Alhamdulillah, Lebaran

gaulislam edisi 758/tahun ke-15 (1 Syawal 1443 H/ 2 Mei 2022) Siapa sih yang nggak senang di hari lebaran? Idulfitri adalah hari raya kita, umat Islam. Bergembira sudah pasti, mestinya. Walau, tentu ada kesedihan juga harus berpisah dengan Ramadhan. Bulan mulia, penuh barokah dan limpahan pahala. Waktu memang terus berjalan dan tak kembali lagi. Kitalah ...

Terhalang dari Kebaikan

gaulislam edisi 757/tahun ke-15 (24 Ramadhan 1443 H/ 25 April 2022) Rugi banget sih kalo kita punya kesempatan yang malah kita sia-siakan karena nggak diambil atau nggak dimanfaatkan. Padahal, kesempatan itu belum tentu datang untuk kedua kalinya. Waktu luang ada, sehat pula. Namun, tak mengambil kesempatan di depan mata. Kita biarkan berlalu begitu saja. Nanti ...

Dekatlah dengan al-Quran

gaulislam edisi 756/tahun ke-15 (17 Ramadhan 1443 H/ 18 April 2022) Kalo deketan itu biasanya jadi tahu, jadi paham, jadi cinta. Ketika kita berteman dengan seseorang, maka kita akan berusaha mendekatinya, lalu bisa tahu tentang dia, bisa memahami apa yang dia mau, bisa percaya, dan bisa tumbuh rasa cinta. Begitu biasanya. Walau, tentu ada batasan ...

Sesal Tiada Guna

gaulislam edisi 754/tahun ke-15 (3 Ramadhan 1443 H/ 4 April 2022) Pernah tertinggal kereta atau pesawat? Celakanya, itu karena sebenarnya udah bisa diprediksi, tetapi kita nyantai atau ada urusan dengan pihak ketiga sehingga kejadiannya bikin nyesel. Namun, penyesalan pada kondisi kayak gitu, nggak ada artinya alias sia-sia bin tiada guna. Kereta tetap berjalan meninggalkan kita yang ...

Ramadhan Sebentar Lagi

gaulislam edisi 753/tahun ke-15 (25 Sya’ban 1443 H/ 28 Maret 2022) Kalo kita lagi nunggu seseorang yang kita sayangi setelah sekian lama tak jumpa, biasanya harap-harap cemas, kadang deg-degan juga. Selain tentunya merasa bahagia dan bergembira ingin menuntaskan rindu. Ingin rasanya terus bersamanya, selamanya. Meski sebenarnya kita tahu juga, bahwa ada perjumpaan, biasanya memang ada ...

Tragedi Ramadhan 1442

gaulislam edisi 707/tahun ke-14 (28 Ramadhan 1442 H/ 10 Mei 2021) Sedih. Iya, ini kata pertama mengawali pembahasan di buletin gaulislam edisi pekan ini. Gimana nggak sedih, beberapa peristiwa bikin kita sebagai umat Islam kesal, tetapi memang harus bersabar. Kesal karena tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan perlawanan atau sekadar menuliskan pembelaan. Sabar, selain karena ...

Jangan Nodai Islam

gaulislam edisi 705/tahun ke-14 (14 Ramadhan 1442 H/ 26 April 2021) Duh, kezel banget, dah. Belum lama viral “sujud freestyle”. Aneh-aneh aja emang. Kenapa sih, nggak bikin tren yang baik-baik, gitu? Nggak pede bikin tren yang menjadikan agama kita jadi berwibawa? Ini malah ngawur bin ngerusak citra Islam. Gimana ceritanya bisa bikin tren merusak Islam ...

Ramadhan Kesekian

gaulislam edisi 703/tahun ke-14 (29 Sya’ban 1442 H/ 12 April 2021) Alhamdulillah, edisi yang terbit pekan ini adalah pas di akhir bulan Sya’ban 1442 H. Esok, udah 1 Ramadhan 1442 H. Semoga kita bisa menikmati keberkahan Ramadhan, dan memanfaatkannya dengan mengerjakan berbagai amal shalih selama sebulan penuh. Ini kesempatan yang nggak boleh dilewatkan, Bro en ...

Takwa Tanpa Tapi

gaulislam edisi 657/tahun ke-13 (2 Syawal 1441 H/ 25 Mei 2020) Kalo kamu disuruh sama ortu, suka pake nawar nggak? Misalnya, “Mau sih ke warung beli beras ama minyak goreng pesanan ibu, tapi boleh nggak aku nambah uang jajan?” Hehehe… ada maunya. Intinya pamrih. Padahal, kalo pun kita nggak minta begitu sama ortu, kalo emang ...

Ramadhan Akan Segera Pergi

gaulislam edisi 656/tahun ke-13 (25 Ramadhan 1441 H/ 18 Mei 2020) Udah tanggal 25 aja hari ini di bulan Ramadhan. Cepet banget rasanya, ya. Apakah kamu juga merasakan hal ini? Iya, ini hari Senin terakhir di bulan Ramadhan, karena pekan depan sudah masuk bulan Syawal. Semoga kita makin kenceng ibadahnya karena udah mendekati garis finis, ...
%d bloggers like this: