Takwa Tanpa Tapi

gaulislam edisi 657/tahun ke-13 (2 Syawal 1441 H/ 25 Mei 2020) Kalo kamu disuruh sama ortu, suka pake nawar nggak? Misalnya, “Mau sih ke warung beli beras ama minyak goreng pesanan ibu, tapi boleh nggak aku nambah uang jajan?” Hehehe… ada maunya. Intinya pamrih. Padahal, kalo pun kita nggak minta begitu sama ortu, kalo emang ...

Ramadhan Akan Segera Pergi

gaulislam edisi 656/tahun ke-13 (25 Ramadhan 1441 H/ 18 Mei 2020) Udah tanggal 25 aja hari ini di bulan Ramadhan. Cepet banget rasanya, ya. Apakah kamu juga merasakan hal ini? Iya, ini hari Senin terakhir di bulan Ramadhan, karena pekan depan sudah masuk bulan Syawal. Semoga kita makin kenceng ibadahnya karena udah mendekati garis finis, ...

Ramadhan dan Corona

gaulislam edisi 652/tahun ke-13 (27 Sya’ban 1441 H/ 20 April 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kita semua. Ya, saat terbit rutin di hari Senin pekan ini, kita udah memasuki tanggal 27 Sya’ban 1441 H. Artinya, Ramadhan tinggal 2 atau 3 hari lagi. Semoga kita semua bisa menikmati bulan suci Ramadhan dan mengisinya dengan ...

Yakinlah, Bahwa Allah Mencintai Kita

gaulislam edisi 651/tahun ke-13 (20 Sya’ban 1441 H/ 13 April 2020) Saat tulisan ini dibuat, wabah Covid-19 masih belum reda. Banyak upaya sudah dilakukan manusia, namun wabah masih menjangkiti banyak orang. Pada kondisi seperti ini, kita memang kudu nyadar bahwa hanya Allah Ta’ala kita memohon pertolongan dan perlindungan. Beneran. Perbanyak dzikir, berdoa, bersedekah, dan juga ...

Taubat dari Maksiat

gaulislam edisi 650/tahun ke-13 (13 Sya’ban 1441 H/ 6 April 2020) Waduh, ngomongin maksiat lagi, nih. Emang nggak ada obrolan lain? Ehm, banyak sih pilihan obrolan, bejibun tema, malah. Cuma, karena sekarang orang masih tetep (atau malah makin banyak?) yang berbuat maksiat, bahkan di tengah pandemi Covid-19, rasa-rasanya perlu juga diingetin lagi, deh. Sebab, konsekuensinya ...

Tawakal di Masa Wabah

gaulislam edisi 649/tahun ke-13 (6 Sya’ban 1441 H/ 30 Maret 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kamu, ya. Edisi kali ini, di awal Sya’ban 1441 hijriah, tetap masih ada aroma Corona. Maksudnya, pembahasannya masih ada kaitannya dengan wabah Coronavirus. Namun, insya Allah bukan hendak menakut-nakuti, tetapi akan memberikan semangat meningkatkan iman untuk menguatkan imun. ...

Awas Kena Corona!

gaulislam edisi 648/tahun ke-13 (28 Rajab 1441 H/ 23 Maret 2020) Judul buletin kesayangan kita kali ini sekadar merekam ingatan saja. Kalimat itu sering muncul di media sosial. Bikin takut dan malah ada yang panik nggak jelas. Tulisan ini melanjutkan edisi pekan kemarin yang membahas tentang Corona yang kian merajalela yang dihubungkan dengan ibadah agar ...

Corona Merajalela, Ibadah Jangan Melemah

gaulislam edisi 647/tahun ke-13 (21 Rajab 1441 H/ 16 Maret 2020) Sudah lebih dari tiga bulan sejak dilaporkan kasus pertama pasien yang terinfeksi virus corona. Saya membaca tulisan dr Makhyan Jibril A MSc MBiomed yang diimuat di kumparan.com (14/3). Isinya ini. Dunia telah dihebohkan oleh pandemi dari infeksi Coronavirus COVID19. Sampai hari ini 14 Maret ...

Rindu yang Terlarang

gaulislam edisi 643/tahun ke-13 (22 Jumadil Akhir 1441 H/ 17 Februari 2020) Aduh, jadi inget lagu jadulnya Broery Marantika dan Dewi Yul. Ehm… jadi ketahuan deh yang nulis udah berapa umurnya. Hehehe… soalnya kamu yang kini remaja belum tentu mengenal lagu-lagu Broery Marantika. Ini bukti kalo saya yang nulis berbeda jauh usianya ya. Uhuk-uhuk… *jadi ...

Pemberi Harapan Palsu

gaulislam edisi 614/tahun ke-12 (26 Dzulqo’dah 1440 H/ 29 Juli 2019) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Sekali-kali bahas soal pacaran ah. Abisnya, banyak banget remaja yang sebenarnya tahu kalo pacaran itu membahayakan, eh, masih aja dilakuin. Udah tahu juga kalo sebenarnya banyak cowok (termasuk cewek, sih) yang tipenya tukang PHP (Pemberi Harapan Palsu), ...
%d bloggers like this: