Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Imun dan Iman

gaulislam edisi 713/tahun ke-14 (11 Dzulqa’dah 1442 H/ 21 Juni 2021) Covid-19 kembali mengganas beberapa hari ini. Setidaknya itu berdasarkan informasi di media massa maupun media sosial. Saya tidak akan menyebutkan angkanya, intinya, menurut berita, banyak yang terpapar. Silakan cari sendiri aja, ya. Hehehe… bukan malas nuliskan di sini, tetapi supaya kamu jadi rajin baca ...

Bro, Kamu Sehat?

gaulislam edisi 480/tahun ke-10 (3 Rabiul Akhir 1438 H/ 2 Januari 2017)   Hehehe bukan mau nge-buly or ngeledekin kamu, lho. Ini sekadar menyindir. Ih, sama aja dong? Emang! Tapi kamu udah tahu kan istilah “sehat” ini? Iya. Sebagian besar pastinya tahu, yakni lawan dari sakit. Lebih lengkapnya, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), se·hat ...

Apa Kabar Kaum Muslimin?

gaulislam edisi 304/tahun ke-6 (12 Syawal 1434 H/ 19 Agustus 2013)   Bagi kamu yang ngikutin perkembangan berita sepekan terakhir ini, masih terasa suasana hari kemerdekaan Indonesia (17 Agustus), pastinya tahu juga dong peristiwa di Mesir? Mengetahui juga dong kejadian-kejadian seputar arus balik mudik lebaran? Mungkin juga ngeh hal-hal yang berkaitan dengan kasus penembakan polisi ...

Masalah Kata “Allah” di Malaysia dan Indonesia (Siapa Pelanjut agama Ibrahim?) – (2)

Oleh Dr. Adian Husaini Sebagaimana konsep Islamic worldview (pandangan-alam Islam) yang ditandai dengan karakteristiknya yang otentik dan final, maka konsep Islam tentang Tuhan, menurut Prof. Syed Muhammad Naquib al-Attas,  juga bersifat otentik dan final. Itu disebabkan, konsep Tuhan dalam  Islam, dirumuskan berdasarkan wahyu dalam al-Quran yang juga bersifat otentik dan final. Konsep Tuhan dalam Islam ...

Masalah Kata “Allah” di Malaysia dan Indonesia (Siapa Pelanjut agama Ibrahim?) – (1)

Pengantar: Masalah penggunaan kata ”Allah” di Malaysia sekarang menyita banyak perhatian masyarakat internasional. Tidak hanya di Malaysia, di Indonesia pun, sejumlah media massa menurunkan berita dan opini seputar masalah ini. Sejumlah pihak mengirimi saya beberapa berita dan opini melalui emel dan meminta tanggapan. Untuk sedikit menjernihkan masalah ini, berikut ini saya turunkan tulisan, yang – ...
%d bloggers like this: