Santri Kurang Adab

 gaulislam edisi 578/tahun ke-12 (11 Rabiul Awwal 1440 H/ 19 November 2018)   Assalaamualaikum, temen-temen semua, pembaca setia gaulislam yang insyaa Allah dirahmati oleh Allah. Alhamdulillah, buletin ini masih diberi kesempatan untuk menemani kalian dalam menuntut ilmu. Eh, ngomong-ngomong tentang mencari ilmu, pas banget di edisi kali ini saya akan membahas tentang santri. Tidak hanya ...

Remaja Tanpa Amarah dan Cinta

 gaulislam edisi 576/tahun ke-12 (27 Shafar 1440 H/ 5 November 2018)   Jujur aja nih, saat menuliskan judul untuk edisi kali ini, inspirasinya adalah dari masa lalu. Lho? Iya. Sekira saya kelas 2 atau kelas 3 SMK (kalo dihitung dari tahun sekarang ya 27 or 28 tahun yang lalu—ih, jadi ketahuan deh usia yang nulis). ...

Ramadhan Datang Kembali

gaulislam edisi 501/tahun ke-10 (3 Ramadhan 1438 H/ 29 Mei 2017)   Sobat gaulislam, tanpa terasa, eh, tahu-tahu sudah Ramadhan lagi. Waktu penantian satu tahun lamanya, yang kedengarannya begitu lama, ternyata terasa cepat manakala sudah kita lalui. Maka selamat datang kembali. Inilah Ramadhan. Bulan dimana pahala kebaikan dilipat gandakan, pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ...

Bro, Kamu Sehat?

gaulislam edisi 480/tahun ke-10 (3 Rabiul Akhir 1438 H/ 2 Januari 2017)   Hehehe bukan mau nge-buly or ngeledekin kamu, lho. Ini sekadar menyindir. Ih, sama aja dong? Emang! Tapi kamu udah tahu kan istilah “sehat” ini? Iya. Sebagian besar pastinya tahu, yakni lawan dari sakit. Lebih lengkapnya, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), se·hat ...

Toleransi Itu Membiarkan

gaulislam edisi 478/tahun ke-10 (19 Rabiul Awwal 1438 H/ 19 Desember 2016)   Ya, biarkanlah. Memang begitu adanya. Membiarkan artinya tidak ikut melibatkan diri ke dalam pusaran. Terkait dengan toleransi dalam menjalankan keyakinan agama, ya biarkan saja. Jangan ada saling memaksakan dan coba-coba melibatkan diri di dalamnya. Nggak ada urusan, gitu lho. Seharusnya memang begitu. ...

Kamu Tidak Patut

gaulislam edisi 433/tahun ke-9 (29 Rabiul Akhir 1437 H/ 8 Februari 2016)   Wah, judulnya udah ngajak perang nih. Pake nulis nggak patut segala. Provokasi tuh! Sabar Bro en Sis. Ini bukan ngajak perang, tapi ngajak berantem (#eh). Hmm.. tidak patut dalam hal apa ya? Nanti kamu bisa tahu setelah baca sampai selesai dari tulisan ...

“Aku Muslim, Kamu?”

gaulislam edisi 374/tahun ke-8 (30 Safar 1436 H/ 22 Desember 2014)   Sobat gaulislam, biasanya menjelang akhir tahun kaum muslimin disibukkan dengan hal-hal berkaitan dengan momen perayaan agama lain, khususnya umat Kristen, yakni perayaan natal dan juga perayaan tahun baru masehi. Mengapa jadi disibukkan? Ya, sejak awal Desember pro-kontra terhadap masalah ini runyam dan selalu ...

Cinta Tapi Beda Akidah

gaulislam edisi 330/tahun ke-7 (17 Rabiul Tsani 1435 H/ 17 Februari 2014)   Aduh, tema beginian bisa mancing orang untuk penasaran. Bisa juga mancing amarah orang yang nggak suka diusik hawa nafsunya (maklum, pengen beda katanya—jadi malah milih yang beda agama sebagai pacarnya). Tetapi, bisa juga tema ini menjadi bahan untuk dakwah. Yup, kalo gitu ...

Apa Kabar Kaum Muslimin?

gaulislam edisi 304/tahun ke-6 (12 Syawal 1434 H/ 19 Agustus 2013)   Bagi kamu yang ngikutin perkembangan berita sepekan terakhir ini, masih terasa suasana hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus), pastinya tahu juga dong peristiwa di Mesir? Mengetahui juga dong kejadian-kejadian seputar arus balik mudik lebaran? Mungkin juga ngeh hal-hal yang berkaitan dengan kasus penembakan polisi ...

Emang Gaya, Kalo Ditato?

  gaulislamedisi 273/tahun ke-6 (2 Rabi’ul Awwal 1434 H/ 14 Januari 2013)   Siapa sih kita? Pertanyaan ini biasa dan mungkin sederhana sekali, tapi cukup susah dijawab. Kalo kita udah bisa jujur kepada diri kita sendiri, yakin deh bahwa kita juga bisa jujur kepada orang lain dan mau memahami cara pandang orang lain. Mengenali diri kita ...
%d bloggers like this: