Bagaimana Ilmu dan Amalmu?

gaulislam edisi 729/tahun ke-15 (5 Rabiul Awwal 1443 H/ 11 Oktober 2021) Nah, ini pertanyaan yang perlu kamu jawab, Bro en Sis. Sering sih saya menemukan di kalangan remaja seusia kamu, masih ada yang belum bisa konek antara ilmu dan amalnya. Belum bisa nyambungin antara ilmu dan amalnya. Mereka tahu ilmunya, tetapi tak beramal dengannya. ...

Islam Pasti Menang

gaulislam edisi 722/tahun ke-14 (15 Muharram 1443 H/ 23 Agustus 2021) Kalo klub sepak bola yang kamu kagumi menang, tentunya senang banget, ya. Bahkan kalo pun kalah saat bertanding, tetap memberikan dukungan. Itulah pendukung sejati. Begitu kira-kira. Nah, kalo dalam sepak bola aja ada pendukung sejati, maka pendukung Islam mestinya ya mukmin sejati. Apalagi Islam ...

Setop Mager, Jangan Baper

gaulislam edisi 685/tahun ke-14 (22 Rabiul Akhir 1442 H/ 7 Desember 2020) Sobat gaulislam, jumpa lagi di setiap hari Senin, ya. Edisi kali kita akan bahas tema yang ringan dan mungkin lucu. Kalo nggak lucu, ya anggap saja lucu supaya bisa terhibur. Kalo ternyata nggak lucu dan malah bikin stres, maafkan saya karena kadang nggak ...

Jauh Dekat Tak Belajar

gaulislam edisi 667/tahun ke-13 (13 Dzulhijjah 1441 H/ 3 Agustus 2020) Pendidikan di negeri kita ini sebenarnya belum optimal hasilkan manusia yang adabnya bagus. Buktinya, banyak yang korupsi walau berpendidikan tinggi dan menjadi pejabat kelas atas. Buktinya kecurangan, kebohongan, dan saling menipu serta berkata kasar merajalela. Sudah dianggap biasa pula. Buktinya, yang buang sampah sembarangan ...

Tak Hanya Bilangan, Tapi Diperhitungkan

gaulislam edisi 639/tahun ke-13 (25 Jumadil Awwal 1441 H/ 20 Januari 2020) Sobat gaulislam, manusia itu memiliki potensi kehidupan yang terdiri dari naluri dan kebutuhan jasmani. Allah Ta’ala sudah menetapkan bagi semua orang potensi kehidupan tersebut. Manusia memiliki naluri atau gharizah yang terdiri dari: naluri mempertahankan diri (Gharizah al-Baqa’), naluri melestarikan jenis (Gharizah an-Nau’u), naluri ...

Memang Tak Sekadar Menghafal

gaulislam edisi 634/tahun ke-13 (19 Rabiul Akhir 1441 H/ 16 Desember 2019) Beberapa hari terakhir ini jagat medsos riuh dengan berbagai obrolan. Salah satunya nyelip juga omongan Mendikbud Nadiem Makarim, yang bikin heboh berbagai kalangan. Ya, soal menghafal. Singkatnya sih, “Dunia tidak butuh anak jago menghafal”, begitu kata mantan bos Gojek ini. Selengkapnya sih, Mendikbud ...

Akidah Labil? Nggak Banget!

gaulislam edisi 613/tahun ke-12 (19 Dzulqo’dah 1440 H/ 22 Juli 2019) Bro en Sis, siapa di antara kamu yang masih labil? Ayo ngaku! Hehehe. Biasanya anak remaja nih yang suka labil. Sering gaje, nggak jelas. Gampang berubah kondisi hati, pikiran atau tingkah lakunya. Suka tetiba sensi, galau atau marah yang kadang tanpa alasan. Pernah ngalamin, ...

Siap-Siap UN Dihapus!

gaulislam edisi 596/tahun ke-12 (18 Rajab 1440 H/ 25 Maret 2019) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia buletin remaja gaulislam. Hehehe.. Pengen sapa-sapa, nih. Buat kamu semua, baik yang pelajar remaja maupun yang udah lulus tapi masih ngaku-ngaku remaja. Hihihi… InsyaaAllah buat segala usia deh, semuanya punya semangat dan jiwa pemuda, yaa. Pastinya, dong! ...

Nasib Remaja Milenial

gaulislam edisi 549/tahun ke-11 (14 Sya’ban 1439 H/ 30 April 2018)     Assalaamu’alaikum, Bro en Sis yang dirahmati Allah. Kamu semua pasti udah pada tahu kalo beberapa waktu di sosmed rame pada ngebahas soal UNBK, khususnya matematika dan kimia yang katanya susah pake banget. Nah, gaulislam mo ikut ramein ah, gapapa, yah. Dikit doang, ...

Bergairah Mencari Ilmu

gaulislam edisi 391/tahun ke-8 (1 Rajab 1436 H/ 20 April 2015)   Saya berharap kamu nggak salah baca judulnya. Bukan bergerah (kata ini memang nggak baku), tetapi bergairah. Kalo yang gerah nyari ilmu besar kemungkinan memang nggak minat, walaupun belajarnya di ruangan berpenyejuk udara. Tetap aja ngerasa kegerahan alias merasa nggak tenang. Nah, banyak nggak ...
%d bloggers like this: