Gosip, Teror, dan Spiral Kebisuan

gaulislam edisi 516/tahun ke-10 (20 Dzulhijjah 1438 H/ 11 September 2017)   Waduh, ini judul mantep banget. Kamu bisa ngeden dan garuk-garuk tembok kalo nggak terbiasa disuguhi deretan kata yang susah dipahami atau dirasa berat diucapkan. Tenang Bro en Sis, kalo ngebahasnya sih insya Allah tetap dengan gaya khas gaulislam: ringan tapi berisi. Nggak percaya? ...

HAM yang Cacat dan Media Massa Pengkhianat

gaulislam edisi 404/tahun ke-8 (4 Syawal 1436 H/ 20 Juli 2015)   Waduh, nih judul panjang dan kayaknya isinya berat dah! Huss.. jangan berburuk sangka dulu. Judulnya memang panjang, tapi nggak sepanjang KA Gajayana atau Mutiara Selatan yang kalo musim mudik laris manis (hehehe…). Ini memang sengaja judulnya panjang dan sepertinya berat untuk dipahami. Tetapi, ...

Kok, Fobia sama Islam?

gaulislam edisi 389/tahun ke-8 (17 Jumadil Akhir 1436 H/ 6 April 2015)   Sobat gaulislam, gonjang-ganjing kasus pemblokiran sejumlah website media Islam di akhir Maret 2015 lalu masih terasa hingga kini. Setidaknya, saat gaulislam edisi ini ditulis sebelum dikirim ke percetakan (ya iyalah, masa’ dicetak tanpa ada tulisan?). Itu sebabnya, saya mencoba menulis juga soal ...

Remaja dan Media Massa

gaulislam edisi 383/tahun ke-8 (4 Jumadil Ula 1436 H/ 23 Februari 2015)   Super sekali nih judul (pede banget!). Eh, tapi kamu ngeh nggak sih dengan judul ini? Jangan-jangan malah memantul sempurna alias nggak ngerti apa-apa. Hadeeeuhh, capek deh! Eits, ada yang angkat jari telunjuk. Mau jawab? Oke, jawaban kamu apa? “Gampang. Itu maksudnya hubungan ...

Muslim Rohingya, Ariel, dan Media Massa

gaulislam edisi 249/tahun ke-5 (11 Ramadhan 1433 H/ 30 Juli 2012)   Rasa-rasanya kamu masih pada ingat pekan kemarin (23/7) Ariel, seleb yang divonis 3,5 tahun penjara gara-gara kasus pornografi (baca: video mesumnya dengan seleb lain) kembali bebas dari bui. Tak seperti pemberitaan seleb lain atau info lainnya, setidaknya ada dua media internet yang jor-joran ...

Remaja dan Terorisme

gaulislam edisi 206/tahun ke-4 (5 Dzulqaidah 1432 H/ 3 Oktober 2011)   Jangan keburu ngeper dan kaget sampai keluar kentut disertai koloid (baca: mencret) segala pas kamu baca judul ini. Biasa aja lagi. Kalem bin nyantai. Tema terorisme sama enaknya untuk dibahas dengan tema musik, game dan seks. Hah, seks? Kalo game dan musik sih ...

Korban Iklan

gaulislam edisi 186/tahun ke-4 (12 Jumadil Akhir 1432 H/ 16 Mei 2011) Ayu memandang lama ke arah kaca, ia terkejut sekali mendapati jerawat bermunculan di wajahnya. Sebenarnya, hal ini lumrah-lumrah saja, toh usia Ayu kan masih tujuh belas tahun, ketidakseimbangan hormon yang berefek timbulnya jerawat masih terjadi dalam tubuhnya. Meskipun begitu, bagi Ayu, hal ini ...
%d bloggers like this: