Friday, 19 April 2024, 13:27

Assalaamu’alaikum wr wb

Tinggal menekan tombol di ponsel terbaru langsung deh gambar daerah rawan macet bisa kita lihat di ponsel kita. Layanan yang belakangan ini ngetren dan bisa dinikmati dengan ponsel terbaru yang mendukung teknologi komunikasi data seperti EDGE (Enhanced Data for GSM Evolution) atau CDMA 2000-1X/CDMA 2000-1X EVDO.

Apa itu 2G dan 3G? Teknologi seluler, di bagi dalam beberapa generasi, yaitu Generasi pertama atau 1G merupakan teknologi ponsel pertama yang menggunakan sistem analog, seperti AMPS (Advanced Mobile Phone System). Teknologi ini mulai digunakan tahun 1970 seiring penemuan mikroprosesor untuk komunikasi nirkabel. Tapi, meningkatnya jumlah pelanggan tidak bisa ditampung generasi pertama. Teknologi 1G hanya bisa melayani komunikasi suara.

Selanjutnya lahirlah teknologi generasi ke dua atau 2G, yang sudah menggunakan teknologi digital. Standar teknologi 2G yang paling banyak digunakan saat ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication) yang beroperasi di frekuensi 900, 1800 dan 1900 MHz. GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4 kbps. Di Indonesia ada Indosat, Excelcomindo, dan Telkomsel yang memakai teknologi 2G.

Keunikan GSM dibanding 1 G adalah layanan SMS atau Short Message Service yaitu layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter. Setelah 2 G, lahirlah generasi 2,5 G yang merupakan pengembangan dari 2 G. 2,5 G ini mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE.

Sekarang ini, teknologi seluler beralih ke generasi berikutnya yang diprediksikan akan menjadi teknologi komunikasi seluler yang menjanjikan. Generasi 3 atau 3G merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan WCDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access). Kelebihan terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 384 kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi dalam ruangan. Di Indonesia operator berteknologi 3G diantaranya Telkom Flexi, Esia, Fren/Mobile 8, dan Indosat StarOne. Di Jepang dengan NTTDoCoMo-nya sudah lebih dahulu menggunakan teknologi 3G dibandingkan negara lainnya.

Selain itu, generasi ini dapat menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, video telephony, dan lain-lain dengan lebih baik. 3G ini menggunakan teknologi CDMA yang awalnya muncul dari teknologi militer Amerika Serikat.? Dalam jangka panjang, CDMA dan teknologi-teknologi lainnya seperti GSM akan dibandingkan berdasarkan pada biaya total per pelanggan dari jaringan infrastruktur dan harga pesawat telepon. Dengan 3G, komunikasi murah dan berkualitas bukan impian belaka. Tinggal bagaimana kita menggunakannya, untuk kebaikan atau keburukan? [andi]