Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Imun dan Iman

gaulislam edisi 713/tahun ke-14 (11 Dzulqa’dah 1442 H/ 21 Juni 2021) Covid-19 kembali mengganas beberapa hari ini. Setidaknya itu berdasarkan informasi di media massa maupun media sosial. Saya tidak akan menyebutkan angkanya, intinya, menurut berita, banyak yang terpapar. Silakan cari sendiri aja, ya. Hehehe… bukan malas nuliskan di sini, tetapi supaya kamu jadi rajin baca ...

Orang Waras Tolak Miras

gaulislam edisi 697/tahun ke-14 (17 Rajab 1442 H/ 1 Maret 2021) Iya nih, rame soal pro-kontra legalisasi investasi miras di negeri kita. Kok bisa, itu kan haram? Iya, bagi kita kaum muslimin, jelas banget itu bukan perkara ma’ruf, tetapi urusan munkar. Udah mah dosa, bahaya pula. Eh, apa pemerintah nggak nyadar soal ini, ya? Mestinya ...

Awas Kena Corona!

gaulislam edisi 648/tahun ke-13 (28 Rajab 1441 H/ 23 Maret 2020) Judul buletin kesayangan kita kali ini sekadar merekam ingatan saja. Kalimat itu sering muncul di media sosial. Bikin takut dan malah ada yang panik nggak jelas. Tulisan ini melanjutkan edisi pekan kemarin yang membahas tentang Corona yang kian merajalela yang dihubungkan dengan ibadah agar ...

Corona Merajalela, Ibadah Jangan Melemah

gaulislam edisi 647/tahun ke-13 (21 Rajab 1441 H/ 16 Maret 2020) Sudah lebih dari tiga bulan sejak dilaporkan kasus pertama pasien yang terinfeksi virus corona. Saya membaca tulisan dr Makhyan Jibril A MSc MBiomed yang diimuat di kumparan.com (14/3). Isinya ini. Dunia telah dihebohkan oleh pandemi dari infeksi Coronavirus COVID19. Sampai hari ini 14 Maret ...

Mati Bersama Rokok

gaulislam edisi 447/tahun ke-9 (9 Sya’ban 1437 H/ 16 Mei 2016)   Awalnya dari sekadar mendengar, bahwa merokok itu enak. Kemudian melihat, kok kayaknya benar-benar enak. Akhirnya nggak tahan untuk nyobain. Setelah nyobain, eh, ternyata berhentinya susah setengah mati. Itulah salah satu alasan klasik yang paling banyak ditemui dari para remaja yang sudah kadung terjerumus ...
%d bloggers like this: