Keyakinan Bukan Warisan

gaulislam edisi 509/tahun ke-10 (30 Syawwal 1438 H/ 24 Juli 2017)     Sobat gaulislam, masih ingat sama Afi Nihaya, kan? Ini bukan maksud nginget-nginget lagi. Tetapi ini sekadar mencoba ikutan bahas walau udah lama telatnya. Hehehe… (eh, bukan soal basi atau nggak lho, tapi ini sekadar menambah perbendaharaan wawasan aja biar makin banyak yang ...

Remaja Cerdas Bertakwa

gaulislam edisi 502/tahun ke-10 (10 Ramadhan 1438 H/ 5 Juni 2017)   Setiap orang senang jika bisa cerdas atau minimal disebut cerdas (walau faktanya nggak). Istilah cerdas hampir semua orang tahu. Secara sederhana cerdas biasa dipahami sebagai istilah untuk menunjukkan kepandaian atau kepintaran seseorang. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sempurna perkembangan akal budinya (untuk ...

Toleransi Itu Membiarkan

gaulislam edisi 478/tahun ke-10 (19 Rabiul Awwal 1438 H/ 19 Desember 2016)   Ya, biarkanlah. Memang begitu adanya. Membiarkan artinya tidak ikut melibatkan diri ke dalam pusaran. Terkait dengan toleransi dalam menjalankan keyakinan agama, ya biarkan saja. Jangan ada saling memaksakan dan coba-coba melibatkan diri di dalamnya. Nggak ada urusan, gitu lho. Seharusnya memang begitu. ...

Agamamu Bukan Agamaku

gaulislam edisi 322/tahun ke-7 (20 Safar 1435 H/ 23 Desember 2013) Dear sobat gaulislam, bertahun-tahun hidup di Indonesia dengan muslim sebagai mayoritas penduduk sebenarnya membuat saya ‘kagum’ karena di bulan Desember yang belum juga nyampe tanggal 25 udah penuh dengan nuansa hari raya Natal. Lihat aja tayangan-tayangan tv udah mulai siap dengan film-film bernuansa Natal. ...

Jaga Akidahmu, Sobat!

gaulislam edisi 270/tahun ke-6 (11 Safar 1434 H/ 24 Desember 2012)   Indonesia. Yeeeha! Kalau udah ngebahas negeri kita ini emang nggak ada abisnya. Gimana nggak, Indonesia itu kan negara kepulauan terbesar di dunia yang tentunya memiliki suku, bahasa, budaya, adat, bahkan aliran agama yang suangaaat buwanyak. Emang sih, kita semua tahu kalau mayoritas penduduk ...

“Agama Sepak Bola”

 gaulislam edisi 242/tahun ke-5 (21 Rajab 1433 H/ 11 Juni 2012) Opening Ceremony Euro 2012 dilakukan di National Stadium Warsawa, Polandia, 8 Juni 2012 lalu.Tanda dimulainya gelaran empat tahunan ajang sepak bola bergengsi di benua biru tersebut. 16 negara berjibaku menjadi jawara Eropa. Lebih dari tiga pekan ke depan hajatan sepak bola Piala Eropa digelar. ...

Tak Ada Kebebasan Beragama!

gaulislam edisi 218/tahun ke-5 (1 Shafar 1433 H/ 26 Desember 2011) Wedew, tema gaulislam pekan ini ‘serem’ banget (bagi yang menganggapnya demikian, dan sekadar tema biasa aja bagi yang memiliki anggapan sebaliknya). Okelah itu bukan soal tema serem or tema manis. Judul ini memang terinspirasi dari kondisi saat ini, di mana orang bebas memeluk agama ...

Masalah Kata “Allah” di Malaysia dan Indonesia (Siapa Pelanjut agama Ibrahim?) – (2)

Oleh Dr. Adian Husaini Sebagaimana konsep Islamic worldview (pandangan-alam Islam) yang ditandai dengan karakteristiknya yang otentik dan final, maka konsep Islam tentang Tuhan, menurut Prof. Syed Muhammad Naquib al-Attas,  juga bersifat otentik dan final. Itu disebabkan, konsep Tuhan dalam  Islam, dirumuskan berdasarkan wahyu dalam al-Quran yang juga bersifat otentik dan final. Konsep Tuhan dalam Islam ...
%d bloggers like this: