Galau? Ngaji Aja!

gaulislam edisi 671/tahun ke-13 (12 Muharram 1442 H/ 31 Agustus 2020) Bro en Sis rahimakumullah, kamu mestinya tahu ya bedanya orang yang berilmu dengan orang yang bodoh. Ya, kalo orang yang berilmu mestinya dia tahu benar dan salah. Tahu juga baik dan buruk. Bisa memilah mana yang terpuji dan mana yang tercela. Termasuk tahu betul ...

Muharram dan Kebangkitan Islam

gaulislam edisi 670/tahun ke-13 (5 Muharram 1442 H/ 24 Agustus 2020) Alhamdulillah, sudah di bulan Muharram lagi. Tahunnya sudah berubah. Kemarin masih 1441 H, sekarang jadi 1442 H. Usia kamu dan kita semua juga ikutan tambah angkanya. Walau, tentu saja jatah umur kita di dunia jadi berkurang dari yang telah ditetapkan Allah Ta’ala. Itu artinya, ...

Jauh Dekat Tak Belajar

gaulislam edisi 667/tahun ke-13 (13 Dzulhijjah 1441 H/ 3 Agustus 2020) Pendidikan di negeri kita ini sebenarnya belum optimal hasilkan manusia yang adabnya bagus. Buktinya, banyak yang korupsi walau berpendidikan tinggi dan menjadi pejabat kelas atas. Buktinya kecurangan, kebohongan, dan saling menipu serta berkata kasar merajalela. Sudah dianggap biasa pula. Buktinya, yang buang sampah sembarangan ...

Remaja Psikopat

gaulislam edisi 646/tahun ke-13 (14 Rajab 1441 H/ 9 Maret 2020) Inisial namanya N. Seorang perempuan. Usianya 15 tahun. Pada 6 Maret 2020 lalu dia melapor ke kantor polisi, tepatnya Polsek Tamansari, Jakarta Barat. Mangaku sudah membunuh bocah usia 5 tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Mayatnya dimasukkin ke lemari setelah dibunuh dengan cara menenggelamkan ...

Memang Tak Sekadar Menghafal

gaulislam edisi 634/tahun ke-13 (19 Rabiul Akhir 1441 H/ 16 Desember 2019) Beberapa hari terakhir ini jagat medsos riuh dengan berbagai obrolan. Salah satunya nyelip juga omongan Mendikbud Nadiem Makarim, yang bikin heboh berbagai kalangan. Ya, soal menghafal. Singkatnya sih, “Dunia tidak butuh anak jago menghafal”, begitu kata mantan bos Gojek ini. Selengkapnya sih, Mendikbud ...

Bangkit Tanpa Kebangkitan

gaulislam edisi 604/tahun ke-12 (15 Ramadhan 1440 H/ 20 Mei 2019) Ternyata nggak semua orang yang bangun dari tidur itu sadar, lho. Bisa jadi malah tidur lagi. Kayak di lagunya Mbah Surip dalam genre reggae beberapa tahun lalu, “Bangun tidur, tidur lagi. Bangun lagi, tidur lagi. Bangun… tidur lagi” Kalo kayak gitu, berarti jelas banget ...

Siap-Siap UN Dihapus!

gaulislam edisi 596/tahun ke-12 (18 Rajab 1440 H/ 25 Maret 2019) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia buletin remaja gaulislam. Hehehe.. Pengen sapa-sapa, nih. Buat kamu semua, baik yang pelajar remaja maupun yang udah lulus tapi masih ngaku-ngaku remaja. Hihihi… InsyaaAllah buat segala usia deh, semuanya punya semangat dan jiwa pemuda, yaa. Pastinya, dong! ...

Jadi Guru Itu Berat

gaulislam edisi 485/tahun ke-10 (9 Jumadil Awal 1438 H/ 6 Februari 2017)   Sobat gaulislam, sebelum kita mulai, terlebih dahulu saya akan mengajak kamu melihat sebuah kutipan perkataan dari salah seorang calon gubernur DKI Jakarta. Berikut kutipannya: “Kalau membangun manusia tanpa benda mati itu ibarat teori, dosen ngajar di kampus tapi nggak ada action. Kami ...

Jangan Plonco Kami

gaulislam edisi 406/tahun ke-8 (18 Syawal 1436 H/ 3 Agustus 2015)   Sebenarnya sih sekarang udah ngak jamannya diplonco ya. Eh, kamu tahu plonco kan? Ih, kok nggak ngeh sih? Hmm.. kalo MOS atau MOPD? Tahu! Nah, itu. Miriplah. Definisi plonco menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah calon mahasiswa yang sedang mengikuti acara kegiatan pengenalan ...

Ikutan Pesta Bikini, Ah!

gaulislam edisi 394/tahun ke-8 (22 Rajab 1436 H/ 11 Mei 2015)   Kesan pertama setelah baca judul gaulislam kali ini adalah: HAH?! Ini yang nulis buletinnya cabe-cabean apa gimana sih? Atau yang nulisnya lagi ngelindur sehingga bikin judul tulisannya ngasal. Eits, jangan kaget dulu, Bro en Sis. Itu kan cuma judul yang dibuat menarik supaya ...
%d bloggers like this: