Jadi Guru Itu Berat

gaulislam edisi 485/tahun ke-10 (9 Jumadil Awal 1438 H/ 6 Februari 2017)   Sobat gaulislam, sebelum kita mulai, terlebih dahulu saya akan mengajak kamu melihat sebuah kutipan perkataan dari salah seorang calon gubernur DKI Jakarta. Berikut kutipannya: “Kalau membangun manusia tanpa benda mati itu ibarat teori, dosen ngajar di kampus tapi nggak ada action. Kami ...

Nasib Guru “Andilau”

gaulislam edisi 310/tahun ke-6 (24 Dzulqa’dah 1434 H/ 30 September 2013) Sobat gaulislam, ini bukan kisah guru dengan nama Andilau. Sori kalo ada kesamaan nama ya buat bapak/ibu guru yang kebetulan namanya ada di judul ini. Ini sekadar ungkapan saja, untuk memberikan empati kepada para guru yang kondisinya sedang “Andilau” alias “antara dilema dan galau” ...

‘Kisah Asmara’ Guru dan Murid

  gaulislam edisi 281/tahun ke-6 (29 Rabi’ul Akhir 1434 H/ 11 Maret 2013)   Rasa-rasanya kamu pasti tahu deh dengan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang guru (yang juga wakasek) di salah satu sekolah negeri di Jakarta. Yup! Karena beritanya santer tersebar di berbagai media: cetak, elektronik, dan juga internet, maka akhirnya banyak yang tahu ...

Jadilah ‘Guru Emas’

gaulislam edisi 266/tahun ke-6 (12 Muharram 1434 H/ 26 November 2012)   Hmm… digugu lan ditiru, 3 kata inilah yang pertama kali muncul dibenak ane ketika selesai baca email dari editor gaulislam yang ngasih tahu sekarang giliran ane untuk nulis. Ketiga kata tadi adalah dari bahasa java versi 1.0 alias bahasa Jowo asli, yang artinya, ...

Guru Bule di Sekolahmu

gaulislam edisi 128/tahun ke-3 (20 Rabiuts Tsaniy 1431 H/5 April 2010) Diberlakukannya internasionalisasi pendidikan di Indonesia, telah mengakibatkan berbagai dampak sosial dalam kehidupan pendidikan di negara kita. Mulai dari pendidikan biaya tinggi, pengkelasan level pendidikan hingga standardisasi mutu pendidikan dengan UN. Namun tidak banyak yang memperhatikan bagaimana sekolah bisa mengejar ‘status’ internasional mereka, sehingga bisa ...

Menghadapi Guru Penggoda

Pernah digoda cowok? Hmm…pasti kamu-kamu pada acung jempol. Emang, cowok tuh suka iseng banget godain cewek. Apalagi cowok-cowok tipis iman alias preman. Meski cuma disuitin, bikin gerah juga kan. Yang gawat, gimana kalo yang suka menggoda itu ternyata guru kita di sekolah? Akhir-akhir ini nggak sedikit guru yang suka menggoda muridnya. Maaf banget buat bapak-bapak ...
%d bloggers like this: