Perjuangan dan Doa

gaulislam edisi 354/tahun ke-7 (8 Syawal 1435 H/ 4 Agustus 2014)   Ehm, judul gaulislam edisi ke-354 ini mengingatkan saya ke tahun 80-an. Ya, judul ini adalah film Bang Haji Rhoma Irama. Film ini borongan lho. Produsernya, sutradaranya, penulis skenarionya, dan pemerannya adalah Bang Haji Rhoma Irama. Tapi kalo pemainnya sih tentu nggak cuma Rhoma ...

Jalan Ini Terjal, Tapi Menyenangkan

gaulislamedisi 272/tahun ke-6 (25 Safar 1434 H/ 7 Januari 2013)   Saya pernah bikin puisi. Tetapi kalo dilihat-lihat lagi, sepertinya bukan kategori puisi. Tepatnya sih coret-coretan aja. Untungnya bukan di dinding. Waktu itu abis ngisi acara di Surabaya. Daripada bengong nunggu di bandara karena pesawatnya delay, saya nulis puisi. Hehehe.. sebenarnya saya nggak terlalu bisa ...

Kepada Para Aktivis Dakwah

gaulislam edisi 220/tahun ke-5 (15 Shafar 1433 H/ 9 Januari 2012) Ba’da salam dan tahmid. Bro en Sis yang insya Allah dimuliakan Dzat yang Mahamulia, saya berharap semoga kalian semua berada dalam lindungan Allah Ta’ala. Senantiasa bersyukur dan bersabar atas segala yang telah diberikanNya kepada kita. Kita yang lemah dan tak berdaya, meski hanya untuk ...

Tanda Cinta Sejati

gaulislam edisi 175/tahun ke-4 (25 Rabiul Awwal 1432 H/ 28 Februari 2011) Apa buktinya kalo kamu cinta kepada ortumu? Kamu pasti dengan mudah akan menjawabnya: “aku akan tunjukkin dengan taat kepada mereka, menghormati mereka, dan melakukan apa yang diperintahkan mereka.” Yup, itu tanda cinta. Seseorang yang mencintai seseorang lainnya akan mudah untuk berusaha menunjukkan bukti ...

Untuk apa sih menulis?

Assalaamu’alaikum wr wb Saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti judul yang saya gunakan untuk tulisan kali ini. Penanya tersebut menurut saya sudah tepat menanyakan demikian. Why? Karena seharusnya setiap melakukan sesuatu kita memiliki niat dan tujuan yang jelas. Bisa tergambar, bisa dikerjakan, dan bisa menghasilkan serta bermanfaat. Itu sebabnya, sebagaimana kegiatan lainnya, menulis juga pasti ada ...

Remaja Juga Bisa Berkorban

gaulislam edisi 110/tahun ke-3 (13 Dzulhijjah 1430 H/30 Nopember 2009) Di senin pagi ini, tanggal 30 Nopember 2009 atau bertepatan dengan 13 Dzulhijjah 1430 H, kita masih merasakan suasana Idul Adha, kurban, dan tentunya hari Tasyrik. Apa itu hari Tasyrik? Singkatnya gini deh, hari Tasyrik itu adalah tanggal 11-13 Dzulhijjah. Pada hari-hari tersebut kaum muslimin ...

“Memahami Perjuangan Pangeran Diponegoro”

Pelajaran sejarah yang benar harus dipaparkan dengan benar kepada anak didik kita sehingga mereka bisa mengambil hikmah meneladani pahlawan Islam. Baca CAP Adian ke-272 Oleh: Dr. Adian Husaini Pada jurnal Islamia-Republika, edisi 15 Oktober 2009, dimuat sebuah artikel menarik berjudul ”Diponegoro Pangeran Santri Penegak Syariat”. Artikel itu ditulis oleh Ir. Arif Wibowo,  mahasiswa Magister Pemikiran ...
%d bloggers like this: