Dibelenggu “Setan Gepeng”

gaulislam edisi 742/tahun ke-15 (7 Jumadal Akhir 1443 H/ 10 Januari 2022) Istilah ini saya pernah baca (atau dengar?) di media sosial. Entah siapa yang memulai pertama kalinya penyebutan istilah ini yang merujuk kepada penggunaan handphone yang lebih banyak mudharat-nya. Ya, bentuk ponsel atau smartphone ini memang gepeng. Sehingga ketika pemiliknya tidak menjadikan benda ini ...

Boneka Arwah Merusak Akidah

gaulislam edisi 741/tahun ke-15 (29 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 3 Januari 2022) Lagi rame nih, boneka arwah alias Spirit Doll. Sebenarnya nggak ada yang baru soal ini, tetapi karena ‘di-endorse’ banyak selebriti, jadinya viral (menurut istilah sekarang). Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Nora Alexandra, dan Celine Evangelista adalah beberapa selebriti yang tercatat ‘mengadopsi’ boneka arwah yang ...

Putih adalah Putih

gaulislam edisi 739/tahun ke-15 (15 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 20 Desember 2021) Judulnya aneh nggak, sih? Mau ngomongin warna? Hmm… pengen nulis judulnya lebih panjang, cuma khawatir nggak enak dibaca. Pengennya begini judulnya: “Putih adalah putih, hitam adalah hitam. Tak akan bercampur keduanya kecuali bagi yang menginginkannya”. Tuh, panjang banget, kan? Jadi malah nggak enak ...

Malu Pada Agamamu

gaulislam edisi 738/tahun ke-15 (8 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 13 Desember 2021) Bro en Sis rahimakumullah, sebagai muslim tentu aja mestinya bangga dengan agama kita, Islam. Gimana pun juga, kalo udah memilih Islam sebagai agama kita, maka harus menunjukkan jati diri sebagai umat Islam, sebagai kaum muslimin. Kalo sampe ngaku muslim tapi perilaku jauh dari ...

Mau, Tahu, Amalkan!

gaulislam edisi 737/tahun ke-15 (1 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 6 Desember 2021) Ada yang bilang, “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”. Jika itu kebaikan yang dikerjakan, alhamdulillah. Bersyukurlah. Namun, bagaimana jadinya jika yang dikerjakan sedikit demi sedikit dan lama-lama jadi bukit adalah dosa dan kesesatan? Duh, rugi berlipat-lipat itu mah. Jangan sampe deh! Bro en Sis ...

Nikmati Hidupmu!

gaulislam edisi 736/tahun ke-15 (24 Rabiul Akhir 1443 H/ 29 November 2021) Banyak orang saat ini was-was bin cemas dalam hidupnya. Serba takut, serba khawatir. Banyak masalahnya. Urusan sekolah, urusan pekerjaan, problem di rumah, ortu berpisah, kakak-adik nggak akur, keuangan pas-pasan, gagal ujian, kandas harapan dan seabrek masalah lainnya. Ketika semua itu dipikirin, baik sebelum ...

Bangga dengan yang Fana?

gaulislam edisi 735/tahun ke-15 (17 Rabiul Akhir 1443 H/ 22 November 2021) Gimana rasanya punya uang banyak? Seneng udah pasti, ya. Selain uang, sebagai manusia kita juga pernah (atau sering?) mencintai harta benda semisal sepeda motor, jam tangan, jaket, sepatu, handphone, mobil, dan seabrek kesenangan duniawi lainnya. Itu nggak bisa dipungkiri. Namun, nggak semua yang ...

Terkenang Masa Pacaran?

gaulislam edisi 733/tahun ke-15 (3 Rabiul Akhir 1443 H/ 8 November 2021) Ah, kalo saya sih nggak pernah pacaran, jadi ya nggak terkenang masa itu. Hehehe.. nggak percaya kalo saya nggak pacaran di masa remaja? Boleh aja sih kalo nggak percaya. Masa remaja dulu, saya belum pernah pacaran. Kalo suka sama lawan jenis, ya pernah ...

Siap Taat, Setop Maksiat!

gaulislam edisi 731/tahun ke-15 (18 Rabiul Awwal 1443 H/ 25 Oktober 2021) Baik dan buruk, benar dan salah, terpuji dan tercela adalah bagian dari ragam pertentangan. Ada yang berjuang untuk kebenaran, tetapi juga ada yang semangat berjuang untuk kesalahan. Umumnya orang yang waras adalah para pencari kebaikan, tetapi mereka yang berada di jalur berseberangan dengannya, ...

Bagaimana Ilmu dan Amalmu?

gaulislam edisi 729/tahun ke-15 (4 Rabiul Awwal 1443 H/ 11 Oktober 2021) Nah, ini pertanyaan yang perlu kamu jawab, Bro en Sis. Sering sih saya menemukan di kalangan remaja seusia kamu, masih ada yang belum bisa konek antara ilmu dan amalnya. Belum bisa nyambungin antara ilmu dan amalnya. Mereka tahu ilmunya, tetapi tak beramal dengannya. ...
%d bloggers like this: