Lulus Sekolah! Setelah Itu Apa?

gaulislam edisi 499/tahun ke-10 (18 Sya’ban 1438 H/ 15 Mei 2017)   Udah akhir tahun ajaran, nih! Bro en Sis, khususnya yang SMP dan SMA jenjang akhir, udah pada ujian nasional, kan? Semoga hasilnya memuaskan, ya. Tapi, apa pun hasilnya, pastikan itu adalah yang terbaik. So, jangan terlalu kecewa, ya. Sekolah telah usai. Apa yang ...

Asyiknya Jadi Santri

gaulislam edisi 474/tahun ke-10 (21 Safar 1438 H/ 21 November 2016)   Bro en Sis, kali ini gaulislam mau ngebahas seputar asyiknya jadi santri. Ayo, ayo! Anak santri langsung merapat aja, ya. Kalo ada yang kepo tentang asyiknya jadi santri juga jangan ketinggalan. Why? Sebab gaulislam edisi kali ini bakal ngebahas tentang “Asyiknya Jadi Santri”. ...

“Aku Masih Bisa”

gaulislam edisi 459/tahun ke-9 (5 Dzulqa’dah 1437 H/ 8 Agustus 2016)   Jangan menyerah. Jangan berhenti. Jangan mengeluh. Sebaliknya, tanamkan dalam diri kita, “aku masih bisa!”. Dunia memang tak seindah mimpi (kecuali mimpi seram kali ya?). Tapi bukan berarti kita harus mengutuki nasib kita di dunia bila tak sesuai keinginan dan harapan kita. Jalani aja ...

Banyak Jalan Menuju Surga

gaulislam edisi 455/tahun ke-9 (6 Syawal 1437 H/ 11 Juli 2016)   Surga itu mempesona. Allah Ta’ala membuatnya khusus bagi orang-orang yang beriman dan senantiasa taat kepada-Nya dengan melakukan amal shalih. Tentu, kita semua berharap dan ingin sekali mendapatkan surga itu. Nah, amalan shalih apa saja yang bisa menjadi jalan menuju surga? Sobat gaulislam, langsung ...

Datang dan Pergi

gaulislam edisi 450/tahun ke-9 (1 Ramadhan 1437 H/ 6 Juni 2016)   Alhamdulillah, Ramadhan tahun 1437 H sudah datang. Hari ini, 6 Juni 2016 adalah hari pertama bulan Ramadhan. Artinya pula, ya ini hari pertama kita shaum. Semoga kita bisa memanfaatkan kesempatan yang belum tentu datang di tahun depan. Belum tentu pula umur kita bisa ...

Masa Depan Dakwah Remaja

gaulislam edisi 449/tahun ke-9 (23 Sya’ban 1437 H/ 30 Mei 2016)     Banyaknya persoalan akan mengantarkan kita pada upaya mencari solusi alias pemecahannya. Masalah remaja ini kan lumayan banyak ya. Apa aja tuh? Tawuran, pergaulan bebas, pacaran, seks bebas, narkoba, miras, perundungan alias nge-bully, selera dan ekspresi musik, kecanduan game online, pornografi, penyalahgunaan internet, ...

Ngaji Sampai Mati

gaulislam edisi 442/tahun ke-9 (3 Rajab 1437 H/ 11 April 2016) Alhamdulillah, bisa ketemu lagi dengan gaulislam ya. Ehm, judulnya mengingatkan pada salah satu judul buku saya yang terbit lima tahun lalu (2011), judulnya lumayan panjang: Ngaji, Sampai Nanti Sampai Mati. Ya, buku itu sudah diterbitkan lama sekali, jauh sebelum broadcast dan woro-woro kencang en ...

Mandiri Itu Wajib!

gaulislam edisi 440/tahun ke-9 (19 Jumadil Akhir 1437 H/ 28 Maret 2016)   Alhamdulillah ketemu lagi nih. Kamu bisa baca lagi buletin kesayangan kamu semua. Malah ada remaja yang bilang bahwa ini buletin yang nggak ngebosenin meskipun tema yang dibahas selalu seputar remaja alias muter-muter aja di situ. Ehm.. jadi geer banget nih, disebut buletin ...

Jadi Remaja Militan, Yuk!

gaulislam edisi 437/tahun ke-9 (27 Jumadil ‘Ula 1437 H/ 7 Maret 2016)   Menjadi remaja militan? Ah, apa nggak salah nih? Bukankah di zaman sekarang ini orang-orang lagi pada alergi dengar istilah militan? Langsung mencap penyandang ‘gelar’ militan sebagai orang-orang garis keras yang sangar, yang selalu menebar teror di tengah-tengah masyarakat. Sehingga para penyandang gelar ...

Bergairah Mencari Ilmu

gaulislam edisi 391/tahun ke-8 (1 Rajab 1436 H/ 20 April 2015)   Saya berharap kamu nggak salah baca judulnya. Bukan bergerah (kata ini memang nggak baku), tetapi bergairah. Kalo yang gerah nyari ilmu besar kemungkinan memang nggak minat, walaupun belajarnya di ruangan berpenyejuk udara. Tetap aja ngerasa kegerahan alias merasa nggak tenang. Nah, banyak nggak ...
%d bloggers like this: