Cara Santai Ngobrolin UN

gaulislam edisi 336/tahun ke-7 (29 Jumadil Awal 1435 H/ 31 Maret 2014)   Hah! Buletin gaulislam udah ngebahas Ujian Nasional alias UN lagi? Emang udah deket ya? Nah, buat sobat gaulislam yang udah kelas tiga pasti ngeh dong. Ya iyalah, wong udah deg-degan gitu. Denger nama UN aja hati udah kebat-kebit, mulut manyun, keringat segede ...

Perlukah Tes Keperawanan?

gaulislam edisi 307/tahun ke-6 (3 Dzulqa’dah 1434 H/ 9 September 2013)   “Tuhan, tolong sisakan perawan bagi generasi kami.” Tulisan ini benar-benar ada di bawah jalan layang jalan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Gambarnya seorang laki-laki yang sedang mengangkat tangan seperti berdoa. Lucu tapi miris membacanya. Sebegitu rusakkah generasi zaman ini? Bro en Sis rahimakumullah, pembaca ...

Alhamdulillah, RSBI Bubar!

  gaulislamedisi 274/tahun ke-6 (9 Rabi’ul Awwal 1434 H/ 21 Januari 2013)   Ayo, siapa di antara kamu yang tahu RSBI? Hmm… yang pasti RSBI bukan Rumah Sakit Bersalin Indonesia, atau pun Ra iso Sekolah, Bayar Iso (nggak bisa sekolah, bayar jadi bisa), tapi adalah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Kalo ditilik dari singkatan resminya, sebenarnya ...

Jadilah ‘Guru Emas’

gaulislam edisi 266/tahun ke-6 (12 Muharram 1434 H/ 26 November 2012)   Hmm… digugu lan ditiru, 3 kata inilah yang pertama kali muncul dibenak ane ketika selesai baca email dari editor gaulislam yang ngasih tahu sekarang giliran ane untuk nulis. Ketiga kata tadi adalah dari bahasa java versi 1.0 alias bahasa Jowo asli, yang artinya, ...

Generasi Pencinta Kekerasan

 gaulislam edisi 258/tahun ke-5 (15 Dzulqaidah 1433 H/ 1 Oktober 2012)   Bro en Sis rahimakumullah, sebenarnya kasus tawuran antar pelajar bukan hal baru. Udah terlalu sering terjadi—bahkan sejak puluhan tahun lalu. Sangat mungkin di berbagai kota ada pelajar yang mengamalkan tradisi kekerasan ini. Namun, kenapa sekarang rame dibahas hingga menjadi perbincangan di media nasional? ...

Sekolah Yes! Ngaji (juga) Yes!

gaulislam edisi 222/tahun ke-5 (29 Shafar 1433 H/ 23 Januari 2012) Ada provokasi yang nggak bertanggung jawab bahwa kalo aktif ngaji katanya prestasi sekolah bisa jeblok. Ah, masak sih? Tapi faktanya, justru banyak yang ngajinya oke, sekolahnya juga oke tuh. Nggak percaya? Silakan saja survei sendiri (hehehe). Ketika saya sekolah lanjutan atas di sebuah sekolah ...

Unlimited Liability

gaulislam edisi 143/tahun ke-3 (7 Sya’ban 1431 H/ 19 Juli 2010) Buat new comer seperti kamu alias siswa anyar pasti baru aja bisa bernapas lega setelah ’disambut’ serangkaian acara MOS di sekolah baru. Mudah-mudahan udah nggak ada lagi perploncoan yang keterlaluan. Kalo masih ada praktiknya di sekolah baru kamu, wajib tuh dilaporin ke Disdik di ...

Guru Bule di Sekolahmu

gaulislam edisi 128/tahun ke-3 (20 Rabiuts Tsaniy 1431 H/5 April 2010) Diberlakukannya internasionalisasi pendidikan di Indonesia, telah mengakibatkan berbagai dampak sosial dalam kehidupan pendidikan di negara kita. Mulai dari pendidikan biaya tinggi, pengkelasan level pendidikan hingga standardisasi mutu pendidikan dengan UN. Namun tidak banyak yang memperhatikan bagaimana sekolah bisa mengejar ‘status’ internasional mereka, sehingga bisa ...

Pilih Sekolah Apa Kerja?

Bagi anak puteri, kayaknya agak sulit memutuskan, apakah akan nerusin sekolah, atau mau langsung kerja. Belum lagi soal tuntutan ortu di antara dua pilihan tersebut. Makin tambah pusing aja ya?Lalu gimana solusinya? Pertanyaan itu mungkin sedang berkecamuk di benak kamu, khususnya yang baru nglepas seragam abu-abu putih. Maklum biar pun cewek, kita-kita tetap harus mikirin ...
%d bloggers like this: