Habis Pesta Terbitlah Duka

gaulislam edisi 740/tahun ke-15 (22 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 27 Desember 2021) Akhir tahun masehi umumnya dirayakan masyarakat sedunia. Pesta berlangsung semalaman. Beragam alasan dalam menggelar momen pergantian tahun. Ada yang karena keyakinan, ada pula yang karena bisnis, tak sedikit yang justru sekadar ikut-ikutan. Semua jadi satu, merayakan pesta yang sebenarnya tak perlu dirayakan itu. ...

Putih adalah Putih

gaulislam edisi 739/tahun ke-15 (15 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 20 Desember 2021) Judulnya aneh nggak, sih? Mau ngomongin warna? Hmm… pengen nulis judulnya lebih panjang, cuma khawatir nggak enak dibaca. Pengennya begini judulnya: “Putih adalah putih, hitam adalah hitam. Tak akan bercampur keduanya kecuali bagi yang menginginkannya”. Tuh, panjang banget, kan? Jadi malah nggak enak ...

Nikmati Hidupmu!

gaulislam edisi 736/tahun ke-15 (24 Rabiul Akhir 1443 H/ 29 November 2021) Banyak orang saat ini was-was bin cemas dalam hidupnya. Serba takut, serba khawatir. Banyak masalahnya. Urusan sekolah, urusan pekerjaan, problem di rumah, ortu berpisah, kakak-adik nggak akur, keuangan pas-pasan, gagal ujian, kandas harapan dan seabrek masalah lainnya. Ketika semua itu dipikirin, baik sebelum ...

Bagaimana Ilmu dan Amalmu?

gaulislam edisi 729/tahun ke-15 (4 Rabiul Awwal 1443 H/ 11 Oktober 2021) Nah, ini pertanyaan yang perlu kamu jawab, Bro en Sis. Sering sih saya menemukan di kalangan remaja seusia kamu, masih ada yang belum bisa konek antara ilmu dan amalnya. Belum bisa nyambungin antara ilmu dan amalnya. Mereka tahu ilmunya, tetapi tak beramal dengannya. ...

Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Imun dan Iman

gaulislam edisi 713/tahun ke-14 (11 Dzulqa’dah 1442 H/ 21 Juni 2021) Covid-19 kembali mengganas beberapa hari ini. Setidaknya itu berdasarkan informasi di media massa maupun media sosial. Saya tidak akan menyebutkan angkanya, intinya, menurut berita, banyak yang terpapar. Silakan cari sendiri aja, ya. Hehehe… bukan malas nuliskan di sini, tetapi supaya kamu jadi rajin baca ...

Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...

Salah Dibela, Benar Dicela

gaulislam edisi 689/tahun ke-14 (20 Jumadil Awwal 1442 H/ 4 Januari 2021) Bagi kamu yang ngikutin timeline media sosial, termasuk di dalammya berita di media massa, bahkan mungkin acara infotainment di televisi dan gosip di media sosial, pasti deh nemuin kasus yang lagi heboh jadi perbincangan. Ya, seorang selebritis (nggak perlu disebutkan namanya, ya) yang ...

Sudah Hampir di Akhir Zaman

gaulislam edisi 641/tahun ke-13 (8 Jumadil Akhir 1441 H/ 3 Februari 2020) “Kiamat.. tak datang sebelum… Hancurnya Dajjal juga Yahudi..” Yaps! Itu adalah cuplikan dari lirik lagu “Kiamat Tak Datang Sebelum” yang diproduksi MediaIslamNet. Apa? Belum tahu lagunya? Tenang aja, Bro en Sis. Langsung ketik di laman pencarian kamu; “Lagu Kiamat Tak Datang Sebelum Media ...

Mengapa Harus Bunuh Diri?

gaulislam edisi 640/tahun ke-13 (1 Jumadil Akhir 1441 H/ 27 Januari 2020) Assalamualaikum, Bro en Sis? Apa kabarnya nih? Wah, sudah akhir bulan lagi euy. Masih semangat, kan? Pastinya dong! Akhir bulan kayak gini sering kanker, tahu. Kantong kering. Eh, nggak kering juga sih. Yaaa menipis gitu alias lagi kritis (eits, kok jadi curcol sih?). ...
%d bloggers like this: