Memperkuat Iman 9

ass.. saya yuni seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi… say mau bertanya.. bagaimana cara kita agar memperkuat iman kita kepada Allah SWT.. terima kasih sebelumnya…

wahyuni <yu_nie2203@yahoo.com>

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Iman yang kuat pada dasarnya merupakan hasil dari process ‘mencintai Alloh’, dan harus dipahami juga bahwa process mencintai ini bukan merupakan proses sekali saja, namun merupakan sebuah proses yang berkelanjutan alias terus menerus. Karena Adik masih kuliah, secara umum langkah-langkah praktisnya adalah sebagai berikut:

Bergaul dengan orang-orang yang baik
Bergaulah dengan teman-teman yang baik dan tidak mendorong kepada keburukan, walaupun tidak mudah untuk bisa memperoleh teman yang baik, cobalah untuk mencarinya, setelah kita usaha jangan lupa untuk berdoa, InsyAllah akan mudah jalan-nya.

Saya ada sedikit cerita, salah seorang teman pada saat saya kuliah memiliki perangai yang tidak baik, suka berkata kasar dan memaki. Kemudian teman tersebut menyampaikan keluhannya kepada beberapa orang (termasuk saya), pada dasarnya di ingin berubah! Akhirnya dengan bantuan beberapa orang kita sepakat untuk selalu berbicara dengan bahasa Jawa halus (kebetulan kami kuliah di Jawa Tengah) dengan dia, Alhamdullilah dengan bantuan cukup banyak teman lainnya yang kemudian bergabung, akhirnya kebiasaan teman saya tersebut berubah dalam waktu 1 semester, sampai-sampai keluarganya-pun heran.

Memanage Hati dan pikiran
Coba untuk memanage hati dan pikiran hanya kepada hal yang terkait dengan pelajaran di kampus dan Islam, sibukkan diri kita dengan hal-hal tersebut, bagaimana caranya? salah satu cara yang sering saya gunakan adalah dengan menantang diri saya sendiri untuk mempelajari suatu hal dalam kurun waktu tertentu.

Hal yang saya pilih untuk dipelajari adalah segala sesuatu yang saya alami atau akan saya hadapi, misal saya harus bepergian jauh minggu depan, maka saya menantang diri saya sendiri untuk harus bisa paham hukum safar (bepergian) sebelum saya berangkat. Jadi dalam kurun waktu 1 minggu tersebut saya gunakan untuk mencari dan mempelajari mengenai hukum safar.

Cobalah untuk melakukan hal tersebut secara terus menerus, karena Islam memberikan jawaban tuntas mengenai berbagai masalah yang dihadapi manusia, maka jangan ragu untuk menggunakannya sebagai pemecah berbagai permasalahan yang anda temui.

Memperbanyak membaca / mendengarkan Al-Quran
Biasakan untuk membaca al-Quran setiap hari, tidak ada batasan waktu untuk membaca al-Quran, bisa kita lakukan kapan saja. Untuk memperdalam pemahaman kita terhadap al-Quran, bacalah juga arti/maknanya, gunakan Al-Quran yang ada terjemahnya / tafsirnya, seringlah bergabung dengan majelis-majelis tafsir al-Quran.

Dalam sehari tentunya kita harus melakukan berbagai kegiatan, diantara kegiatan yang kita lakukan tersebut biasakanlah memperdengarkan Al Quran, (coba ganti lagu2 yang biasanya kita dengarkan dengan Murrotal Al-quran), bila tidak memiliki kasetnya, cari pinjeman atau beli, bila belum paham bahasa arab, tidak masalah, dengarkan saja dulu, karena mendengarkan-nya-pun mempunyai nilai ibadah.

Jangan lupa juga untuk mengisi MP3/MP4 player kita (kalo punya) dengan file-file mp3 al-Quran, dengarkanlah al-Quran disela-sela perjalanan ke kampus dan berusahalah untuk menghapalkannya.

Ganti nada dering ponsel atau nada tunggu ponsel kita dengan bacaan Al-Quran atau bacaan Hadist, sehingga orang yang mendengarkannya-pun insyAlloh memperoleh barokah, misal ada orang yang mau marah-marah kepada anda, waktu dia mau nelpon anda, terdengarlah nada tunggu al-Quran atau Hadist tsb, bisa jadi marahnya hilang.

Kalo sering mendengarkan radio coba cari radio yang islami, biasanya cukup banyak radio islami yang menyediakan acara tanya jawab langsung, baik melalui sms atau telepon, InsyAlloh ini akan sangat membantu kita untuk menyelesaikan berbagai permasalah yang sedang kita hadapi secara real time dan cepat.

Perbanyak membaca buku-buku Islam
Isi waktu luang dengan membaca buku-buku islam, (bisa dilakukan sambil mendengarkan murottal Alquran / Radio islami) carilah buku islami dengan topik yang disenangi, selain buku islam ilmiah (non fiksi), saat ini cukup banyak cerpen atau buku fiksi islami.

Karena pada dasarnya semua hal saling berhubungan dalam Islam, maka sekali kita memulai mempelajari satu topik, cepat atau lambat semua topik akhirnya akan kita pelajari juga. Coba saja.

Mencoba untuk memecahkan permasalahan sosial dengan islam
Pengetahuan/ilmu dalam islam pada dasarnya harus diwujudkan dalam pemahaman serta sikap dan tingkah laku, tidak bisa kita hanya tahu saja tanpa kita melakukan sesuatu. Karena setiap ilmu akan dimintai pertanggung jawabannya, maka jadikanlah ilmu yang telah kita miliki bermanfaat.

Lihat sekitar anda, pasti akan ada cukup banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan islam, misal memberikan santunan kepada fakir dan miskin, mensholatkan dan mengurus jenazah, memakmurkan mushola atau masjid, menegakkan syariah dll.

Anda bisa melakukannya sendirian atau lebih bagus bila berkelompok (jamaah), karena akan memperkuat hati kita (dengan banyaknya teman) dan sekaligus mengasah pemahaman kita (kita bisa ngecek pemahaman kita terhadap suatu masalah kepada teman-teman kita) serta dalam waktu bersamaan turut berjuang bersama menegakkan Islam. 

Cobalah berinterkasi langsung dengan masyarakat, kalo biasanya kita menunaikan zakat, infaq, sodaqoh melalui lembaga ZIS, coba dengan usaha kita sendiri kita cari dan salurkan kepada mereka yang memerlukan. Cobalah terlibat langsung dalam prosesi pengurusan jenazah, memandikan, mensholatkan dan menguburkannya dll.

Semoga hal-hal praktis diatas bisa membantu dik Wahyuni untuk memperkuat keimanan sekaligus mendekatkan diri dengan Allah SWT, kalau ada teman-teman yang mau menambahkan jawaban saya sehingga menjadi lebih komplit, silahkan gunakan fasilitas comments dibawah artikel ini – [Abu Fikri]

9 thoughts on “Memperkuat Iman

  1. dewi^_^ Sep 12,2008 12:11

    asslm.. bntu ak dunkz gmn menegangkn oto2 yg stress bwaan ny mo marah tyuzz.. gmn melupakn seseorg yg kt cntai tp dia msh trus nelp2 ak gmn mo lupa klo gitu… nelp klo mo balik yahh ak seneng tp g ada tuh bilg2 gitu cm nanya kbr & gmn ak skrg gmn tuh sebaikny trima tlpny ato g usah aj yahh… help me plizz.. tengz b4

  2. BINA Nov 20,2008 00:17

    MUDAH2AN QT SELALU INGAT PD ALLAH

  3. Dwi astuti Nilasari Jan 20,2010 12:19

    Asss………….g5na’y cara’y menghindri godaan nafsu saat dg kekash dan g5na cra’y menjga hub.jarak jauh dg huhm islm??

  4. Dwi astuti Nilasari Jan 20,2010 12:26

    ASSSS………….G5NA’Y CRANYA MEMprkwt iman Qta jika keksh Qta serng minta yang melnggr dr ajrn islm??dan g5na cara menolak’y agr tdk terjd pertengkrn???

  5. alpian Apr 18,2010 15:34

    Assalamualaikum WR.WB….

    saya mau tanya mengenai hukum bagi orng2 yg suka kufur….
    dan juga apabila kita kufur dan ingin kembali islam lagi gmana.y……]

    wassalam…..

  6. eyis almaida putri Jun 1,2010 14:58

    assalamualaikum wr.wb……..

    saya ingin menjdi wanita yang pakai jilbab pastinya sholeh,,,,,,,,, tp !!!! karna,,, lingkungan dan pergaulan lah yang tdk mmadai,,,,,,,,,!!!!!!!

    saya berharap ada slusi dr smua bgaimana cra pmperkuat iman saya ini agar tidak berubah fikiran untuk niat baik ini,,,,,,,,, tp saya berfkir apkah sya sanggup dg smua,,,,,,, karna menurut saya,, pakai jilbab it bkan lah hal yang ringan!!!!!!!!!!

    apakah yang hrus sya perbuat???

  7. ebby Oct 5,2010 18:19

    assalamu’alaikum wr.wb…
    gmna cra’a memprdlm ilmu agama,,,?
    trus gmna cra memprkuat iman,dan mnjauhi lrngan’a…?

    gmna cra sholt yg khusyu,,, ?

  8. erizal Dec 22,2010 12:29

    bagaimana cara kita memperkuat iman,biar kita tidak mudah terpengaruh dengan budaya-budaya yang bisa menyesatkan aqidah,dan ketakwaan kepada Allah SWT.

  9. erizal Dec 22,2010 12:35

    hai ebby.
    wa’alaikumsalam
    menurut saya cara yang tepat untuk memperdalam ilmu agama kita adalah dengan pergi ke ponpes,dan bergaul dengan ustaz, membaca kitab,dan menkajinya.

Comments are closed.

%d bloggers like this: