Ramadhan Momentum untuk Hijrah

gaulislam edisi 553/tahun ke-11 (12 Ramadhan 1439 H/ 28 Mei 2018)   Apa sih hijrah itu? Secara bahasa, hijrah itu berpindah. Misalnya nih, kamu hijrah dari Bogor ke Jakarta. Awalnya tinggal di Bogor, lalu menetap di Jakarta. Tujuannya bisa banyak, kondisi yang membuat kamu hijrah juga bisa beragam. Pengalaman tiap orang bisa berbeda satu sama ...

Kekuasaan Bukan untuk Arogansi

gaulislam edisi 490/tahun ke-10 (14 Jumadil Akhir 1438 H/ 13 Maret 2017)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Ini kisah tentang Abu Bakar ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu. yang dinukil dari kitab al-Bidayah wa an-Nihayah, bab Masa Khulafaur Rasyidin, karya Ibnu Katsir. Selepas dibaiat, Abu Bakar mulai berpidato setelah memuji Allah Pemilik segala pujian, ‘Amma ...

“Gue, Gitu Lho!”

gaulislam edisi 488/tahun ke-10 (30 Jumadil Awal 1438 H/ 27 Februari 2017)   Hati-hati lho, antara percaya diri yang berlebihan dengan sombong itu beda tipis. Di medsos kamu memang bisa melakukan apapun yang kamu suka. Tetapi, harap diingat bahwa apa yang kamu sebar berupa tulisan, kata, gambar, dan suara akan memberi dampak bagi kamu dan ...

Berburuk Sangka Itu Dosa

gaulislam edisi 465/tahun ke-9 (17 Dzulhijjah 1437 H/ 19 September 2016)   Su’uzhan adalah suatu sifat atau karakter yang senantiasa curiga atau berpendapat negatif kepada suatu masalah atau kondisi. Kalo kamu punya persoalan dan itu membuat kamu menderita, kamu mikirnya yang buruk dan kadang menyalahkan pihak lain. Wah, nggak asik banget kalo kamu sampe kayak ...

Jangan Bilang Ikhlas, Jika…

gaulislam edisi 318/tahun ke-7 (21 Muharram 1435 H/ 25 November 2013) Untuk mewujudkan keikhlasan kita dalam beramal shalih, sebisa mungkin kita nggak milih-milih pekerjaan. Maksudnya milih pekerjaan di sini adalah pekerjaan itu udah halal, hanya saja ada yang menurut ukuran pikiran dan perasaan kita kok kayaknya rendah, gitu lho. Kalo memilih pekerjaan antara yang halal ...

Usir Sifat Kikir

gaulislam edisi 297/tahun ke-6 (22 Sya’ban 1434 H/ 1 Juli 2013) Kamu kayaknya pada tahu deh istilah yang satu ini ya? Yup, kikir (taqtîr, bakhil) adalah mencegah diri untuk menginfakkan harta dalam perkara yang wajib. Misalnya nih, seseorang tidak membayar satu dirham dari ketentuan zakat mal yang wajib dikeluarkannya, atau tidak menafkahi orang-orang yang wajib ...

Mengukur Manfaat Ikhlas

gaulislam edisi 193/tahun ke-4 (2 Sya’ban 1432 H/ 4 Juli 2011)   Bro en Sis, ketemu lagi dengan gaulislam. Edisi pekan ini, pekan  ke-193, sengaja buletin kesayangan kamu ini membahas seputar ikhlas. Tema ini sebenarnya sudah banyak dikupas, tetapi nggak ada salahnya juga kalo kita bahas lagi. Tentu dari sudut yang berbeda tetapi tetap memberi ...

Mengukur Ikhlas Kita

gaulislam edisi 112/tahun ke-3 (27 Dzulhijjah 1430 H/14 Desember 2009) Dari Amirul Mukminin, Umar bin Khathab ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan bergantung kepada niatnya dan tiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka ia akan mendapatkan pahala hijrah karena ...
%d bloggers like this: