Hari Gini Masih Rayain Tahun Baru?

 gaulislam edisi 584/tahun ke-12 (24 Rabiul Akhir 1440 H/ 31 Desember 2018) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis! Apa kabar semuanya? InsyaaAllah senantiasa dalam kasih sayang Allah, ya. Nggak terasa, nih, kita udah sampai lagi di penghujung tahun. Bener, deh. Tahun 2018 tiba-tiba udah mau habis aja. Siap-siap #2019GantiKalender ya, hihihi… Pertama-tama, tentu saja kita harus mengucapkan ...

Waktu dan Usia

gaulislam edisi 376/tahun ke-8 (14 Rabiul Awwal 1436 H/ 5 Januari 2015)   Malam pergantian tahun baru udah lewat beberapa hari yang lalu. Itu momen yang ditunggu-tunggu tidak hanya di belahan bumi Eropa dan Amerika. Tetapi sebagian masyarakat kita pun menantikannya. Momentum pergantian tahun umumnya dirayakan dengan meriah. Gemuruh tiupan terompet dengan beraneka ragam bunyi. ...

Perayaan Tahun Baru Itu Gaje!

gaulislam edisi 375/tahun ke-8 (7 Rabiul Awwal 1436 H/ 29 Desember 2014)   Hai sobat gaulislam, malam tahun baru ini mau ke mana? Belum punya rencana? Gini deh, kalo kamu udah punya rencana, atau belum punya rencana tapi pengen ngerayain tahun baru, sebaiknya kamu baca gaulislam edisi ini dulu deh. Biar temen-temen ngerti gimana sejarah ...

Pesta Tahun Baru, Pesta Jahiliyah

gaulislam edisi 323/tahun ke-7 (27 Safar 1435 H/ 30 Desember 2013) Saat buletin kesayanganmu ini terbit, masih di tanggal 30 Desember 2013. Udah di penghujung tahun masehi. Nuansa perayaan tahun baru sudah mulai terasa. Tradisi tahunan ini selalu menjadi perhatian banyak kalangan, termasuk remaja. Sebenarnya pergantian waktu itu sudah biasa kita alami, tetapi manusia kadang ...

Modal yang Terus Berkurang

  gaulislam edisi 271/tahun ke-6 (18 Safar 1434 H/ 31 Desember 2012)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam, kalo merhatiin tanggalan masehi sih buletin gaulislam edisi 271 ini terbit di penghujung tahun lho, yakni tanggal 31 Desember 2012. Itu berarti besok sudah tanggal 1 Januari tahun 2013. Tetapi bagi kaum muslimin sebenarnya tahunnya sudah ...

Sejarah Perayaan Tahun Baru Berbagai Bangsa dan Umat di Dunia

Oleh Umar Abdullah* Perayaan Tahun baru adalah suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya. Bangsa-bangsa atau umat yang mempunyai kalender tahunan biasanya mempunyai perayaan tahun baru. Tapi apakah semua umat merayakan tahun barunya? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, kami berusaha menelusuri kembali sejarah perayaan tahun baru berbagai bangsa dan ...
%d bloggers like this: