Ada yang Takut Islam Politik

gaulislam edisi 568/tahun ke-11 (30 Dzulhijjah 1439 H/ 10 September 2018)   Masih ada aja lho orang yang phobia alias takut pisan bin banget terhadap politik, khususnya Islam politik. Gerakan #2019GantiPresiden aja banyak dipersekusi bahkan dituduh ditunggangi oleh ormas Islam bernama HTI—padahal katanya udah dibubarin sama pemerintah. Alasannya, karena HTI adalah ormas yang getol ngomongin ...

Ngaku Muslim Tapi Nggak Islami

gaulislam edisi 567/tahun ke-11 (23 Dzulhijjah 1439 H/ 3 September 2018)   Banyak kaum muslimin yang ngakunya muslim tapi ogah tampil islami. Di KTP sih tertulis Islam pada kolom agama, tapi kok benci Islam, ya? Namanya sih islami, tapi kelakuan bejat 27 kali lipat. Lahir dari keluarga muslim, tapi mengamalkan Islam hanya yang dia suka ...

Remaja Sadar Politik

gaulislam edisi 559/tahun ke-11 (25 Syawal 1439 H/ 9 Juli 2018)   Soal politik di negeri kita lagi panas-panasnya. Belum lama digelar Pilkada serentak di 171 daerah pada 27 Juni 2018 lalu. Sudah terpilih pula kepala daerah yang ikut berkompetisi di ajang pilkada tersebut. Tentu saja, karena dalam sistem demokrasi yang menjadi pemenang adalah yang ...

Mengislamkan Indonesia

gaulislam edisi 546/tahun ke-11 (22 Rajab 1439 H/ 9 April 2018)     Pekan kemarin kita disuguhi puisi Sukmawati Soekarnoputri yang menyinggung umat Islam. Pada puisi yang dibacakannya ada bagian yang isinya melecehkan ajaran Islam. Dia seolah sedang membandingkan antara Indonesia dengan Islam. Sukmawati bilang suara kidung lebih merdu dari azan. Konde lebih cantik dari ...

Genosida di Rohingya

gaulislam edisi 515/tahun ke-10 (13 Dzulhijjah 1438 H/ 4 September 2017)   Kaum muslimin di Rohingya kembali berduka. Kita juga sepantasnya berduka sebagai sesama saudara seiman. Seperti yang udah diberitakan banyak media massa, bahwa menjelang Idul Adha pekan kemarin, tepatnya pada 25 Agustus 2017 berkecamuk kembali kerusuhan dan akhirnya kejadian pada 2012 silam terulang. Kaum ...

Jika Memang Benar, Ngapain Takut?

gaulislam edisi 495/tahun ke-10 (20 Rajab 1438 H/ 17 April 2017)   Ahad kemarin ada teror kepada Habib Rizieq Syihab saat berlangsung tabligh akbar di Cawang, Jakarta Timur. Mobil yang terbakar disebut meledak di dekat gedung BNN, Cawang, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Ahad dinihari (16/04/2017), diduga untuk meneror Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ...

Dakwah dan Jihad

gaulislam edisi 470/tahun ke-10 (23 Muharram 1438 H/ 24 Oktober 2016)   Sobat gaulislam, akhir-akhir ini kalo kamu getol nyimak peristiwa sosial dan juga politik serta hukum dan lainnya, mestinya tahu juga dong soal pelecehan dan penghinaan terhadap salah satu ayat di al-Quran yang dilakukan seorang gubernur nonmuslim. Itu seharusnya sudah cukup membuat kita prihatin ...

Kehormatan Manusia

  gaulislam edisi 423/tahun ke-9 (18 Safar 1437 H/ 30 November 2015)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Islam sangat menjaga kehormatan manusia. Ada aturan mainnya lho dalam Islam. Bayangin deh kalo nggak ada aturan atau ajaran untuk saling menghormati sesama manusia, pasti dunia ini terasa kering, dan bahkan menjadi tempat yang menakutkan ...

Jauhi Miras dan Narkoba, Bro!

gaulislam edisi 415/tahun ke-8 (21 Dzulhijjah 1436 H/ 5 Oktober 2015)   Sobat gaulislam, miras (apa pun namanya) selalu bikin masalah. Tetapi, kenapa eh kenapa kok masih juga beredar di pasaran ya? Malah Pemprov DKI Jakarta melegalkan penjualan miras (dengan kadar alkohol di bawah 5 persen) di minimarket. Idih, kok nggak mikir dampaknya ya? Bagaimana ...

70 Tahun Tanpa Perubahan

gaulislam edisi 408/tahun ke-8 (2 Dzulqa’dah 1436 H/ 17 Agustus 2015)   Sobat gaulislam, sudah bisa ditebak bahwa judul ini terkait usia kemerdekaan negeri ini dari penjajahan militer negara asing. Dari tahun 1945 sampai saat ini 2015 kan 70 tahun waktunya. Nah, kenapa judulnya 70 tahun tanpa perubahan? Waduh, parah nih yang nulis. Bikin makar ...
%d bloggers like this: