Syauqi, Muncul di Tengah Kelesuan Nasyid 3

Judul Album: Rajin-Rajinlah | Grup Nasyid: Syauqi | Produksi: Risalah Production dan Naw Production | Info dan Pemesanan CD Syauqi: +6285691307396 | +622191765625

syauqiGrup nasyid asal Depok ini mencoba menawarkan genre nasyid yang mengingatkan saya kepada salah satu grup nasyid asal Malaysia, Raihan. Meski tidak sama persis, tetapi bagi saya dan telinga par5a pendengar lainnya yang akrab dengan Raihan akan menemukan rasa Raihan dalam album-album Syauqi. Baik lirik maupun musiknya easy listening. Ringan, menghibur dan mudah dihapal liriknya. Namun demikian, urusan vokal pasti sangat berbeda. Punya ciri khas tersendiri. Kualitas vokalnya lumayan oke juga.

Album Rajin-Rajinlah dibuka dengan lagu pertama berjudul “Shalatlah”, lalu “3 Tanda Orang Sholeh” dan empat lagu lainnya. Ada yang menarik dalam lagu “Suratan Badan”. Arrangment musiknya yang rapi dan mixingnya bersih membuat lagu ini terasa nikmat didengarkan lirik-liriknya. Meski sedikit mendayu-dayu, ini karena isi liriknya yang merupakan perenungan.

Entah Syauqi hadir pada saat yang tepat atau kurang tepat. Tapi yang pasti kehadirannya memberikan alternatif nasyid di tengah kelesuan nasyid secara umum. Sejak band-band konvensional menyerbu dengan lagu-lagu religi yang muncul setiap Ramadhan, masa kejayaan nasyid mulai pudar. Pendengar remaja pada umumnya lebih menyukai lagu-lagu dari musisi idola mereka yang memang sudah dikenalnya melalui lagu-lagu umum sebelumnya. Band-band seperti Ungu, Wali, ST 12, Gigi, termasuk yang ikut menembus pasar penyuka musik religi. Dengan kualitas vokal dan arransmen musik yang sudah mapan, mereka hanya tinggal mengolah liriknya saja. Dan, memang bagus-bagus dan digandrungi pendengar setianya.

Namun demikian, sebenarnya masih ada pasar fanatik para pendengar nasyid, meski jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan pendengar musik pop pada umumnya. Inilah yang barangkali ingin dibidik oleh grup-grup nasyid ‘tradisional’. Syauqi, sepertinya ingin bertahan pada segmen tersebut. Syauqi mencoba mengandalkan kekuatan pada lirik nasyid, dan mengemas dengan musik yang menjadi penarik perhatian pendengar awam tentang nasyid yang biasanya lebih banyak accapela. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan nasyid-nasyid dari Syauqi. Rasakan sensasinya. Meski anda yang terbiasa dengan Raihan mungkin akan menyangka Syauqi mengekor kesuksesan Raihan. Tetapi menurut saya, Syauqi hanya memanfaatkan inspirasi dari pendahulunya, mengolah dan mengemasnya dengan lebih baik lagi sesuai kreativitas yang mereka miliki. Tetap asik untuk didengarkan, kok. Namun, saya memiliki catatan khusus: Mungkin pada album berikunya, lagunya diperbanyak dalam satu album dan liriknya lebih ‘menggigit’ dalam menerjemahkan fenomena kehidupan yang ada. Jadi, lagu-lagunya terinspirasi dari kondisi perkembangan kehidupan. Agar terasa lebih dekat dan membumi.

Salam,

O. Solihin

3 thoughts on “Syauqi, Muncul di Tengah Kelesuan Nasyid

  1. Khoirul Banin Dec 2,2010 23:59

    Sukses buat Nasyid SyauQi ya, semoga karya-karyanya dapat diterima dikalangan masyarakat luas…!!

    saya habis dengarin lagu2 di CD albumnya,,,,hemmh…subhanalloh bagus sekali ya…!!! jadi ingat lagu2 tim Nasyid Arroyyan dulu….^_^

    sukses selalu buat Nasyid SyauQi ya…

  2. bambang sukimin Mar 25,2011 09:48

    assalamu’alaikum wr,wb.
    setelah saya mendengarkan syair dan lagunya yg di lantunkan oleh group syauqi,hati saya merasa lemas ingat akan2 dosa2,,,,trim’s ya s’moga syauqi terus maju dan jaya dalam berkarya,amin.

  3. wahyu santoso Sep 27,2011 21:52

    asalamualaikum,,
    maju terus pantang mundurrrrrr untuk SYAUQI,,,,salam buat mas Agnan,,

Comments are closed.

%d bloggers like this: