Friday, 31 May 2024, 01:59

Assalaamu’alaikum wr wb

Batre isi ulang yang sering disebut oleh masyarakat awam batre cas, atau bahasa aslinya batre charge sudah menjadi suber energi yang menggantikan batre biasa yang berbahan zinc carbon dan alkaline yang tidak bisa diisi ulang. Macam2 bahan dari batre isi ulang ini, yang umum adalah NiCad, NiMh, Li-Ion, Li-.Pol. kadang karena kesalahan pengguna usia pakai batre ini menjadi lebih singkat, rata2 batre isi ulang bisa di isi ulang hingga 500 kali, atao usia optimalnya sekitar 2 tahun. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar batre awet.

  1. Nyalakan peralatan hanya jika dipake, kec HP, jangan tinggal nyala
  2. Gunakan batre sampe habis, atau indikator di peralatan menunjukan habis dan minta diganti/isi ulang
  3. Isi ulang batre menggunakan charger yang disarankan, krena salah menggunakan charger bhkn bisa membuat batre meledak
  4. Isi ulang sampe penuh, karena batre yng sering diisi setengh2 akan cepat turun kemampuannya
  5. Pada peralatan yang memiliki faslilitas perawatan batre, spt batre care, batre maintenance mis pada HP dan laptop gunakan menu tersebut secara berkala
  6. Pilih peralatan yang memang dikenal hemat energi, atau memiliki fasilitas penghematan energi spt energi saver, econo power, dsb.

Semoga bermanfaat. [ariandi]

3 thoughts on “Agar Batre Isi Ulang (Charge) Awet

  1. wah jeng.penjelasanya sederhana malah bikin pertanyaan tuh.hal seperti memori efek,over charge,quick refresh tidak ada.bagi yg blm jelas baca di oprekpc.saran pake powerex maha ato eneloop.

Comments are closed.