Dunia Nggak Selebar Daun Kelor

 gaulislam edisi 238/tahun ke-5 (23 Jumadits Tsaniy 1433 H/ 14 Mei 2012)   Bro en Sis, dunia nggak selebar daun kelor apalagi kolor (uups!). Ya, gue maklumin yang namanya masalah selama diri kita hidup di dunia dijamin akan selalu ada.  Udah jelas kok dalilnya. Dari Mush’ab bin Sa’id -seorang tabi’in- dari ayahnya, ia berkata, “Wahai ...

Sekolah Yes! Ngaji (juga) Yes!

gaulislam edisi 222/tahun ke-5 (29 Shafar 1433 H/ 23 Januari 2012) Ada provokasi yang nggak bertanggung jawab bahwa kalo aktif ngaji katanya prestasi sekolah bisa jeblok. Ah, masak sih? Tapi faktanya, justru banyak yang ngajinya oke, sekolahnya juga oke tuh. Nggak percaya? Silakan saja survei sendiri (hehehe). Ketika saya sekolah lanjutan atas di sebuah sekolah ...

Belajar? Asik-asik Aja Tuh!

gaulislam edisi 197/tahun ke-4 (1 Ramadhan 1432 H/ 1 Agustus 2011)   Problem anak sekolah nggak jauh dari urusan belajar. Umumnya anak sekolah pada merinding kalau mendengar kosakata belajar. Lho? Bukannya belajar adalah tugasnya? Nggak juga anak sekarang mah. Bayangan yang ada di benak adalah buku-buku pelajaran tebal, rumus yang sulit, duduk manis di depan ...

Unlimited Liability

gaulislam edisi 143/tahun ke-3 (7 Sya’ban 1431 H/ 19 Juli 2010) Buat new comer seperti kamu alias siswa anyar pasti baru aja bisa bernapas lega setelah ’disambut’ serangkaian acara MOS di sekolah baru. Mudah-mudahan udah nggak ada lagi perploncoan yang keterlaluan. Kalo masih ada praktiknya di sekolah baru kamu, wajib tuh dilaporin ke Disdik di ...

Pengalaman adalah Guru Terbaik

gaulislam edisi 142/tahun ke-3 (30 Rajab 1431 H/ 12 Juli 2010) Bro en Sis, tanggal 12 Juli 2010 ini adalah hari petama masuk sekolah ya? Sip deh. Bagi kamu yang naik kelas, jadikan pelajaran kemarin untuk lebih baik lagi prestasinya. Kamu yang udah lulus sekolah juga dan masuk SMA atau kuliah, jadikan pengalaman selama belajar ...

Jangan Berhenti Belajar

gaulislam edisi 125/tahun ke-3 (29 Rabiul Awal 1431 H/15 Maret 2010) Bro, waktu pertama kali saya diminta ngisi pengajian, terus terang saja saya merasa takut. Takut salah, takut nggak bisa nguasai audiens, takut kalo ditanya nggak bisa jawabnya. Tapi, atas dorongan dari rekan-rekan DKM sekolah, akhirnya saya mau juga meski agak ragu. Oya, waktu itu ...
%d bloggers like this: