Berpikir Positif, Deh!

gaulislam edisi 714/tahun ke-14 (18 Dzulqa’dah 1442 H/ 28 Juni 2021) Kalo zaman sekarang sih, mendengar kata “positif” langsung nyesek bin kaget dan bikin takut. Iya, pas dibilang, “kamu positif covid-19”. Waduh, pada ogah dah. Kagak ada yang mau, pengennya pas dites, ya negatif. Eh, tapi secara umum emang tergantung konteks juga, ya. Tanya dulu ...

Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...

Antara Ujian, Azab, dan Istidraj

gaulislam edisi 692/tahun ke-14 (12 Jumadil Akhir 1442 H/ 25 Januari 2021) Duh, ngeri bener ya bahas model ginian. Apa nggak ada tema lain yang asyik buat dibahas? Misal soal makanan, tentang hiburan, atau bahas asyiknya pergaulan. Ehm… tema ini asyik juga kok. Sebab, insya Allah kamu bisa tahu perbedaan antara ujian, azab, dan istidraj. ...

Ramadhan dan Corona

gaulislam edisi 652/tahun ke-13 (27 Sya’ban 1441 H/ 20 April 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kita semua. Ya, saat terbit rutin di hari Senin pekan ini, kita udah memasuki tanggal 27 Sya’ban 1441 H. Artinya, Ramadhan tinggal 2 atau 3 hari lagi. Semoga kita semua bisa menikmati bulan suci Ramadhan dan mengisinya dengan ...

Yakinlah, Bahwa Allah Mencintai Kita

gaulislam edisi 651/tahun ke-13 (20 Sya’ban 1441 H/ 13 April 2020) Saat tulisan ini dibuat, wabah Covid-19 masih belum reda. Banyak upaya sudah dilakukan manusia, namun wabah masih menjangkiti banyak orang. Pada kondisi seperti ini, kita memang kudu nyadar bahwa hanya Allah Ta’ala kita memohon pertolongan dan perlindungan. Beneran. Perbanyak dzikir, berdoa, bersedekah, dan juga ...

Taubat dari Maksiat

gaulislam edisi 650/tahun ke-13 (13 Sya’ban 1441 H/ 6 April 2020) Waduh, ngomongin maksiat lagi, nih. Emang nggak ada obrolan lain? Ehm, banyak sih pilihan obrolan, bejibun tema, malah. Cuma, karena sekarang orang masih tetep (atau malah makin banyak?) yang berbuat maksiat, bahkan di tengah pandemi Covid-19, rasa-rasanya perlu juga diingetin lagi, deh. Sebab, konsekuensinya ...

Tawakal di Masa Wabah

gaulislam edisi 649/tahun ke-13 (6 Sya’ban 1441 H/ 30 Maret 2020) Alhamdulillah, jumpa lagi dengan buletin kesayangan kamu, ya. Edisi kali ini, di awal Sya’ban 1441 hijriah, tetap masih ada aroma Corona. Maksudnya, pembahasannya masih ada kaitannya dengan wabah Coronavirus. Namun, insya Allah bukan hendak menakut-nakuti, tetapi akan memberikan semangat meningkatkan iman untuk menguatkan imun. ...

Pejuang Bukan Pecundang

gaulislam edisi 644/tahun ke-13 (29 Jumadil Akhir 1441 H/ 24 Februari 2020) Sobat gaulislam, alhamdulillah bisa ketemu lagi ya dengan buletin kesayangan kamu ini. Eh, bener sayang nggak, sih? Hehehe.. kayak nggak pede. Oya, kenapa edisi kali ini bahas tema dengan judul ini? Hmm.. mestinya kamu udah bisa nebak ke mana arah obrolannya. Kira-kira ke ...

Mengapa Harus Bunuh Diri?

gaulislam edisi 640/tahun ke-13 (1 Jumadil Akhir 1441 H/ 27 Januari 2020) Assalamualaikum, Bro en Sis? Apa kabarnya nih? Wah, sudah akhir bulan lagi euy. Masih semangat, kan? Pastinya dong! Akhir bulan kayak gini sering kanker, tahu. Kantong kering. Eh, nggak kering juga sih. Yaaa menipis gitu alias lagi kritis (eits, kok jadi curcol sih?). ...

Gempa untuk Siapa?

Gempa untuk Siapa?
gaulislam edisi 563/tahun ke-11 (24 Dzulqa’dah 1439 H/ 6 Agustus 2018)   Lombok diguncang gempa (Ahad bakda Maghrib, 5/8/2018). Di zaman media sosial seperti ini, berbagai pesan dengan mudah disebar dan didapatkan. Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan Telegram menjadi media favorit untuk menyebar dan mendapatkan berbagai berita. Termasuk kejadian kemarin saat gempa di Lombok. ...
%d bloggers like this: