Dakwah untuk Berubah

gaulislam edisi 766/tahun ke-15 (28 Dzulqa’dah 1443 H/ 27 Juni 2022) Prihatin sih dengan kondisi kita sebagai muslim akhir-akhir ini. Level pemahaman agama di antara kita berbeda-beda. Ada yang alim banget, itu ulama namanya, ada yang sedang-sedang saja seperti para ustaz dan muballigh, ada juga yang awam banget kayak kita-kita ini. Nah, ketika ada suatu ...

Terang atau Gelap?

gaulislam edisi 752/tahun ke-15 (18 Sya’ban 1443 H/ 21 Maret 2022) Semua pilihan ada di tangan kita. Namun, harus diingat bahwa pilihan tersebut ada konsekuensinya. Pilih terang atau gelap? Eh, ini pertanyaannya untuk apa sih, konteksnya apa? O iya. Belum jelas, ya. Ini konteksnya tentang kehidupan, bisa juga tentang ilmu. Hidup di zaman kegelapan (jahiliyah), ...

Umat Islam Hari Ini

gaulislam edisi 749/tahun ke-15 (27 Rajab 1443 H/ 28 Februari 2022) Ini tentang kondisi kita, kaum muslimin. Termasuk kamu para remaja muslim. Suka atau duka, kitalah hari ini. Hari di mana kita harus mengakui apa yang menjadi ‘nasib’ kita. Apa adanya aja, sih. Why? Supaya kita bisa memperbaiki keadaan ini. Bukan malah “kapalang jeblog” alias ...

Valentine’s Day Unfaedah

gaulislam edisi 747/tahun ke-15 (13 Rajab 1443 H/ 14 Februari 2022) Kalo dibilangin nggak berfaedah ya memang nggak, sih. Malah, maksiat sebenarnya. Kok bisa? Jangan pura-pura nggak tahu. Eh, sori, siapa tahu emang kamu ada yang belum tahu, ya. Jadi begini. Valentine’s Day itu bukan budaya Islam. Ngapain juga dirayakan. Nggak ada gunanya juga disambut ...

Cinta Tapi Jangan Gila

gaulislam edisi 642/tahun ke-13 (15 Jumadil Akhir 1441 H/ 10 Februari 2020) Masuk bulan Februari, biasanya yang sulit dihindari adalah, mengidentikan bahwa Februari itu bulan cinta. Opini soal ini terus digembar-gemborkan sejak lama. Sejak saya baru masuk SMK juga udah rame tuh, di akhir tahun 80-an. Ya, tahun 1989 saya masuk SMK (idih, ketahuan tuanya ...

Akidah Labil? Nggak Banget!

gaulislam edisi 613/tahun ke-12 (19 Dzulqo’dah 1440 H/ 22 Juli 2019) Bro en Sis, siapa di antara kamu yang masih labil? Ayo ngaku! Hehehe. Biasanya anak remaja nih yang suka labil. Sering gaje, nggak jelas. Gampang berubah kondisi hati, pikiran atau tingkah lakunya. Suka tetiba sensi, galau atau marah yang kadang tanpa alasan. Pernah ngalamin, ...

Prank yang Jadi Hiburan

gaulislam edisi 608/tahun ke-12 (14 Syawal 1440 H/ 17 Juni 2019) Ya, tema buletin kita kali ini tentang prank! Tema yang aku tunggu-tunggu banget buat dibahas. Nggak perlu dijabarin juga, kamu pasti tahu dong, apa itu prank. Yups, bener banget, yang sering muncul di notif-notif medsos, entah itu YouTube, Instagram, dan medsos lainnya. Fenomena prank ...

April Mop Tradisi Jahiliyah

gaulislam edisi 597/tahun ke-12 (25 Rajab 1440 H/ 1 April 2019) Ada yang was-was dengan bulan April? Selain Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun ini ya, Bro en Sis (hehehe…). Mungkin untuk sebagian orang ada yang tidak mengharapkan datangnya bulan April, kenapa? Karena ada 1 hari dimana mereka akan dijadikan sebagai bahan lelucon. Yup, April ...

Gadis Jahiliyah

gaulislam edisi 570/tahun ke-11 (14 Muharram 1440 H/ 24 September 2018) Assalamualaikum… halo Bro en Sis yang insya Allah dirahmati Allah Ta’ala, gimana kabarnya, nih? Insya Allah baik, yah! Btw, sekarang aku bakal ngebahas tema seputar cewek kurang ilmu, nih. Emh… kalo diliat dari lingkungan sekitar kita, Bro en Sis ngerasa nggak sih kalo banyak ...

Santri Jatuh Cinta

gaulislam edisi 539/tahun ke-11 (3 Jumadil Akhir 1439 H/ 19 Februari 2018)     Apa? Santri saling jatuh cinta? Memangnya ada apa dengan santri yang saling jatuh cinta? Apakah itu hal yang salah? Tidak wajar? Jangan-jangan itu bahkan adalah hal yang sangat salah? Sabar, Bro en Sis, sabar. Pada kesempatan kali ini, buletin gaulislam yang ...
%d bloggers like this: