Malu Pada Agamamu

gaulislam edisi 738/tahun ke-15 (8 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 13 Desember 2021) Bro en Sis rahimakumullah, sebagai muslim tentu aja mestinya bangga dengan agama kita, Islam. Gimana pun juga, kalo udah memilih Islam sebagai agama kita, maka harus menunjukkan jati diri sebagai umat Islam, sebagai kaum muslimin. Kalo sampe ngaku muslim tapi perilaku jauh dari ...

Jangan Murtad!

gaulislam edisi 732/tahun ke-15 (25 Rabiul Awwal 1443 H/ 1 November 2021) Kalo kamu ngikutin pemberitaan di media massa dan juga obrolan di media sosial, kayaknya ngeh juga dong dengan berita tentang seorang tokoh nasional yang mau pindah agama. Ya, dia rencananya (sesuai publikasi yang beredar) mau pindah ke agama Hindu dari agama Islam. Waduh, ...

Generasi Faqih Fi-Gim

gaulislam edisi 730/tahun ke-15 (11 Rabiul Awwal 1443 H/ 18 Oktober 2021) Kepengennya sih, mumpuni dalam ilmu agama, ya, faqih fiddiin. Paham dalam ilmu agama. Ortu pasti seneng kalo ada anaknya yang ngerti dan mengamalkan urusan agama. Namun saat ini, ketika permainan seolah menjadi hiburan wajib, malah jagonya, ya dalam urusan main-main. Muncullah istilah faqih ...

Kita dan Ulama

gaulislam edisi 691/tahun ke-14 (5 Jumadil Akhir 1442 H/ 18 Januari 2021) Tanggal 14 Januari 2021 lalu, Syekh Ali Jaber wafat. Banyak orang kehilangan, bukan saja keluarganya, tetapi juga para jamaah beliau, bahkan kaum muslimin secara umum. Beliau sering mendakwahkan tentang al-Quran. Pentingnya kaum muslimin selalu bersama al-Quran. Ulama yang hafal al-Quran ini sangat populer ...

Setop Mager, Jangan Baper

gaulislam edisi 685/tahun ke-14 (22 Rabiul Akhir 1442 H/ 7 Desember 2020) Sobat gaulislam, jumpa lagi di setiap hari Senin, ya. Edisi kali kita akan bahas tema yang ringan dan mungkin lucu. Kalo nggak lucu, ya anggap saja lucu supaya bisa terhibur. Kalo ternyata nggak lucu dan malah bikin stres, maafkan saya karena kadang nggak ...

Keyakinan Bukan Warisan

gaulislam edisi 509/tahun ke-10 (30 Syawwal 1438 H/ 24 Juli 2017)     Sobat gaulislam, masih ingat sama Afi Nihaya, kan? Ini bukan maksud nginget-nginget lagi. Tetapi ini sekadar mencoba ikutan bahas walau udah lama telatnya. Hehehe… (eh, bukan soal basi atau nggak lho, tapi ini sekadar menambah perbendaharaan wawasan aja biar makin banyak yang ...

Remaja Cerdas Bertakwa

gaulislam edisi 502/tahun ke-10 (10 Ramadhan 1438 H/ 5 Juni 2017)   Setiap orang senang jika bisa cerdas atau minimal disebut cerdas (walau faktanya nggak). Istilah cerdas hampir semua orang tahu. Secara sederhana cerdas biasa dipahami sebagai istilah untuk menunjukkan kepandaian atau kepintaran seseorang. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sempurna perkembangan akal budinya (untuk ...

Toleransi Itu Membiarkan

gaulislam edisi 478/tahun ke-10 (19 Rabiul Awwal 1438 H/ 19 Desember 2016)   Ya, biarkanlah. Memang begitu adanya. Membiarkan artinya tidak ikut melibatkan diri ke dalam pusaran. Terkait dengan toleransi dalam menjalankan keyakinan agama, ya biarkan saja. Jangan ada saling memaksakan dan coba-coba melibatkan diri di dalamnya. Nggak ada urusan, gitu lho. Seharusnya memang begitu. ...

Agamamu Bukan Agamaku

gaulislam edisi 322/tahun ke-7 (20 Safar 1435 H/ 23 Desember 2013) Dear sobat gaulislam, bertahun-tahun hidup di Indonesia dengan muslim sebagai mayoritas penduduk sebenarnya membuat saya ‘kagum’ karena di bulan Desember yang belum juga nyampe tanggal 25 udah penuh dengan nuansa hari raya Natal. Lihat aja tayangan-tayangan tv udah mulai siap dengan film-film bernuansa Natal. ...

Jaga Akidahmu, Sobat!

gaulislam edisi 270/tahun ke-6 (11 Safar 1434 H/ 24 Desember 2012)   Indonesia. Yeeeha! Kalau udah ngebahas negeri kita ini emang nggak ada abisnya. Gimana nggak, Indonesia itu kan negara kepulauan terbesar di dunia yang tentunya memiliki suku, bahasa, budaya, adat, bahkan aliran agama yang suangaaat buwanyak. Emang sih, kita semua tahu kalau mayoritas penduduk ...
%d bloggers like this: