Ramadhan, Saatnya ‘Naik Kelas’

gaulislam edisi 298/tahun ke-6 (29 Sya’ban 1434 H/ 8 Juli 2013)   Alhamdulillah ya Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam,  sesuatu banget! Akhirnya kita bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Wah, nggak terkira deh senangnya karena Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah masih memberikan kita kesempatan untuk mendulang pahala yang banyak dari amalan-amalan ...

Usir Sifat Kikir

gaulislam edisi 297/tahun ke-6 (22 Sya’ban 1434 H/ 1 Juli 2013) Kamu kayaknya pada tahu deh istilah yang satu ini ya? Yup, kikir (taqtîr, bakhil) adalah mencegah diri untuk menginfakkan harta dalam perkara yang wajib. Misalnya nih, seseorang tidak membayar satu dirham dari ketentuan zakat mal yang wajib dikeluarkannya, atau tidak menafkahi orang-orang yang wajib ...

Menjadi Remaja Pejuang Islam

gaulislam edisi 296/tahun ke-6 (15 Sya’ban 1434 H/ 24 Juni 2013)     Saya cuma bisa cengo waktu liat berita di tv tentang siswi SMP di Surabaya yang menjadi mucikari para temannya, bahkan kakaknya pun ikut ia ‘jual’ kepada om-om hidung belang. Udah separah itukah remaja di Indonesia? Demi kebahagiaan dunia, rela menghalalkan segala cara. ...

Mengapa Harga BBM Harus Naik?

gaulislam edisi 295/tahun ke-6 (8 Sya’ban 1434 H/ 17 Juni 2013)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam, alhamdulillah bisa ketemuan lagi pekan ini. Hmm… mungkin di antara kamu ada tanya-tanya bingung atau heran dengan judul edisi 295 ini. Hayo ngaku! Hehehe.. judul yang kamu baca ini nggak salah. Buletin gaulislam akan bahas topik ...

Lulus Sekolah, Malah Gundah?

gaulislam edisi 292/tahun ke-6 (17 Rajab 1434 H/ 27 Mei 2013)   Alhamdulillah, UN udah lewat, ijazah SMA sebentar lagi didapat, tapi kok senangnya cuma sesaat? Abis itu, galau! Tiap ketemu orang, entah ayah, ibu, bibi, paman, uwak, nenek, kakek, teman, temannya teman dan lainnya dan sejenisnya, semuanya ribet nanyain. “Abis ini mau kuliah di ...

Cinta Berbuah Petaka

gaulislam edisi 289/tahun ke-6 (26 Jumadil Akhir 1434 H/ 6 Mei 2013) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Well, rasa-rasanya kita udah sering banget ngomongin soal cinta. Berbusa-busa pula kita menikmati ceritanya sambil makan jagung rebus, plus selonjoran ditemani bandrek hangat buatan Mang Ohim (hehehe jadi kayak cerpen ya?). Berbagai solusi kita dapatkan, dari ...

Curhat JOMBLO

gaulislam edisi 285/tahun ke-6 (27 Jumadil Awal 1434 H/ 8 April 2013)   Kamu pernah baca buku saya yang judulnya Jomblo’s Diary belum? Belum? Waduh, sayang sekali ya. Padahal buku itu terbit tahun 2010 lalu (hehehe…). Tetapi jangan khawatir, sedikit bocorannya saya tuliskan untuk buletin gaulislam edisi ini. Jujur, saya sendiri merasa tergelitik dengan istilah ...

Islam Mengajarkan Etika, Lho!

  gaulislam edisi 282/tahun ke-6 (6 Jumadil Awal 1434 H/ 18 Maret 2013) Eh, jangan salah lho, Islam juga terampil mengajarkan etika untuk hubungan sesama manusia. Mungkin bahasanya yang pas adalah akhlak. Tapi, etika juga masih pas kok, karena menurut kamus bahasa Indonesia, etika itu adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang ...

Suriah Bersimbah Darah

  gaulislam edisi 280/tahun ke-6 (24 Rabi’ul Akhir 1434 H/ 4 Maret 2013)   Oopss.. judulnya serem juga nih. Apakah ini ada hubungannya dengan kekerasan? Hmm.. ada. Tapi dalam fakta dan butuh cara pandang yang benar dalam menilainya. Kamu kenal nggak Suriah itu apa? Sejenis makanan? No. Nama orang? Bukan. Hmm… ini nama negara, sobat! ...

Remaja Muslimah, Move On!

  gaulislam edisi 264/tahun ke-6 (27 Dzulhijjah 1433 H/ 12 November 2012)   Wah, ternyata masih banyak ya muslimah muda yang pikirannya masalah mode en duniawi aja dalam kehidupannya. Ya, masalah Islam sebagai ideologi cuma dianggap sekelebatan aja atau diambil setengah-setengah. Mereka anggap masa remaja masa yang ‘suka-suka’, mencari jati diri (tapi nggak ketemu-ketemu). Masalah akil ...
%d bloggers like this: