Sunday, 26 May 2024, 16:54

Assalaamu’alaikum wr wb

Maka, jika pekerjaan menuntut Anda untuk terus berkutat dengan komputer, ada baiknya Anda menggunakan monitor komputer LCD. Nah, untuk memilih produk yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui parameter yang mendefinisikan perbedaan antar monitor LCD yang ada saat ini. Memang terdengar sangat teknis, tapi pemahaman key feature ini akan membantu Anda. Apa saja key feature tersebut, berikut daftarnya:

  1. Aspect Ratio-Standar proposi lebar-tinggi monitor komputer adalah 4:3, tapi format yang lebih lebar sekarang sudah dapat dijumpai, seperti 16:9 atau 16:10. Format monitor yang lebih lebar ini dapat membantu pekerjaan yang berhubungan dengan data dan angka. Juga ideal untuk pekerjaan membuat dan mengedit video.
  2. Viewing Angle-Monitor LCD memiliki sudut pandang (viewing angle) yang lebih kecil. Melihat monitor dari sudut pandang tertentu, atau menggeser monitor, dapat menyebabkan perubahan yang signifikan pada brightness, contrast bahkan warna.
  3. Response Time-Fitur ini merujuk pada waktu yang dibutuhkan sebuah piksel untuk berubah dari putih ke hitam atau sebaliknya. Semakin kecil? nilai response time, semakin baik kualitas monitor tersebut. Dulu response time monitor LCD dianggap kurang baik karena hanya 16ms (milliseconds) sehingga tidak dapat menampilkan gambar ?yg bergerak cepat. Tapi sekarang sudah banyak monitor LCD yang memiliki response time 2ms.
  4. Contrast Ratio-Yaitu perbandingan brightness pada posisi paling putih dan paling hitam. Nilai contrast ratio yang besar menujukkan kemampuan monitor tersebut untuk menampilkan detail dan warna gambar yang berkualitas.
  5. Koneksitas-Monitor LCD adalah perangkat digital sehingga sinyal analog (VGA) harus dikonversi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Sebagian besar monitor LCD dilengkapi input analog, meski ada juga yang dilengkapi baik VGA ataupun DVI (Digital Video Interface).
  6. Resolusi-Monitor LCD memiliki resolusi standar (native resolution) 1024×768. Tapi untuk mendapatkan gambar tajam berkualitas, sebaiknya Anda tetap menggunakan resolusi asli atau standar tadi.

So, sekarang udah tahu tipsnya kan? Selamat berbelanja [ariandi]

1 thought on “Memilih Monitor LCD

  1. Assalamualaikum………..

    mas saya mau tanya..???.. klo milih flest dish yang bagus merk apa yua.>????

    truss klo SANLAT Di PPIB mau di adain kapan lagi…?????

    Soalnya Saya tahun kemaren ikut… jdi mudah2an klo di adain lagi SANLATnya Saya beserta teman2 dari SMK PELITA CIAMPEA INSYAALLAH mau Ikut…….

    Wassalamualaikum/………………

Comments are closed.