Untuk apa sih menulis?

Assalaamu’alaikum wr wb Saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti judul yang saya gunakan untuk tulisan kali ini. Penanya tersebut menurut saya sudah tepat menanyakan demikian. Why? Karena seharusnya setiap melakukan sesuatu kita memiliki niat dan tujuan yang jelas. Bisa tergambar, bisa dikerjakan, dan bisa menghasilkan serta bermanfaat. Itu sebabnya, sebagaimana kegiatan lainnya, menulis juga pasti ada ...

Menjadi Daiyah, Kudu Lagi!

Dakwah bukan cuma monopoli ikhwan, akhwat juga terjun ke kancah dakwah. Ngaji, ceramah, nulis opini Islam, seminar, diskusi ke-Islaman, cari dana buat kegiatan Islam, bahkan ikut aksi unjuk rasa segala. Kok bisa, ya? Biasanya yang suka ceramah itu ibu-ibu,? berembel-embel hajjah, atau dipanggil Ibu Haji (meski kadang nggak naik haji sendiri sih, cuman kebetulan married ...

Remaja Juga Bisa Berkorban

gaulislam edisi 110/tahun ke-3 (13 Dzulhijjah 1430 H/30 Nopember 2009) Di senin pagi ini, tanggal 30 Nopember 2009 atau bertepatan dengan 13 Dzulhijjah 1430 H, kita masih merasakan suasana Idul Adha, kurban, dan tentunya hari Tasyrik. Apa itu hari Tasyrik? Singkatnya gini deh, hari Tasyrik itu adalah tanggal 11-13 Dzulhijjah. Pada hari-hari tersebut kaum muslimin ...

Dakwah Di Dunia Maya

Internet nggak melulu berisi sampah dan keisengan. Ada ruang positif untuk masyarakat dunia. Selain ajang persahabatan, juga kesempatan dakwah terbuka lebar. Jaman sekarang adalah jaman informasi. Setelah manusia mengalami revolusi industri, kini kita sedang menjalankan revolusi informasi. Menurut seorang pakar komunikasi, Dissayanake, revolusi komunikasi adalah peledakan teknologi komunikasi dengan meningkatnya pemakaian satelit, mikro-prosesor, komputer, dan ...

Mengkaji Ulang Perjuangan Intraparlemen

Semangat perubahan sudah digelorakan. Banyak jalan menuju kebangkitan Islam. Tak terkecuali yang menjajal masuk parlemen sistem kufur. Sayangnya, sampai sekarang masih perlu diuji efektivitasnya. Fajar kebangkitan ummat mulai menyingsing, perlahan bergulir mendekat. Kesadaran untuk hidup mulia menyentuh jiwa-jiwa generasi muda Islam. Angin kesadaran berhembus, menimbulkan gelombang kesadaran yang terus membesar. Kerinduan akan kehidupan Islam nampak ...

Battle of Songs

gaulislam edisi 097/tahun ke-2 (10 Ramadhan 1430 H/31 Agustus 2009) Dengerin lagu? Wah, hobi ane tuh! Makanya, pas gaulislam ngasih amanah buat nulis tentang lagu-lagu, ane oke-oke aja. Walopun lumayan pusing cos gejala-gejala flu berat udah mulai menghajar bodi ane. Fiewh… Oya, saking hobi dengerin lagu nih–bahkan kalo musiknya ane suka, biasanya ane bela-belain untuk ...

Buktikan Pedulimu!

gaulislam edisi 096/tahun ke-2 (3 Ramadhan 1430 H/24 Agustus 2009) Kalo perhatiin tingkah laku remaja sekarang saya jadi keinget sama lagu jadul alias jaman dulu yang judulnya Astaga, potongan liriknya begini “Ooo, Astaga Apa yang sedang terjadi, astaga hendak kemana semua ini, bila kaum muda sudah tak mau lagi peduli, mudah putus asa dan kehilangan ...
%d bloggers like this: