Nama populer di Ingris

Dari hasil studi kantor nasional statistik Ingris (ONS) nama Muhammad menempati peringkat ke 23 sebagai salah satu nama yang paling populer di Ingris. Dari laporan yang dikeluarkan oleh The Times 6 Juni lalu, nama Muhammad dengan berbagai variasinya diprediksi akan menjadi nama yang paling populer dalam beberapa tahun kedepan.

Namun demikian dari hasil analisis 3000 nama paling populer di Ingris menunjukkan, dengan menghitung semua variasi penulisan nama Muhammad (terdapat 14 variasi) dan mengelompokkan-nya menjadi satu grup, maka nama Nabi kita ini menempati posisi ke dua dalam statistik tahun 2006.

Studi tersebut juga memprediksi bila kenaikan kepopuleran penggunaan nama Muhamad (rata-rata kenaikan 12 persen pertahun) tetap stabil saja, maka pada tahun 2008, nama Muhammad akan menjadi nama paling populer di Ingris.

Mohammad, yang dalam bahasa arab berarti ‘orang yang mulia’, merupakan nama yang sangat umum digunakan bagi umat muslim di seluruh dunia. Nama Muhammad juga memiliki berbagai ‘cara penulisan’ yang berbeda-beda sesuai dengan logat/dialek setempat.

Patut disyukuri bahwa orang tua muslim saat ini memiliki keinginan yang cukup tinggi untuk menunjukkan hubungan antara agama mereka dalam nama yang disandangnya.

Menurut sebuah hadith dari Rasulullah SAW bahwa nama yang baik diberikan kepada anak-anak dari kaum muslimin ialah nama para nabi. Manakala yang lebih afdhal (utama) dan disukai oleh Allah SWT ialah Abdullah dan Abdur Rahman. Sedangkan nama yang paling tepatnya ialah Harith dan Hammam. Nama yang paling buruk pula ialah Harb (perang) dan Murrah (pahit).

Pada dasarnya, memberikan nama yang baik kepada anak-anak bukanlah wajib hukumnya. Namun, jika ditinjau dari segi kesan dan akibat yang timbul daripadanya, maka hukumnya bisa beralih menjadi wajib secara sendirinya. Alhamdullilah di Ingris mulai banyak orang tua muslim yang sadar akan hal ini dan memberikan nama yang baik bagi anak-anaknya, bagaimana di Indonesia? [Abu Fikri]

%d bloggers like this: