sendiri”. itu menandakan anda belum mengenal ajaran dengan baik. saya tidak menyalahkan anda dan saya juga tidak menyalahkan islam. menurut saya sekarang bukan waktunya memperdebatkan agama mana yg benar tapi tunjukkan bahwa kita manusia yg berTuhan. lihat jihad bom bunuh diri sekarang ini, buat apa? itu yg mau ditunjukkan? itu yg mau dibanggakan?..

    “Saya sungguh berharap, orang-orang di Barat lebih mendapatkan pendidikan tentang dunia Islam dan memahami Islam itu sesungguhnya, daripada mendengarkan kritik negatif dan tidak sepenuhnya benar seperti yang sering digambarkan media tentang Islam. ” …. kl anda ingin terjadi tunjukkn mulai dari diri anda kebaikan, ketulusan, keadilan, dll perilaku yang positif, krn orang lebih dpt mnerima perbuatan drpd perkataan ..

    Lebih mudah mengubah diri sendiri daripada mengubah orang lain..

  3. Benar, bila bukan saatnya kita memperdebatkan agama siapa yang lebih baik. Islam sendiri mengajarkan “bagimu agamamu, dan bagiku agamaku”.
    Tapi salah besar bila anda menggandeng menjadi satu kalimat “jihad bom bunuh diri”. Antara “jihad” dan “bom bunuh diri” bukan hal yang sama dan selamanya tidak bisa disamakan.
    Yang sama hanyalah semangat dan ke-patriotismenya saja. Tetapi bom bunuh diri adalah bukan dari Islam. Bukankah Islam melarang membunuh wanita dan anak-anak, meski dalam kondisi perang sekalipun?

  4. alhamdulillah…memang terlihat sekali…
    bahwasannya orang kafir yang masuk islam…itu
    sebagian besar adalah orang-orang yang pandai, yang setelah menuntut ilmu, bukan iming iming sembako, uang atau lainya. Sebagaimana Allah mengamanahkan kita pada saat turunnya nabi adam as yaitu untuk mengenal Alloh…Niscaya semakin tinggi akal manusia, maka akan semakin yakin ia akan kebesaran Alloh…Dan sebaliknya hanya orang-orang yang kurang akalnya lah yang keluar dari Islam.
    Subhanalloh….’Afwuminkum…..

  5. Agama Islam adalah agama evolusi sejak daripada Nabi Adam A.S lagi. Semoga kalian mendapat hidayah Islam. Selama Berpuasa.

  6. sebenernya mereka juga tau bahwa islamlah agama yang paling masuk akal, hanya saja mereka tidak bisa mengalahkan rasa ego yang ada pada diri mereka sendiri,

    seperti pengalaman dari perdebatan dengan seorang pendeta,
    pada akhir perdebatan, pendeta itu berkata “saya mengakui bahwa islam itu agama yang paling baik, hanya saja saat ini saya sedang membawa misi”

    jadi jelas bukan karena mereka tidak tau, hanya mereka menolak.

  7. Saya islam karena keturunan. Waktu kuliah di yogya, temen non muslim nanya, “kenapa beragama islam?”. Dari sana menjadi tonggak mendalami islam secara cerdas. Tuhan harus menurunkan aturan hidup manusia agar tidak kacau. Dan aturan lengkap hanya ada dalam islam. Kencing saja ada aturanya….Untuk mempertebal ke islaman, baca buku/ internet ttg keajaiban al kuran yang dapat dipahami hanya dg akal.

  8. aku pernah membaca memahami islam setelah masuk kristen dan sekarang aku membaca artikel mamahami kristen setelah masuk islam
    aneh yah,…..
    mang masing masing sebelumnya ngak paham yah…
    tapi kepercayaan itu baik kok asal tidak membuat dan menjelekan agama orang lain atau mempertentangkannya seperti artikel ini

    aneh yah,…
    apa baiknya sih menjelekan agama orang lain
    dalam bersaksi lebih baik membuat kebaikan agama kepercayaan kamu ajah tanpa membuat kejelekan agama orang lain
    mang dimata orang lain agamamu yang paling benar
    ???
    masing masing memiliki mata dan hati sendiri dan berbeda
    ok

    JADI DALAM BERSAKSI TUH JANGAN MENGKAMBING HITAMKAN AGAMA ATAU OKNUM YANG LAIN
    KARNA SAT KAMU MELAKUKANNYA SEMAKIN TERLIHAT KEBURUKANMU

    MERDEKA

  9. menurut saya keyakinan itu adalah hak setiap orang,terserah dia mau milih yg mana.karena Tuhanpun tak pernah memaksa kita.Dia menunjukan 2 jalan,dan ujung dari jalan tersebut ( Sorga & Neraka )tp Yesus gak pernah maksa kita harus ikut ini atau itu.lagian seseorang atau agama itu dikenal dari buahnya.kalau buahnya baik orang lainpun pasti akan tertarik,tanpa kita harus menjelekjelekan agama yg lain.lebih baik mengoreksi kekurangan diri sendiri daripada sibuk menjelekjelekan agama orang lain,gak ada gunanya.sama seperti ini ” kenapa engkau melihat selumbar dimata saudaramu sedangkan balok dimata saudaramu tidak engkau ketahui”

  10. Saling Nasehat menasehati dlm hal kebaikan maupun kebenaran sangat dianjurkan dlm Islam, makanya mungkin blog ini dimaksudkan bahkan sebarkanlah walaupun hanya satu ayat itu kewajiban masalah nanti mau mendukung ataupun menolak itu urusan individunya masing2, & tidak pernah ada pemaksaan dlm islam krn islam pun memahami bagiku agamaku bagimu agamamu, menyangkut bom bunuh diri yg dikaitkan dg islam tidak ada pembenaran sedikitpun dlm ajaran islam bahkan ketahuilah islam melaknak orang2 yg memilih jalan mengakhiri hidup dg bunuh diri, bagi non muslim pelajarilah Islam dg seksama tanpa harus anda masuk islam terlebih dahulu akan membuat anda tahu hakekat islam yg sesungguhnya bukan atas dasar opini yg dipaksakan.

    wassalam

  11. Yang kalian pertentangkan itu apa sich?
    Ok, sebagai orang yang beragama kristen protestan, aku mengakui keberadaan Islam. Jumlah kalian banyak di Indonesia. Tapi ingat, Kristen juga agama. 4 tahun aku belajar perbandingan agama, Islamlah yang real dan masuk akal. aku tahu, banyak ayat-ayat alQur’an kalian yang terbukti kebenarannya, dan Perkataan Muhammad itu memang benar. aku mengakui Muhammad itu luar biasa, aku salut. tapi saran aku, kalian harus memperbaiki amalan kalian, agar image kalian tidak rusak. kalau sudah bagus kan tidak ada masalah. lha, ini membahas perselisihan yang tidak akan ada ujungnya. di kitab kalian juga menyebutkan, bahwa kita tidak akan pernah bersatu sampai kiamat, albaqarah mungkin suratnya.

  12. Saya seorang pengikut kristus Yesus. sbgai pengikutX sy cma mau bilang klu tidak satupun agama didunia ini yang dpt menyelamatkan manusia dari neraka jahanam… jd tdk ada gunax kita memprdbtkan agama siapa yg lbih baik. kita koreksi diri kita sndri… q jg da mndlmi mengenai Alquran dan saya mobilang sa jg percaya dan ykin dgn smua yg ada dalm Alquran itu benar… hanya sj kbykn diterjemahkn lain oleh saudara2 ku dibani kedar , sehingga pengaplikasiannya jd kurng tepat. Alquran sndri percya akan kelahiran smpe kmatian Yesus (isa) knp engikutx tidak? Alquran sndri percya Yesus(isa) itu Anak Allah… knp pengikutx tidak??? Alquran percya klu Yesus(isa) itu jalan yg lurus… ada apa dengan pengikutx.
    75% Alquran membicrakan Yesus kok… knp pengikutx tidak? ini menjdi tanda tanya besar buat saya???

  13. saya dahulunya seorang islam tulensaya bersekolah di madrasah dan melanjutkan ke pesantren di desa saya di sana saya di ajari bagaimana sembahyang dan kebaikan seorang muslim tetapi bagi saya itu semua palsu dan hanya rekayasa guru saya saja karena pernah saya bertanya apakah nanti ada jaminan masuk surga jika melakukan semua ajarannya karana nabi saja masih memohon ampunan agar nanti dosanya di ampuni di akhirat yg jadi pertanyaan saya bagaimana dia bisa membawa kita ke sorga jika dia sendri belum ada kejelasannya.guru mengaji saya hanya bisa berkata semua terserah pada yg di atas.saya tidak bisa lg mengikuti islam dan saya memlih keluar dan mencari ketenangan dan jaminan kelak di surga yg tidak saya dptkan dari agama yg saya pluk dulu dan saya berniat jika memang ada agama yang bisa menjamin saya akan nanti saya berjanji akan memeluk agama tersbut saya.bagi teman -teman yg mengetahui agama tersebut tolong dong informasikan.God Bless You

  14. sampai saat ini sy msh menjalankan kepercayaan saya sebagai seorang kristen dan menjadikan Alkitab sebagai panduan.

    seorang tetangga sy, seorang muslim juga msh menjalankan kepercayaannya dan keislamannya dengan Alquran sebagai pedomannya

    sedikit ilustrasi :
    paling tidak ketika saya menjalankan apa yang diperintahkan dalam “Sepuluh perintah Allah” maka saya akan menjadi baik dihadapan tetangga muslim saya.

    dan ketika tetangga muslim saya dengan baik melaksanakan ajaran islam dan syariatnya, maka baiklah ia menurut saya.

    dengan demikian, semua yang dilakukan saya dan tetangga saya sebagai manusia dimuka bumi ini akan baik adanya. sebaliknya, jika saya sebagai seorang kristen dan tetangga saya sebagai muslim tidak menjalankan perintah agamanya dengan baik maka buruklah keduanya dihadapan masing-masing.

    maka kesimpulannya, agama yang masing-masing kami anut adalah baik karena mengajarkan kebaikan, dan kami akan buruk jika kami tidak mengamalkan ajaran agama yang kami percayai sebagai jalan kebaikan.

    jadi, kenapa harus meributkan satu agama dengan agama lain ? padahal bukan agamanya yg menjadi persoalan. tetapi manusia sebagai penganutnyalah yg menjadi masalah utamanya…….

    sebagai kristiani, sy bangga dan salut kepada saudara saya yang mualaf, ketika ia lebih menemukan kepercayaan yang membawanya pada kebaikan dan dekat dengan penciptanya, lebih baik begitu dari pada ia buruk karena tetap pada agama sebelumnya yang ia tidak yakini, tidak ia amalkan dengan baik untuk menjadi manusia yang baik dihadapan manusia dan penciptanya.

    semoga Allah mengampuni dosa kita krn kita salah, dan memberikan berkah kepada kita karena kita baik.

  15. Mohon maaf, ahli kitab (Nasrani dan Yahudi) selalu berusaha memojokkan Islam dengan menafsirkan ayat-ayat al Quran seenaknya atau memotong-motong ayat al Quran untuk membenarkan keyakinannya. Dengan gamblang Allah berfirman “Dia (Allah) tidak beranak dan tidak diperanakkan (tidak punya ortu)” (Al Ikhlas ayat 3
    Dan dalam surah al Bayyinah ayat 6: “Sesungguhnya orang-orang kafir, yakni ahli kitab (termasuk Kristen) dan orang-orang musyrik (mempertuhankankan selain Allah) akan masuk ke neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itulah seburuk-buruknya makhluk.”

    Jadi tidak ada jalan keselamatan selain Islam, Islamlah satu-satunya agama yang diridhai Allah. Bila mengambil agama selain Islam, maka telah sesat dan tidak akan selamat. Ini firman Allah.

  16. Banyak orang menyangka bahwa TUHAN menciptakan agama,,, dari pembacaan kitab suci Agama Samawi (Taurat / Injil) tidak pernah YHWH meniciptakan Agama.. yang ada hanya perintah, ” KASIHILAH YHWH ELOHIMMU, DENGAN SEGENAP HATIMU DAN DENGAN SEGENAP JIWAMU DAN DENGAN SEGENAP AKAL BUDIMU” dan hukum yang kedua ” KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI” dari kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum taurat dan kitab para nabi…Kedua hukum inilah juga kependekan dari 10 hukum YHWH yang diberikan kepada MUSA di gunung Sinai…..

    Dan banyak juga orang menyangka bahwa sesembahan orang YAHUDI dan KRISTEN sama dengan Sesembahan Moslem.
    Bila kita selidiki berdasarkan ALKITAB dan ALQURAN, ternyata sangat jauh berbeda YHWH (sesembahan YAHUDI dan KRISTEN) tidak sama dengan ALLAH (sesembahan MOSLEM)

    Jadi untuk apa kita mempermasalahkan tetang kebenaran sebuah agama…Lah wong nama sesembahanya berbeda, jelas sumber fiman juga berbeda yang satu dari YHWH yang satu dari ALLAH……pasti nggak akan pernah gathuk…….

  17. setau saya …gak ada tuh yg nerangin klo ALLAH punya anak….
    masa’ Tuhan punya anak….klo Tuhan punya anak….trus tugasnya anak Tuhan apa…? apa juga ngatur alam ini….klo ngatur alam ini….berarti tuhannya lebih dari 1……..klo Tuhan lebih dari satu apa gak tabrakan tuh… tuhan yg satu pengen bumi muter ke kanan… yang satu pengen bumi muter ke kiri…. gimana jadinya dunia….

  18. Hmmmm saya seorang muslim, mungkin lebih baik jika kita masing-masing saling menjaga perasaan saudara kita? saya pernah berbincang-bincang tentang islam, kristen dan yanudi, bukankah dulunya mereka adalah keluarga? Jadi berarti penganut agama lain selain islam di indonesia juga adalah keluarga? hmmm mengenai orang-orang barat yang masuk islam setelah mempelajari islam sendiri sangat menginspirasi hidup saya untuk terus menjadi seorang muslim yang seutuhnya. Sangat sulit memang, tapi saya terus berusaha sampai saat ini. Bagi temen-temen yang non-muslim mungkin artikel seperti ini terasa pedas, hanya saja menurut hemat saya artikel seperti ini ditunjukan untuk orang-orang muslim sendiri agar keimanan umat muslim semakin bertambah. Maaf untuk jawaban yang mungkin terlalu diplomatis, karena saya tidak ingin perpecahan karena masalah agama. Oh ya, tolong direvisi jika ada kesalahan 🙂

  19. saya heran dengan orang2 kristen bisanya mencercah orang beraga islam dan selaluuuu sekali lagi selaluuuuuu mengutip ayat alquran dgn cara di pelencengkan,tapi bertemu di dalam perdebatan langsung dengan orang2 islam,baik local maupun luar yang sudah di wakili orang2 hebat mereka ,mereka tidak bisa berkata apa2!!!,yang ada ya..3N ,.NGAWUR,NGACO,NGEYEL. ironisnya lg…. malah orang2 islam yang menghafal dan tahu ayat2,pasal2nya yg ad di al kitab…smntara mrk kbingungan sndri,..trus kalau ditanya dan tdk tau jawabannya ngeleesss…masih mau beljar lagilah,..masih mencari kebenaran lagilah…ujung2nya balik bertanya buat menutupi ketidak mampuannya menjawab dgn benar,mana lagi skrg pendeta2 berupya keras mengkristenkan orang2 islam dengan ayat2 alquran orang islam sendiri,lucuu.. gitu lho! ini pendeta pencari kebenaran atau PENcari duit DEngan TAktik,

  20. kenapa kristen dan islam selalu terjadi perdebatan, tidak dengan hindhu maupun budha. karena menurut banyak org banyak terjadi persamaan di keduanya. sedangkan menurut pendapat saya, kalau sudah berbeda ngapain disamakan, hak masing2 org buat memilih keyakinannya. mungkin memang kristen n islam serupa, tetapi tidak sama. karena TUHAN dan surganya pun berbeda menurut yang saya baca. di quran TUHAN nya adalah ALLAH, sedangkan di alkitab nama BAPA di surga tidak ada yang tau, kita hanya tau sifat2-NYA dan jalan menuju BAPA yaitu Jesus Kristus. surganya pun menurut islam, di sana manusia bersama istri dan ada bidadari bermata jeli, sedang menurut alkitab kita hidup seperti malaikat, kesenangan kita beda dengan kesenangan dunia dan tidak ada kawin dan dikawinkan apalagi disiapkan bidadari bermata jeli. dari situ kan sudah terlihat perbedaanya, jadi tinggal memilih sesuai keyakinan masing2 saja. yang jelas menurut saya islam dan kristen suatu ajaran yang berbeda tidak saling melengkapi satu dengan yang lain…….kalau ada yang salah tolong dibenarkan dengan dasar sesuai kitabnya masing2……thanx brooo n sistha

  21. yoi bro..gue stuju ama pendapat suhentra…perbedaan bukan untuk di jadikan alasan perpecahan…kepercayaan adalah masalah pribadi kita masing2 dengan sang pencipta..sooo..jgn membuat perpecahan karena seorang bule masuk muslim..mungkin aja itu suatu propoganda untuk mengahancurkan negara kita….

  22. You’re confused about the teaching of Christian, just because you don’t believe in Jesus Christ. Thats all. Anyone who don’t believe in Jesus will never understand the teaching of the Christian, even if he/she is the most genius person in the world. Don’t compare the teaching of Christian and Islamic, because the basic of the teaching of a Christian is BELIEVE and LOVE.

  23. gw seorang kristiani yg fanatik (alias pegikut YESUS KRISTUS) tp dlm web ni sech saya no comment saja, sbab prinsip gw sech spt yg YESUS katakan ” BERBAHAGIALAH KAMU YG DIHINA ” karna besarlah upahmu di surga, ” BERBAHAGIALAH KAMU YG KARNA AKU ENGKAU DIHUJAT SEBAB BESARLAH UPAHMU DISURGA ”
    biar yg sesat terus berbuat sesat dan biarlah yg baik terus berbuat kebaikan, sebab hidup bawa masing2, jadi barangsiapa yg mengkhianati YESUS dgn menyembah tuhan lain selain YESUS dia akan sama spt ” yudas iskariot ” yg tdk diterima YESUS masuk dlm KERAJAAN ALLAH lbh baik yg tdk mengenal YESUS namun percaya kepadaNYA. YESUS MEMBERKATI kita semua manusia>>>>>>>>

  24. islam…yakin bener,,kristen gak bner..kalo orang islam jadi teroris atau bom bunuhdiri,,bukan agamnya yg salah..tp oknumnya,, itu semua krn oleh sikap dunia barat,yg punya kekuatan militer dan yg mayoritas kristen..telah,,menyerang saudra muslim di timur tengah..afganistan dan negara2 islam lainya… intinya itu yg membuat teroris dendam,..jadi sekali lagi jangan salahkan ..agama islamnya…kalo agamanya 100 persen bener.. dan yaqin.. dibandingakn kristen..kalian bisa debat terbuka kok kalo mau tentang kebenran islam kristen.. aku yakin kristen,, selama ini kalah,,dalam hal kebenran agama,,samawi. yesus sendiri selaa ini juga tidak pernah ciptakan..agama yg namanya kristen..selain slimuran sendiri dr pengikutnya yg disrempetkan dgn istilah crist…ataupun ,,ttg natal,,krn dia bukan lahir tgl 25 des..sekian

  25. saya mau ikutan, maaf saya cuman pengen tau jawaban, wahai orang nasrani kenapa engkau memakan babi? padahal jelas di larang dalam bible. kenapa engkau menganggungkan hari minggu? padahal engkau di suruh mengaggungkan hari sabat. jika yesus tuhan, sebelum yesus di lahirkan yesus/tuhan di mana? kenapa yesus sebagai tuhan tdk dapat berbuat sekehendak sendiri? kenapa yesus/tuhan disunnat? kenapa yesus/tuhan bisa di cobai oleh iblis? kenapa dosa adam di wariskan kepada keturunanya? kenapa jika engkau berdoa dengan bernyanyi? padahal tidak di ajarkan dalam bible. kenapa ada natal padahal tdk ada ajaran demikian dalam bible? pancasila yang kesatu adalah ketuhanan yang maha esa, tapi kenapa kristen yang trinitas boleh ada di Indonesia? yesus mati di kafani kenapa kalian di dandani bagaikan penganten?

  26. semua orang akan menganggap agamanya sendiri yg paling benar, so..kenapa harus berusaha mencari tahu ajaran agama orang lain kalau hanya untuk diperdebatkan…yang kemudian akan menjadi masalah perpecahan? jadi, kalau masing2 agama merasa ajarannya yg paling benar, dan merasa agama yg lain tdk benar maka tugasmu doakanlah agama lain yg kamu rasa tidak benar itu…dari pada berdebat ga akan pernah habis…. “Jangan menilai sesuatu salah atau benar sebelum anda mengenalnya lebih dalam”

  27. Agama yang benar adalah agama yang tidak memperjualbelikan sorga dengan tiket pengampunan dosa, hanya orang yang bodoh yang mau menanggung dosa orang lain, ini tidak masuk akal

  28. Sejak ayat “Bagimu agamamu bagiku agamaku” Islam tidak diharuskan berda’wah ke penganut agama lain karena itu melanggar toleransi beragama, mereka yang masuk ke agama islam,adalah orang orang yang tidak menemuka kepuasan rohani/spiritual dari agama yang dianut sebelumnya ,sehingga mereka mencari-cari dari satu agama ke agama lain sampai akhirnya menemukan islam, mengapa islam yang terakhir ? karena sebelumnya mereka adalah orang-orang yang benci kepada islam, islam adalah alternatif terakhir ketika sudah tidak ada agama lain lagi yang bisa dipilih, mereka mesucika pikirannya, membersihkan hatinya dari kebencian yang tidak mendasar, dan akhirnya memilih islam atas kesadaranya tanpa ada pakasaan, mereka dari kalangan pendeta, ilmuwan, mereka bukan orang bodoh, mereka telah mempertaruhkan segalanya, pangkat , jabatan , harta dan keluarga untuk memilih islam Allah tidak akan menyianyiakan pengorbanan mereka, amin
    Sebetulnya banyak dari kalangan pendeta yang sudah menyadari hal ini, akan tetapi mereka masih takut kehilangan tunjangan2, pangkat dan jabatan yang mereka duduki sekarang

  29. kl islam dibilang teroris,bagaimana dengan amerika yang tiap hari bunuh orang islam.ngebom orang islam.banyak bayi dan wanita terbunuh sebenarnya merekalah teroris sejati….

  30. mengapa yang masuk Islam kebanyakan orang terhormat di agamanya seperti Pastur, Pendeta sedangkan dari Islam yang masuk agama Non Muslim hampir keroco2 dalam arti Islam yang gak tahu apa2 katakanlah orang2oon, hal ini membuktikan kebenaran Islam dimata para Pendeta dan Pastur tadi adalah benar logik tak ada keraguan, luar biasa ……tinggal yang lain barangkali menyusul Islam merekrut umat tidak pernah ada dengan iming2 atau hadiah2 murni mereka masuk dengan keyakinan yang dimiliki, sementara muslim keluar hampir karena unsur perut, rayuan2, hadiah2 dll.
    Astaghfirullahal’adziim wahai saudaraku muslim yang keluar (murtad) segera kembalilah ke jalan yang benar pasti Allah menerima dan memaafkan atas kesalahan hambanya.!

  31. wahai orang kristen udh tau ajaran kalian itu salah alias menyimpang..kanapa masih di ikuti???…cepetan kalian masuk islam daripada kalian dalam kesesatan atau kekapiran dengan mentigakan allah..itu dosa yang tidak akan pernah di ampuni sampai kapanpun…mumpung kalian masih hidup buruan kalian bertobat dengan masuk islam.karena orang yang masuk islam meskipung penjahat,maling,rampog dll di jamin masuk surga juga lhooo yang penting kalian islam dulu pokoknya..dan perbanyaklah kalian membaca sholawat kepada nabi saya muhamad saw.ok..to thank

  32. Aku punya bos di kerjaanku, kadang dia selalu memojokan islam (padahal aku muslim) setiap kulakukan pembelaan selalu dia pintar menjawab. Aku justru semakin kesal ama dia yang selalu memojokan Islam, dan aku selalu berusaha menjelaskan jika seorang muslim berkelakuan tidak baik itu bukan aturan dari agamanya tapi dari oknumnya karena dalam Islam selalu mengajarkan kebaikan. Cuma anehnya dia seorang kristen protestan tapi dia lebih condong ke katholik katanya kristen protestan itu udah banyak di modifikasi dan agama yang paling benar adalah khatolik. Lalu aku bertanya kepada dia “kenapa gak pindah ke khatolik pak?” katanya repot urusannya. Aneh ya? meyakini satu agama tapi nangkring di agama yang lain. Apa tuh kalo gak munafik namanya? Terjebak dengan keyakinan yang tidak sesuai dengan hatinya. Emank di kristen kalo pindah agama sulit banget ya? Katanya harus laporan di GKI pusat. Mana buktinya kalo memberi kebebasan beragama?