Generasi Faqih Fi-Gim

gaulislam edisi 730/tahun ke-15 (11 Rabiul Awwal 1443 H/ 18 Oktober 2021) Kepengennya sih, mumpuni dalam ilmu agama, ya, faqih fiddiin. Paham dalam ilmu agama. Ortu pasti seneng kalo ada anaknya yang ngerti dan mengamalkan urusan agama. Namun saat ini, ketika permainan seolah menjadi hiburan wajib, malah jagonya, ya dalam urusan main-main. Muncullah istilah faqih ...

Bagaimana Ilmu dan Amalmu?

gaulislam edisi 729/tahun ke-15 (4 Rabiul Awwal 1443 H/ 11 Oktober 2021) Nah, ini pertanyaan yang perlu kamu jawab, Bro en Sis. Sering sih saya menemukan di kalangan remaja seusia kamu, masih ada yang belum bisa konek antara ilmu dan amalnya. Belum bisa nyambungin antara ilmu dan amalnya. Mereka tahu ilmunya, tetapi tak beramal dengannya. ...

Ngegas Terus Lalu Terjerumus

gaulislam edisi 727/tahun ke-14 (20 Shafar 1443 H/ 27 September 2021) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Hal yang paling sering ditemui di kalangan remaja macam kamu, adalah soal pergaulan muda-mudi. Pergaulan antara remaja putra dan remaja putri. Awalnya kenalan, menganggap sebagai teman biasa, tetapi lama-lama jadi teman spesial dan akhirnya pacaran. Dilanjut lebih ...

Kalo Tajir Jangan Kikir

gaulislam edisi 725/tahun ke-14 (6 Shafar 1443 H/ 13 September 2021) Masih inget beberapa bulan lalu dengan aksi Doni Salmanan yang nyawer Reza Arap alias Reza Oktovian alias Liang Wen Tian, youtuber gaming dan personel Weird Genius? Betul, pemilik channel youtube King Salmanan ini, saat itu menjadi sorotan publik setelah menyawer Reza Arap yang lagi ...

Pesohor, Narkoba, Homoseksual

gaulislam edisi 724/tahun ke-14 (29 Muharram 1443 H/ 6 September 2021) Transfer window closed, In: Coki Pardede. Out: Saipul Jamil. Meme ini tersebar di media sosial. Hmm… kayak transfer pemain di industri sepak bola aja, ya. Kalo kamu suka ngikutin perkembangan industri sepak bola internasional, mestinya tahu sih istilah ini. Namun dalam kasus ini, bisa ...

Islam Pasti Menang

gaulislam edisi 722/tahun ke-14 (15 Muharram 1443 H/ 23 Agustus 2021) Kalo klub sepak bola yang kamu kagumi menang, tentunya senang banget, ya. Bahkan kalo pun kalah saat bertanding, tetap memberikan dukungan. Itulah pendukung sejati. Begitu kira-kira. Nah, kalo dalam sepak bola aja ada pendukung sejati, maka pendukung Islam mestinya ya mukmin sejati. Apalagi Islam ...

Merdeka Tak Merdeka

gaulislam edisi 721/tahun ke-14 (8 Muharram 1443 H/ 16 Agustus 2021) Hmm… semoga kamu ngerti maksud penulisan judul ini. Sekilas sih mungkin akan membingungkan bagi kalangan tertentu. Namun, kalo mau dipikirkan sejenak sih, insya Allah nggak bikin bingung, tetapi tambah bingung. Eh, nggak, ding. Kalo kamu cerdas, insya Allah paham, deh. Yup, maksudnya dikatakan merdeka ...

Konten Sampah Demi Rupiah?

gaulislam edisi 719/tahun ke-14 (23 Dzulhijjah 1442 H/ 2 Agustus 2021) Masih inget ada yang mau nyumbang duit sebanyak 2 triliun rupiah? Kalo kamu update berita sih, kayaknya pada tahu deh. Pernah pegang duit sebanyak itu? Saya ragu kalo kamu pernah pegang duit sebanyak itu. Bukan ngeledekin, sih. Soalnya yang itu aja belum cair-cair kok. ...

Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Berpikir Positif, Deh!

gaulislam edisi 714/tahun ke-14 (18 Dzulqa’dah 1442 H/ 28 Juni 2021) Kalo zaman sekarang sih, mendengar kata “positif” langsung nyesek bin kaget dan bikin takut. Iya, pas dibilang, “kamu positif covid-19”. Waduh, pada ogah dah. Kagak ada yang mau, pengennya pas dites, ya negatif. Eh, tapi secara umum emang tergantung konteks juga, ya. Tanya dulu ...
%d bloggers like this: