Radikal Bukan Kriminal

gaulislam edisi 672/tahun ke-13 (19 Muharram 1442 H/ 7 September 2020) Hadeuuh kirain udah basi, eh masih juga dibahas, termasuk di buletin ini. Eh, kalo dibahas di buletin ini sih sekadar merespon aja, bukan sengaja membahas masalah radikal radikul gitu. Hehehe.. sori, sama aja, ya. Intinya membahas juga. Oke deh, nggak udah diperpanjang apalagi sampai ...

Galau? Ngaji Aja!

gaulislam edisi 671/tahun ke-13 (12 Muharram 1442 H/ 31 Agustus 2020) Bro en Sis rahimakumullah, kamu mestinya tahu ya bedanya orang yang berilmu dengan orang yang bodoh. Ya, kalo orang yang berilmu mestinya dia tahu benar dan salah. Tahu juga baik dan buruk. Bisa memilah mana yang terpuji dan mana yang tercela. Termasuk tahu betul ...

Muharram dan Kebangkitan Islam

gaulislam edisi 670/tahun ke-13 (5 Muharram 1442 H/ 24 Agustus 2020) Alhamdulillah, sudah di bulan Muharram lagi. Tahunnya sudah berubah. Kemarin masih 1441 H, sekarang jadi 1442 H. Usia kamu dan kita semua juga ikutan tambah angkanya. Walau, tentu saja jatah umur kita di dunia jadi berkurang dari yang telah ditetapkan Allah Ta’ala. Itu artinya, ...

Merdeka! Merdeka?

gaulislam edisi 669/tahun ke-13 (27 Dzulhijjah 1441 H/ 17 Agustus 2020) Kayaknya banyak orang yang tahu definisi semu. Ya, semu itu tampak seperti asli atau sebenarnya, padahal sama sekali bukan yang asli atau sebenarnya. Nah, ini yang akan kita bahas. Mumpung momennya pas. Hari ini adalah peringatan hari kemerdekaan negeri kita dari penjajah. Diproklamasikan pada ...

Masa Kegemilangan Islam

gaulislam edisi 668/tahun ke-13 (20 Dzulhijjah 1441 H/ 10 Agustus 2020) Kapan masa kegemilangan Islam itu? Saat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam memimpin umat ini. Berhasil menjadikan Madinah sebagai pusat kekuasaan dan kekuatan umat. Sepeninggal beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepemimpin dilanjutkan oleh para khulafa ar-Rasyidin. Tercatat yang menjadi khalifah adalah Abu Bakar ash-Shiddiq radhiallahu ...

Jauh Dekat Tak Belajar

gaulislam edisi 667/tahun ke-13 (13 Dzulhijjah 1441 H/ 3 Agustus 2020) Pendidikan di negeri kita ini sebenarnya belum optimal hasilkan manusia yang adabnya bagus. Buktinya, banyak yang korupsi walau berpendidikan tinggi dan menjadi pejabat kelas atas. Buktinya kecurangan, kebohongan, dan saling menipu serta berkata kasar merajalela. Sudah dianggap biasa pula. Buktinya, yang buang sampah sembarangan ...

Qurban, Korban, dan Dikorbankan

gaulislam edisi 666/tahun ke-13 (6 Dzulhijjah 1441 H/ 27 Juli 2020) Sobat gaulislam, alhamdulillah jumpa lagi ya di buletin kesayangan kamu edisi pekan ini. Seperti dalam judulnya, karena juga menjelang Idul Adha, temanya dicocokkan. Biar nyambung. Cuma, saya kasih judul yang agak panjang. Bukan sekadar bahas qurban (kurban), tetapi juga tentang korban dan dikorbankan. Bingung? ...

Ngaku Muslim Tapi Benci Islam

gaulislam edisi 665/tahun ke-13 (29 Dzulqaidah 1441 H/ 20 Juli 2020) Sebenarnya udah lama pengen nulis tema ini, tetapi nggak jadi-jadi aja. Baru deh, sekarang kesampaian nulis ini. Bukan tema spesial sih. Namun, perlu dibahas juga di zaman kiwari ini. Sebab, kalo yang benci ajaran Islam, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, ...

Biar Jomblo Asal Selamat

gaulislam edisi 664/tahun ke-13 (22 Dzulqaidah 1441 H/ 13 Juli 2020) Hadeuuuh jadi juga bahas tentang jomblo. Iya nih, masih layak jadi tema pembahasan. Selama masih ada yang pacaran, masih ada juga yang menjomblo, nggak sedikit juga yang udah ngabuburit alias ngajak buru-buru merit. Masih bagus yang ngajak merit (baca: marriage) alias nikah, daripada ngajak ...

Baru Hijrah, Boleh Dakwah

gaulislam edisi 663/tahun ke-13 (15 Dzulqaidah 1441 H/ 6 Juli 2020) Kalo ada orang yang baru masuk Islam, langsung berdakwah, itu bagus. Kalo ada orang yang baru hijrah dari kehidupan yang jauh dari hidayah Allah, boleh saja berdakwah. Tentu, menyesuaikan dengan ilmu yang dimiliki. Siapa bilang kalo dakwah harus punya banyak ilmu dulu. Nggak sih. ...
%d bloggers like this: