Pengaruh Islam di Benua Amerika 4

Sekali-kali cobalah Anda membuka peta Amerika. Telitilah nama tempat yang ada di Negeri Paman Sam itu. Sebagai umat Islam, pastilah Anda akan dibuat terkejut.

Apa pasal? Ternyata begitu banyak nama tempat dan kota yang menggunakan kata-kata yang berakar dan berasal dari bahasa umat Islam, yakni bahasa Arab.

Tak percaya? Cobalah wilayah Los Angeles. Di daerah itu ternyata terdapat nama-nama kawasan yang berasal dari pengaruh umat Islam. Sebut saja, ada kawasan bernama Alhambra. Bukankah Alhambra adalah nama istana yang dibangun peradaban Islam di Cordoba?

Selain itu juga ada nama teluk yang dinamai El Morro serta Alamitos. Tak cuma itu, ada pula nama tempat seperti; Andalusia, Attilla, Alla, Aladdin, Albany, Alcazar, Alameda, Alomar, Almansor, Almar, Alva, Amber, Azure, dan La Habra.

Setelah itu, mari kita bergeser ke bagian tengah Amerika. Mulai dari selatan hingga Illinois juga terdapat nama-nama kota yang bernuansa Islami seperti; Albany, Andalusia, Attalla, Lebanon, dan Tullahoma. Malah, di negara bagian Washington terdapat nama kota Salem.

Pengaruh Islam lainnya pada penamaan tempat atau wilayah di Amerika juga sangat kental terasa pada penamaan Karibia (berasal dari bahasa Arab). Di kawasan Amerika Tengah, misalnya, terdapat nama wilayah Jamaika dan Kuba. Muncul pertanyaan, apakah nama Kuba itu berawal dan berakar dari kata Quba – masjid pertama yang dibangun Rasulullah adalah Masjid Quba. Negara Kuba beribu kota La Habana (Havana).

Di benua Amerika pun terdapat sederet nama pula yang berakar dari bahasa Peradaban Islam seperti pulau Grenada, Barbados, Bahama, serta Nassau. Di kawasan Amerika Selatan terdapat nama kota-kota Cordoba (di Argentina), Alcantara (di Brazil), Bahia (di Brazil dan Argentina). Ada pula nama pegunungan Absarooka yang terletak di pantai barat.

Menurut Dr A Zahoor, nama negara bagian seperti Alabama berasal dari kata Allah bamya. Sedangkan Arkansas berasal dari kata Arkan-Sah. Sedangkan Tennesse dari kata Tanasuh. Selain itu, ada pula nama tempat di Amerika yang menggunakan nama-nama kota suci Islam, seperti Mecca di Indiana, Medina di Idaho, Medina di New York, Medina dan Hazen di North Dakota, Medina di Ohio, Medina di Tennessee, serta Medina di Texas. Begitulah peradaban Islam turut mewarnai di benua Amerika. hri (republika)

( )

4 thoughts on “Pengaruh Islam di Benua Amerika

  1. Begu Jun 20,2008 12:18

    Alaaah…bulshit…semuanya terlalu dipaksakan.
    yg merupakan fakta adalah banyaknya kata2 non-muslim yg ada di negara2 muslim,contohnya:sony,philip,toshiba,mercedez,green sand,red bull,rock n roll,dll….itu baru asli.

  2. Gube Jun 21,2008 14:14

    Alaaah,, Begu kagak ngarti isi tulisan. Tulisan “bicara” ke selatan. Lo komen ke “utara”. Jaka sembung bawa golok tuh namanya 😀

    Belajar lagi dah sono. Jangan benci ama Islam gitu deh! Kok kayaknya lo sinis banget ama Islam. Jangan2 emang bukan Islam.. 🙂

  3. Riades Jun 21,2008 20:02

    Begu…… ni nih yg namanya komentar yg gak berbobot, gak pny nilai, gak memberi manfaat bwat yg lain. Isinya cuma sentimasi doank. Klo memang pengaruh Islam ada di amerika bahkan di seluruh dunia sekalipun, itu bukanlah hal yang dipaksakan, karena sesungguhnya seluruh jagad raya ini milik ALLAH SWT. amerika hanya bangsa kecil jika dibandingkan seluruh jagad ini. Begu…., cobalah lbh bnyk membaca dan belajar spy koment nya lebih berbobot yah.

  4. aszhrea Jul 1,2008 14:05

    iiya..
    s7 m k riades..

Comments are closed.

%d bloggers like this: