Jangan Umbar Aibmu 1

gaulislam edisi 711/tahun ke-14 (26 Syawal 1442 H/ 7 Juni 2021) Di media sosial, banyak orang mengumbar aibnya sendiri. Kok bisa, ya? Padahal, normalnya sih kita akan menutup aib kita sendiri. Nggak perlu ada orang lain tahu tentang keburukan or kejelekan kita. Namun, zaman sudah berubah. Orang mudah terseret atau minimal terpancing untuk menceritakan banyak ...

Islam, Media Sosial, dan Kaum Muslimin

gaulislam edisi 702/tahun ke-14 (22 Sya’ban 1442 H/ 5 April 2021) Duh, judulnya panjang bener. Iya, soalnya bakal banyak menuliskan dari berbagai aspek. Eh, nggak juga, sih. Sesuai judul aja, ya. Ada tiga bahasan: Islam, medsos, dan kaum muslimin. Walau tentu nggak semua bisa terbahas dengan detil, tetapi setidaknya sebagai sarana introspeksi saja. Sejauh mana ...

Tak Hanya Bilangan, Tapi Diperhitungkan

gaulislam edisi 639/tahun ke-13 (25 Jumadil Awwal 1441 H/ 20 Januari 2020) Sobat gaulislam, manusia itu memiliki potensi kehidupan yang terdiri dari naluri dan kebutuhan jasmani. Allah Ta’ala sudah menetapkan bagi semua orang potensi kehidupan tersebut. Manusia memiliki naluri atau gharizah yang terdiri dari: naluri mempertahankan diri (Gharizah al-Baqa’), naluri melestarikan jenis (Gharizah an-Nau’u), naluri ...

Berhijab Tapi Tabarruj

Berhijab Tapi Tabarruj
gaulislam edisi 631/tahun ke-13 (28 Rabiul Awwal 1441 H/ 25 November 2019) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis! Wah.. tema buletin gaulislam kali ini ternyata membahas seputar hijab, alias bakalan jadi bahasan menarik buat para sobat Sis, nih. Eits.. Bukan berarti yang sobat Bro nggak boleh baca, loh. Hihihi.. Siap? Yuk! Bro en Sis, kalian setuju nggak? ...

Islam Bukan Mainan

gaulislam edisi 610/tahun ke-12 (28 Syawal 1440 H/ 1 Juli 2019) Silakan cari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), apa arti dari “mainan”. Nah, kalo ditulis begini, berarti yang jadi barang mainan ini adalah Islam. Subhanallah. Ini sih ngawur banget kalo ada orang yang menjadikan Islam sebagai barang mainan untuk tujuan apa pun. Bahaya! Sobat ...

Antara Benci dan Cinta

gaulislam edisi 603/tahun ke-12 (8 Ramadhan 1440 H/ 13 Mei 2019) Kamu pernah merasakan benci? Kepada siapa dan masalahnya apa? Berapa lama kamu benci? Mengapa bisa benci? Apakah kemudian bisa berubah jadi cinta? Jika tidak bisa berubah jadi cinta, apa penyebab yang menjadi alasannya? Widih, banyak banget pertanyaannya. Kayak wawancara aja, ya. Daftar pertanyaan tadi ...

Berkarya Bersama Komunitas Remaja

gaulislam edisi 566/tahun ke-11 (16 Dzulhijjah 1439 H/ 27 Agustus 2018)   Remaja zaman now kayaknya enak banget ya untuk urusan ngumpul-ngumpul bareng teman sebaya satu hobi. Bisa milih sarana untuk mengekspresikan diri sesuai hobi. Ada yang senang naek sepeda, komunitasnya ada. Seneng jalan-jalan alias touring pake sepeda motor, bejibun juga komunitasnya. Ada yang hobinya ...

Gema Caci Maki di Medsos

gaulislam edisi 561/tahun ke-11 (10 Dzulqa’dah 1439 H/ 23 Juli 2018)   Assalamualaikum Bro en Sis sekalian. Alhamdulillah aku dapet kesempatan nulis lagi nih di bulletin kesayangan kamu semua, gaulislam. Kali ini aku bawain satu tema yang sebenernya dari dulu udah mewabah, tapi . . . BUUM! Bom waktunya baru meledak (baca: baru jadi masalah ...

Berhala Jaman Now

gaulislam edisi 558/tahun ke-11 (18 Syawal 1439 H/ 2 Juli 2018)   Ngeri bingitz hidup di jaman now. Gimana nggak, kejahatannya bener-bener level jahat pol, kebejatan juga bener-bener bejat dahsyat. Intinya ngeri deh. Eh, ini lagi komen apaan sih, maen nulis jahat dan bejat aja? Oppss.. ampe lupa. Gini Bro en Sis, kita ambil contoh ...

Tik Tok Bikin Goblok?

gaulislam edisi 556/tahun ke-11 (4 Syawal 1439 H/ 18 Juni 2018)   Sstt, sstt, sstt.. Tenang, Bro en Sis. Santai dulu, nih. Topik pembahasan kita kali ini kelihatannya seru banget, ya. Heheh.. coba aja terus pantengin ampe selesai pembahasannya ya. Because, pada buletin gaulislam yang sobat Bro en Sis tunggu-tunggu ini, kita bakal ngebahas topik ...
%d bloggers like this: