Pesohor, Narkoba, Homoseksual

gaulislam edisi 724/tahun ke-14 (29 Muharram 1443 H/ 6 September 2021) Transfer window closed, In: Coki Pardede. Out: Saipul Jamil. Meme ini tersebar di media sosial. Hmm… kayak transfer pemain di industri sepak bola aja, ya. Kalo kamu suka ngikutin perkembangan industri sepak bola internasional, mestinya tahu sih istilah ini. Namun dalam kasus ini, bisa ...

Dirimu Musuh Terbesarmu

gaulislam edisi 720/tahun ke-14 (1 Muharram 1443 H/ 9 Agustus 2021) Kalo ngomongin soal berantem, kayaknya anak cowok bisa berbusa-busa cerita. Entah pengalamannya bertarung satu lawan satu, atau sekadar tawuran alias rame-rame berantem nggak jelas. Kalo yang nggak pernah berantem dan nggak pernah tawuran gimana? Ya, paling bisa cerita pengalamannya nonton film silat kayaknya. Bahkan ...

Shalat Cegah Maksiat

gaulislam edisi 704/tahun ke-14 (7 Ramadhan 1442 H/ 19 April 2021) Bro en Sis rahimakumullah, insya Allah pembahasan ini sebenarnya udah ngelotok alias tahu banget. Ya, saking seringnya disampaikan di berbagai forum pengajian. Namun, kenapa dibahas pula di buletin ini, ya? Sekadar mengingatkan aja. Sebab, secara fakta juga kita sebenarnya nggak bisa menutup mata bahwa ...

Pernikahan Itu Solusi, Mengapa Pilih Pacaran?

gaulislam edisi 700/tahun ke-14 (8 Sya’ban 1442 H/ 22 Maret 2021) Sobat gaulislam, udah sering kami bahas soal ini. Jadi semacam membuka arsip saja. Temanya sama, tetapi kata-kata berbeda, fakta sedikit berbeda. Namun, yang sudah pasti sama adalah solusinya, yakni berdasarkan tuntunan syariat Islam. Tentu, ada beberapa yang spesifik, tetapi secara umum tetap sama sesuai ...

Orang Waras Tolak Miras

gaulislam edisi 697/tahun ke-14 (17 Rajab 1442 H/ 1 Maret 2021) Iya nih, rame soal pro-kontra legalisasi investasi miras di negeri kita. Kok bisa, itu kan haram? Iya, bagi kita kaum muslimin, jelas banget itu bukan perkara ma’ruf, tetapi urusan munkar. Udah mah dosa, bahaya pula. Eh, apa pemerintah nggak nyadar soal ini, ya? Mestinya ...

Salah Dibela, Benar Dicela

gaulislam edisi 689/tahun ke-14 (20 Jumadil Awwal 1442 H/ 4 Januari 2021) Bagi kamu yang ngikutin timeline media sosial, termasuk di dalammya berita di media massa, bahkan mungkin acara infotainment di televisi dan gosip di media sosial, pasti deh nemuin kasus yang lagi heboh jadi perbincangan. Ya, seorang selebritis (nggak perlu disebutkan namanya, ya) yang ...

Udah Putus, Tapi Berlanjut Terus

gaulislam edisi 681/tahun ke-14 (23 Rabiul Awwal 1442 H/ 9 November 2020) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Pekan ini kita ngobrolin yang ringan-ringan aja kali ya. Udah gitu, yang biasanya disuka remaja seumuran kamu. Hehehe… pastinya sih begitu. Sebenarnya ada banyak tema yang bisa digarap pekan ini, misalnya tentang momen hari Pahlawan. Eh, ...

Jangan Sengaja Lupa

gaulislam edisi 678/tahun ke-14 (2 Rabiul Awwal 1442 H/ 19 Oktober 2020) Kalo urusan lupa sih sebenarnya hampir semua orang pernah lupa. Beberapa orang jarang lupa, dan kalo periwayat hadits seperti para ulama terdahulu, mestinya jangan sampai lupa. Kalo kita? Hehehe… dimaklumin dah. Saya aja sering lupa. Udah diingetin padahal, tapi lupa juga. Biasanya lupa ...

Syirik di Sekitar Kita

gaulislam edisi 674/tahun ke-13 (3 Shafar 1442 H/ 21 September 2020) Kamu pernah mendengar istilah syirik, kan? Mestinya sudah ya. Sejak kecil malah, seharusnya. Why? Sebab, pembahasan ini masuk kategori akidah dan itu sudah dipelajari lebih awal. Akidah bisa cacat lho gara-gara berbuat syirik. Jadi, emang kudu ati-ati. Kenapa sekarang dibahas di buletin ini? Dulu, ...

Mengislamkan Negara

gaulislam edisi 658/tahun ke-13 (9 Syawal 1441 H/1 Juni 2020) Duh, ini judul beneran kayak gini? Bener, Bro en Sis. Kamu nggak sedang ngimpi. Kamu nyadar. Kamu juga nggak salah baca. Emang judulnya gitu, kok. Hmm.. emang berat ya? Nggak juga sih. Tergantung sudut pandang aja. Zaman sekarang udah biasa. Daripada di dunia maya, bikin ...
%d bloggers like this: