Berguguran di Jalan Hijrah

gaulislam edisi 525/tahun ke-11 (24 Safar 1439 H/ 13 November 2017)   Sedih, pake banget. Tapi, mau gimana lagi. Semua itu pilihan. Namun tetap ada konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Ta’ala kelak. Beberapa hari belakangan ini kita dihebohkan dengan kabar seorang seleb yang memutuskan melepas kerudung trendinya. Eh, kok kerudung? Bukannya itu jilbab? ...

Valentine’s Day, Pilkada, dan Nasib Kita

gaulislam edisi 486/tahun ke-10 (16 Jumadil Awal 1438 H/ 13 Februari 2017) Setiap tanggal 14 Februari selalu jadi hajatan kasih sayang, khususnya bagi para remaja. Kasih sayang yang dimaknai dengan “cinta”, walau prakteknya lebih banyak “nista”. Ah, semua sudah tahu kok niat terselubung di pesta V Day, yakni soal bisnis dan birahi tak terkendali. Lagu ...

Halloween? Sudah Lupa, Tuh!

gaulislam edisi 471/tahun ke-10 (30 Muharram 1438 H/ 31 Oktober 2016)   Judulnya membingungkan kalo dibaca sekilas. Sebab, ada info kalo gelaran Halloween itu ya di akhir Oktober alias tanggal 31 Oktober. Jadi, malah ingat, kan? Iya, hari ini. Hehe.. tadinya mungkin lupa. Gara-gara ada tulisan ini kembali ingat. Apa benar seperti itu? Bisa iya ...

Mati Bersama Rokok

gaulislam edisi 447/tahun ke-9 (9 Sya’ban 1437 H/ 16 Mei 2016)   Awalnya dari sekadar mendengar, bahwa merokok itu enak. Kemudian melihat, kok kayaknya benar-benar enak. Akhirnya nggak tahan untuk nyobain. Setelah nyobain, eh, ternyata berhentinya susah setengah mati. Itulah salah satu alasan klasik yang paling banyak ditemui dari para remaja yang sudah kadung terjerumus ...

Mandiri Itu Wajib!

gaulislam edisi 440/tahun ke-9 (19 Jumadil Akhir 1437 H/ 28 Maret 2016)   Alhamdulillah ketemu lagi nih. Kamu bisa baca lagi buletin kesayangan kamu semua. Malah ada remaja yang bilang bahwa ini buletin yang nggak ngebosenin meskipun tema yang dibahas selalu seputar remaja alias muter-muter aja di situ. Ehm.. jadi geer banget nih, disebut buletin ...

Muslim Kok Gitu?

  gaulislam edisi 428/tahun ke-9 (23 Rabiul Awwal 1437 H/ 4 Januari 2016)   Jadi muslim itu, seharusnya bahagia. Banyak ustaz bilang bahwa menjadi muslim adalah anugerah terindah. Karunia besar yang diberikan Allah Ta’ala. Patut disyukuri. Namun, ada juga lho, muslim yang justru merasa risih dengan label muslimnya. Kok bisa? Usut punya usut, ternyata oknum ...

Tahun Baru Tradisi Kuno

gaulislam edisi 427/tahun ke-9 (16 Rabiul Awwal 1437 H/ 28 Desember 2015)   Bosen sih nggak. Cuma kadang pegel ati aja. Kok bisa? Iya. Rasanya udah berkali-kali ngasih tahu, tapi kok nggak banyak orang yang sadar. Jadinya kan pegel en dongkol di hati. Kalo ngikutin hawa nafsu mah pengennya pensiun aja dah dari ngasih tahu ...

Negeri Narkoba

gaulislam edisi 397/tahun ke-8 (14 Sya’ban 1436 H/ 1 Juni 2015)   Walau upaya memerangi narkoba sudah digelar sejak bertahun-tahun lalu, namun negeri ini sepertinya tetap berpredikat sebagai negeri narkoba. Gimana nggak, narkoba seperti sudah melekat erat identik dengan kehidupan negeri ini. Nggak semuanya memang, tetapi banyak juga jumlahnya. Hukuman mati sudah dilakukan kepada sebagian ...

Geng Motor Bikin Horor

gaulislam edisi 387/tahun ke-8 (3 Jumadil Akhir 1436 H/ 23 Maret 2015)   Kenyamanan, keamanan, dan ketenangan berkendara di jalanan semakin lama semakin mengkhawatirkan. Bukan hanya karena kemacetan yang semakin tak teratasi, atau kecelakaan lalu lintas yang bisa kapan saja menimpa diri. Ancaman keamanan dan ketenangan berkendara ini justru datang dari gerombolan pemuda yang seharusnya ...

Valentine’s Day Itu Lebay

gaulislam edisi 381/tahun ke-8 (20 Rabiul Akhir 1436 H/ 9 Februari 2015) Aduh, dikatain lebay ya kalo kita ngerayain Valentine’s Day? Ya, itu sih silakan pikirkan sendiri aja Bro en Sis. Lebay itu kan berlebihan, kok gimana nyambungnya dengan merayakan Valentine’s Day? Justru itu yang disebut berlebihan. Harusnya biasa aja, kok malah dirayakan? Gimana nggak ...
%d bloggers like this: