Gadis Jahiliyah

gaulislam edisi 570/tahun ke-11 (14 Muharram 1440 H/ 24 September 2018) Assalamualaikum… halo Bro en Sis yang insya Allah dirahmati Allah Ta’ala, gimana kabarnya, nih? Insya Allah baik, yah! Btw, sekarang aku bakal ngebahas tema seputar cewek kurang ilmu, nih. Emh… kalo diliat dari lingkungan sekitar kita, Bro en Sis ngerasa nggak sih kalo banyak ...

Gempa untuk Siapa?

Gempa untuk Siapa?
gaulislam edisi 563/tahun ke-11 (24 Dzulqa’dah 1439 H/ 6 Agustus 2018)   Lombok diguncang gempa (Ahad bakda Maghrib, 5/8/2018). Di zaman media sosial seperti ini, berbagai pesan dengan mudah disebar dan didapatkan. Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan Telegram menjadi media favorit untuk menyebar dan mendapatkan berbagai berita. Termasuk kejadian kemarin saat gempa di Lombok. ...

Keyakinan Bukan Warisan

gaulislam edisi 509/tahun ke-10 (30 Syawwal 1438 H/ 24 Juli 2017)     Sobat gaulislam, masih ingat sama Afi Nihaya, kan? Ini bukan maksud nginget-nginget lagi. Tetapi ini sekadar mencoba ikutan bahas walau udah lama telatnya. Hehehe… (eh, bukan soal basi atau nggak lho, tapi ini sekadar menambah perbendaharaan wawasan aja biar makin banyak yang ...

Ramadhan Datang Kembali

gaulislam edisi 501/tahun ke-10 (3 Ramadhan 1438 H/ 29 Mei 2017)   Sobat gaulislam, tanpa terasa, eh, tahu-tahu sudah Ramadhan lagi. Waktu penantian satu tahun lamanya, yang kedengarannya begitu lama, ternyata terasa cepat manakala sudah kita lalui. Maka selamat datang kembali. Inilah Ramadhan. Bulan dimana pahala kebaikan dilipat gandakan, pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ...

Bro, Kamu Sehat?

gaulislam edisi 480/tahun ke-10 (3 Rabiul Akhir 1438 H/ 2 Januari 2017)   Hehehe bukan mau nge-buly or ngeledekin kamu, lho. Ini sekadar menyindir. Ih, sama aja dong? Emang! Tapi kamu udah tahu kan istilah “sehat” ini? Iya. Sebagian besar pastinya tahu, yakni lawan dari sakit. Lebih lengkapnya, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), se·hat ...

Muslim Kok Gitu?

  gaulislam edisi 428/tahun ke-9 (23 Rabiul Awwal 1437 H/ 4 Januari 2016)   Jadi muslim itu, seharusnya bahagia. Banyak ustaz bilang bahwa menjadi muslim adalah anugerah terindah. Karunia besar yang diberikan Allah Ta’ala. Patut disyukuri. Namun, ada juga lho, muslim yang justru merasa risih dengan label muslimnya. Kok bisa? Usut punya usut, ternyata oknum ...

Tundukkan Nafsumu!

gaulislam edisi 398/tahun ke-8 (21 Sya’ban 1436 H/ 8 Juni 2015)   Sobat gaulislam, gimana kabarnya? Wuih, seperinya lagi pada seneng ya? Maklum, udah menjelang liburan panjang. Hehehe.. tapi ingat lho, pekan ini banyak juga di antara kamu yang justru lagi pada ujian kenaikan kelas ya? Fokus ujian dulu, baru deh mikirin liburan. Gimana, siap ...

Bangkit Itu Wajib, Lho!

gaulislam edisi 396/tahun ke-8 (7 Sya’ban 1436 H/ 25 Mei 2015) Aha, gaulislam pengen ngebahas masalah kebangkitan nih. Sebelumnya, mau nanya dulu, kalo denger atau baca kata bangkit, kira-kira apa ya yang ada di benak kamu? Oke, kebayangnya seperti posisi orang yang lagi tiduran lalu duduk. Juga seperti posisi orang duduk lalu berdiri. Pokoke gitu. ...

Jangan Lagi Selfie

gaulislam edisi 384/tahun ke-8 (11 Jumadil Ula 1436 H/ 2 Maret 2015)   Hayo, bagi yang doyan selfie angkat kaki! Eh maksudnya angkat tangan, goyangkan badan, berputar tiga kali! Tunggu, tunggu. Kok jadi mo senam? Bukan, bukan begitu, Bro en Sis. Jadi begini, yang biasanya suka selfie nih, udah tahu nggak apa artinya selfie? Yups, ...

“Aku Muslim, Kamu?”

gaulislam edisi 374/tahun ke-8 (30 Safar 1436 H/ 22 Desember 2014)   Sobat gaulislam, biasanya menjelang akhir tahun kaum muslimin disibukkan dengan hal-hal berkaitan dengan momen perayaan agama lain, khususnya umat Kristen, yakni perayaan natal dan juga perayaan tahun baru masehi. Mengapa jadi disibukkan? Ya, sejak awal Desember pro-kontra terhadap masalah ini runyam dan selalu ...
%d bloggers like this: