Menjinakkan Virus Komputer 6

Assalaamu’alaikum wr wb

Layaknya tubuh, komputer juga bisa kena virus. Tapi virusnya bukan makhluk hidup lho, tapi program tertentu yang bisa bikin komputer kita jadi ngadat. Eh, jangan keder duluan dong!

Sering kali kita curiga dan kadang su’udzan terhadap virus yang kita telah menjangkiti komputer kesayangan kita. Dan sering banget kita bengong bin bingung sambil mikirin apa bener komputer kita kena virus? Terus gimana cara kita tahu kalo itu bener-bener virus? Meski komputer emang hanya sebuah mesin tapi cara kerjanya juga mirip banget ama tubuh manusia, yang kalo sering bertemu dengan lingkungan yang tidak baik maka akan sakit. Buat cegah itu semua ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Pencegahan

Pastikan komputer kesayanganmu selalu dilengkapi anti virus versi terbaru dan update terbaru (boleh beli yang asli kalo punya uang, tapi kalo nggak ada yang bajakan juga sama ampuhnya kok. Ngambil aja di internet: www.download.com. Biasanya tersedia program antivirus). Ada dua bagian anti virus secara umum. Pertama program anti virusnya sendiri yang memang nggak terlalu sering berubah versinya, dan bagian yang nggak kalah pentingnya ialah virus database-nya. Database virus ini merupakan daftar hitam virus yang harus dibasmi (kayak koruptor aja neh). Database ini harus selalu kamu update karena bisa jadi hanya dalam hitungan hari seudah banyak bermunculan virus-virus baru (ngerjain banget ya?).

Pencegahan merupakan perlakuan yang sangat penting, tentu kamu semua ingat donk pepatah “sedia payung sebelum hujan”, ini juga berlaku di dunia virus. Nah, kalo udah terlanjur diserang ama yang namanya virus jangan berkecil hati karena sebagian besar anti virus bukan hanya mencegah tapi sekaligus mengobati (kayak iklan aja ya?).

Deteksi yang tepat

Kadang kita hanya menggunakan ilmu kira-kira aja dalam mendiagnosa komputer kita ketika ada hal yang aneh, langsung deh nuduh: “Kamu VIRUS ya?”. Kadang virus bisa kita ketahui dengan adanya keanehan pada komputer kita, kadang muncul hal yang aneh-aneh (mulai dari yang lucu ampe yang XXX juga ada, hehehe….), atau tiba-tiba layar komputer blank, nge-hang bahkan bisa juga tuh komputer mati sendiri. Virus sendiri memang dipicu oleh beragam hal mulai dari jam tertentu, tanggal tertentu (inget donk virus Valentine?), atau memang langsung aktif ketika komputer dinyalakan.

Ketidaktahuan akan adanya virus pada komputer kita bisa menjadi musuh dalam selimut, karena kita bisa saja menularkannya kepada teman-teman, atau rental dan warnet yang biasa kita pakai dan bahkan e-mail yang kita kirim. Jangan harap bebas virus kalo disketmu sering keluar-masuk komputer rental or warnet. Maklum, di sana mah kemungkinan besar selain gudangnya, juga ?peternakan virus’.

Oya, sangat boleh jadi justru salah satu yang turut membantu perkembang-biakan virus adalah kamu juga (bukan nuduh lho), karena kamu cuek ama virus pada komputermu sendiri. Makanya, kalo kudu ngunduh alias download data dari internet di warnet atau ngetik di rental komputer, pastikan disketmu di-scan dulu di komputermu. Biar dibersihin dulu sebelum masuk ke harddisk komputer kesayanganmu di rumah.

Coba deh scaning

Kalo kamu ngerasa ada yang aneh pada komputermu dan yang kamu curigai adalah virus, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah segera scan semua file dan folder yang ada pada komputermu, tanpa terkecuali. Supaya nggak ada virus yang terlewat. Oya, sebelum kamu scan komputermu, sebaiknya update dulu deh anti virus yang kamu punya. Kalo ternyata ketemu virus maka biasanya kamu akan diberikan pilihan mau diapain tuh virus, disimpen, dikoleksi, atau dibuang. Suka-suka deh. Dan insyaAllah komputermu kembali suci seperti baru dilahirkan, eh itu mah puasa….., maksudnya kembali seperti sedia kala.

Kalo masih bingung en pusing coba bawa komputermu ke dokter-dokter terdekat, tapi tentu bukan dokter manusia, tapi dokter komputer. Insya Allah kamu dan orang-orang di sekitarmu akan terselamatkan dari ganguan virus yang terkutuk. BHehehehe…..InsyaAllah, Selamat mencoba. [andi]

6 thoughts on “Menjinakkan Virus Komputer

  1. SENSEI Nov 28,2008 01:40

    ANTI VIRUS YG BAGUS APA SEHH??
    YG G PERLU DI UPDATE TRUS2 SAN……….??????????

  2. Kurei Apr 12,2009 12:02

    Jenis virus kan update terus, jadi harus update juga donk antivirusnya.Update kan gunanya untuk mengenali jenis virus dan cara menanggulanginya, gak mungkin donk asal tuduh ” Kamu virus ya, Hayoo ngaku “. Mana ada virus teriak virus..he..he. Saranku pake Kaspersky, tu antivirus paling bagus sekaligus paling mahal. Kalau mau yang free juga banyak.

  3. benk Apr 23,2009 04:08

    antivirus yang bagus??
    antivirus yang bagus menurut ane adalah gimana kejelian kita,
    – jgn ceroboh download software di internet,
    – jangan double klik file di flashdisk sembarangan,
    – matiin autorunnya flashdisk lewat regedit ato coba pake tweakui, ada tuh buat nyettingnya,
    – klo udah terlanjur masuk ke sistem, lebih baik scan hardisk di komp temen, atau scan pake antivirus yang bisa boot langsung dari cd
    – antivirus yang gratis n bagus banyak, yang penting kita yang pake nya mau gimana??tul??

  4. benk Apr 23,2009 04:12

    pertanyaan nih,
    mudah2an ada yang tau..
    klo virus yang nyerang dokumen tu sebenernya nyerang dokumen yang ekstensinya “.doc” n “.docx” atau dia nyerang file assosiasinya??makasih,

  5. Muhammad Yusuf May 1,2009 23:05

    gue lagi bikin konsep antivirus untuk segala jenis virus, terutama virus yang menyerang fisik dan mental manusia, virus komputer dan virus agama.

    virus agama? ya, seudah gue mempelajari neurosains, gue menganggap bahwa alam semesta kita adalah komputer besar, agama sebagai antivirus dan setan sebagai virusnya. kenapa Allah terus mengupdate agama? karena agama (antivirus) terus-terusan diserang virus yang makin pintar aja. hidup ini kan tentang permusuhan antara manusia dengan setan. kalo Allah gak bantu setan dan cuma mau bantu manusia, berarti Allah gak adil ama setan. jadi, setan juga Allah bantu dalam upaya menghancurkan musuhnya dan manusia Allah kasih agama buat melindungi program-program penting dalam diri manusia dari serangan virus.

    agama yahudi terserang virus sehingga agama harus diupdate. kemudian diturunkan agama nasrani, tapi lama-lama agama nasrani terserang juga. lalu Allah melaunching agama Islam, yang dalam agama Islam terkumpul segala antivirus2 sebelumnya.

    ketika launching agama Islam, Iblis sebagai dedengkotnya virus menjerit dan para virus pada panik serta putus asa. tapi virus bikin lagi strategi buat ngancurin agama Islam dengan cara menyebarkan ratapan dan fitnah pada agama Islam.

    karena itulah gue lagi bikin konsep Islam Therapy Antivirus, yang disusun dari seluruh konsep antivirus yang pernah ada (antivirus gabungan). tentunya gue minta bantuan temen-temen yang pakar dibidang virus ikut menyusun konsep Islam Therapy Antivirus biar Islam Therapy Antivirus bikin semua virus gak berkutik.

  6. indra Jun 9,2009 15:23

    antivirus yang paling bagus apa mas????
    klo paling kuat????

Comments are closed.

%d bloggers like this: