Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Imun dan Iman

gaulislam edisi 713/tahun ke-14 (11 Dzulqa’dah 1442 H/ 21 Juni 2021) Covid-19 kembali mengganas beberapa hari ini. Setidaknya itu berdasarkan informasi di media massa maupun media sosial. Saya tidak akan menyebutkan angkanya, intinya, menurut berita, banyak yang terpapar. Silakan cari sendiri aja, ya. Hehehe… bukan malas nuliskan di sini, tetapi supaya kamu jadi rajin baca ...

Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...

Salah Dibela, Benar Dicela

gaulislam edisi 689/tahun ke-14 (20 Jumadil Awwal 1442 H/ 4 Januari 2021) Bagi kamu yang ngikutin timeline media sosial, termasuk di dalammya berita di media massa, bahkan mungkin acara infotainment di televisi dan gosip di media sosial, pasti deh nemuin kasus yang lagi heboh jadi perbincangan. Ya, seorang selebritis (nggak perlu disebutkan namanya, ya) yang ...

Sudah Hampir di Akhir Zaman

gaulislam edisi 641/tahun ke-13 (8 Jumadil Akhir 1441 H/ 3 Februari 2020) “Kiamat.. tak datang sebelum… Hancurnya Dajjal juga Yahudi..” Yaps! Itu adalah cuplikan dari lirik lagu “Kiamat Tak Datang Sebelum” yang diproduksi MediaIslamNet. Apa? Belum tahu lagunya? Tenang aja, Bro en Sis. Langsung ketik di laman pencarian kamu; “Lagu Kiamat Tak Datang Sebelum Media ...

Mengapa Harus Bunuh Diri?

gaulislam edisi 640/tahun ke-13 (1 Jumadil Akhir 1441 H/ 27 Januari 2020) Assalamualaikum, Bro en Sis? Apa kabarnya nih? Wah, sudah akhir bulan lagi euy. Masih semangat, kan? Pastinya dong! Akhir bulan kayak gini sering kanker, tahu. Kantong kering. Eh, nggak kering juga sih. Yaaa menipis gitu alias lagi kritis (eits, kok jadi curcol sih?). ...

Audrey Bukan yang Pertama dan Terakhir

gaulislam edisi 599/tahun ke-12 (10 Sya’ban 1440 H/ 15 April 2019) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis. Bagi kamu yang aktif berselancar di media sosial, nih, rasanya jendela internet di negeri kita ini kebanjiran berita-berita menghebohkan, ya. Mulai dari berita politik, entertaiment, dan juga tentu saja hashtag-hashtag yang memancing kontroversi. Wah… susah buat fokus nih, jadinya. Well… ...

Bersyukurlah, Sobat!

gaulislam edisi 594/tahun ke-12 (4 Rajab 1440 H/ 11 Maret 2019) Assalaamu’alaikum, sobat gaulislam rahimakumullah. Kabarnya gimana, nih? Insyaa Allah baik-baik ajalah, ya. Tetap bersyukur kepada Allah atas apa pun yang diberikan oleh-Nya untuk kita. By the way, guys, udah pada tahu belum syukur itu apa? Bilang ‘Alhamdulillah?’. Uhm, yup! Cuma bersyukur itu nggak sebatas ...

Ingar Bingar Tahun Politik

 gaulislam edisi 585/tahun ke-12 (1 Jumadil Awal 1440 H/ 7 Januari 2019) Hmm… ngomongin politik ya? Remaja dipaksa ngoceh politik ya? Kok bahas politik, sih? Eh, ini kok di awal-awal tulisan udah berderet tiga biji kalimat tanya? (jadi empat dong dengan yang terakhir ini, ya). Sobat gaulislam, nggak usah heran. Mau nggak mau, suka nggak ...

Remaja Tanpa Amarah dan Cinta

 gaulislam edisi 576/tahun ke-12 (27 Shafar 1440 H/ 5 November 2018)   Jujur aja nih, saat menuliskan judul untuk edisi kali ini, inspirasinya adalah dari masa lalu. Lho? Iya. Sekira saya kelas 2 atau kelas 3 SMK (kalo dihitung dari tahun sekarang ya 27 or 28 tahun yang lalu—ih, jadi ketahuan deh usia yang nulis). ...
%d bloggers like this: